Penggunaan Kaos Kaki yang Tepat Biar Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menurut pernyataan dr Nyoman bahwa kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan terserang infeksi jamur, terutama di bagian jari manis dan jari kelingking karena secara anatomis kedua jari tersebut memiliki jarak yang sangat berdekatan dan rapat sehingga kondisi tersebut mudah lembab. Menurut dr Eddy Karta SpKK dari EDMO clinik Jakarta mengatakan bahwa menggunakan kaos kaki cukup sehari sekali dalam artian anda menggunakan dan mencuci kaos kaki sekali dalam sehari. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari bau tidak sedap. Selain itu untuk meminimalisir tempat perkembangnya bakteri, jamur dan virus karena tingkat kelembapan negara Indonesia tergolong tinggi.

Bagaimana cara penggunaan kaos kaki yang tepat?

  1. Jangan menggulung atau menekuk kaos kaki

Saat aktivitas anda harus menggunakan kaos kaki anda harus menghindari pemakaian kaos kaki dengan cara ditekut atau gulung hal ini akan memberikan kesan tidak rapih. Sehinggan anda cukup menggunakannya ditarik lurus karena akan memberikan kesan ramping dan rapih.

  1. Perbaharui koleksi kaos kaki anda

Membeli kaos kaki dianjurkan setidaknya setiap 6 bulan sekai jangan melebih dari itu, selain itu apabila sebelum 6 bulan sudah rusak maka segera belilah kaos kaki tersebut. Kaos kaki biasanya terbuat dari bahan katun sehingga rentan berlubang dan molor. Agar tetap berpenampilan menarik dan rapih anda di tuntut untuk memperbaharui koleksi kaos kaki anda.

  1. Menurut dr Nyoman menyatakan pada saat istirahat sebaiknya anda membuka sepatu dan kaos kaki anda, lalu lap kaki sampai sela-sela kaki hingga kering, taburkan bedak anti bakteri apabila di perlukan.
  2. Gunakan kaos kaki yang terbuat dari bahan katun yang tipis.
  3. Sebaiknya anda tidak menggunakan kaos kaki atau sepatu yang dalam kondisi basah atau lembab.

Bagaimana tips menjaga kebersihan kaki?

  1. Apabila anda menggunakan sepatu yang tertutup dan dilakukan setiap hari sebaiknya anda harus rajin menjemur sepatu tersebut dibawah sinar matahari.
  2. Pada saat mandi anda harus membersihkan kaki dan sela-sela jari kaki menggunakan sabun dan air mengalir.
  3. Keringkan kaki sampai jari kaki agar kondisi kaki tetap kering dan tidak lembab.
  4. Apabila kaki anda lebih banyak bekeringat maka anda harus sesering mungkin menggantinya.
  5. Hindari penggunaan sepatu dengan bahan plastik.
  6. Bersihkan kaki dari kulit mati ditelapak kaki menggunakan batu apung.
  7. Beri kesempatan kaki untuk bernafas denga cara anda dapat melakukan jalan kaki tanpa menggunakan alas kaki sesering mungkin.

Penggunaan kaos kaki dan sepatu tertutup dalam jangka waktu yang terlalu lama dan sering maka akan memicu terjadinya infeksi jamur kulit atau bakteri. Apabila anda mengalami keluhan berupa rasa gatal, nyeri, muncul lentingan atau bejolan yang berwarna kemerahan sebaiknya anda harus pergi ke pelayanan kesehatan untuk memeriksakan kondisi anda dan agar keluhan tersebut tidak menjadi parah. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here