Penggunaan Dental Dam untuk Seks Oral yang Aman

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak kasus penyakit IMS yang terjadi pada seseorang yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit tersebut diantaranya yaitu klamidia, gonorhoe, sipilis, HIV/AIDS dan lain sebagainya. Untuk itu pada saat melakukan hubungan seks tidak ada salahnya anda dan pasangan berpartisipasi dan bekerja sama untuk mencegah hal tersebut dengan berbagai cara salah satunya yaitu menggunakan kondom atau dental dam pada saat melakukan oral seks.

Apa yang anda ketahui mengenai dental dam?

Dental dam merupakan suatu jenis lembaran karet lateks tipis yang berbentuk persegi panjang dan dapat di melarkan. Dental dam digunakan untuk menutupi vagina atau dubur saat melakukan oral seks. Lembaran tersebut dipakai untuk menghalangi dan mencegah penularan penyaki infeksi menular seksual. Dental dam tersedia dengan berbagai macam versi silikon atau poliuretan bagi mereka yang memiliki alergi terhadap lateks. Dental dam sudah tersedia dalam produk kemasan. Akan tetapi jangan khawatir bagi anda yang tidak menemukan prodak tersebut karena dental dam dapat dibuat dengan menggunakan kondom. Berikut ini panduan bagaimana cara membuat dental dam, diantaranya sebagai berikut :

  1. Gunakan kondom yang baru dan masih bagus, tidak robek atau rusak.
  2. Kedua ujung kondom di potong
  3. Gunting kondom dengan cara memanjang pada salah satu sisi hingga membentuk persegi panjang.
  4. Gunakan potongan kondom selayaknya anda menggunakan produk dental dam pada biasanya.

Bagaimana cara penggunaan dental dam yang aman untuk seks oral?

Dental dam digunakan untuk melakukan seks oral yang bekerja untuk menghalangi antara mulut seseorang dengan penis, vagina atau anus pasangannya agar terhindar dari penyakit infeksi menular. Cara pemakaian dental dam yaitu dengan membentangkan dental dam agar menutupi semua area genetalia yang harus ditutupi selama melakukan seks oral sampai selesai sehingga antara kulit atau mulut tidak terjadi kontak langsung dengan cairan tubuh.

Berikut ini langkah-langkah penggunaan dental dam, yaitu :

  1. Keluarkan produk dental dam dari kemaskan dan pastikan kondisinya masih dalam bentuk yang utuh dan bagus. Apabila tidak ada produk jadi berupa dental dam buat dental dam menggunakan kondom.
  2. Periksa tanggal kadaluarsanya untuk memastikan bahwa produk tersebut masih layak untuk digunakan.
  3. Pastikan bagian dental dam tidak ada yang rusak atau sobek.
  4. Letakan produk tersebut untuk menutupi vagina, mulut, anus, atau penis.
  5. Apabila anda selesai menggunakannya, ikat dental dam dan kemudian buang di tempat sampah

Dental dam sama halnya dengan kondom yaitu cukup satu kali pakai saat berhubungan seks. Gunakan dental dam sebelum melakukan seks oral jangan gunakan dental dam di pertengahan babak karena sudah tidak ada manfaatnya lagi. Untuk menambah sensasi dan gairah seks pada saat bercinta, anda dapat menggunakan dental dam dengan memberikan pelumas yang terbuat dari bahan dasar air dan letakan pada permukaan kulit. Sebaiknya anda tidak membolak-balik bagian sisi dental dam dan tidak ada salahnya jika anda mencucinya terlebih dahulu untuk meminimalisir penyebaran bakteri atau jamur penyebab penyakit infeksi menular seksual. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here