Penggunaan KB IUD Ternyata dapat Turunkan Risiko Kanker Serviks

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan gangguan kesehatan yang serius dan menyebabkan kematian nomer satu wanita di dunia. Kanker ini disebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus (HPV) dan salah satunya dikarenakan hubungan seksual yang tidak aman.

Seperti yang telah diketahui bahwa kontrasepsi memiliki berbagai macam kekurangan dan kelebihan didalamnya. Pemilihan dan penggunaan kontrasepsi juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan dan faktor resiko yang ada. Tidak sedikit yang bertanya-tanya, apakah penggunaan kontrasepsi IUD berpengaruh terhadap peningkatan resiko kanker serviks?

Kontrasepsi Ultrauterine Device (IUD) memiliki cara kerja yaitu mencegah terjadinya implantasi atau penempelan zygot pada dinding rahim. Kontrasepsi IUD merupakan kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim dan satu-satunya kontrasepsi yang melewati mulut rahim wanita. Hal inilah mengapa banyak yang bertanya pengaruh kontrasepsi ini terhadap resiko kanker serviks.

Penelitian mengatakan, penggunaan IUD di dalam rahim ternyata dapat merespon peradangan sehingga sangat efektif dalam mencegah dan menghilangkan virus HPV. Hasil penelitian dari Institut Catala d’Oncologia yang terdapat di Catalan, Spanyol menyebutkan bahwa penggunaan IUD dapat menurunkan resiko terkena kanker serviks dan kanker endometrium secara signifikan.

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal bernama The Lancet Oncology dan membuktikan jika resiko terkena kanker serviks tipe squamous-cell carcinoma dapat turun hingga 44 persen sedangkan tipe adenocarcinoma dan adenosquamous carcinoma dapat menurun hingga 54 persen.

Selain itu, jika keadaan leher rahim wanita dalam keadaan yang sehat maka penggunaan kontasepsi IUD tidak akan berpengaruh terhadap peningkatan kanker serviks. Peningkatan resiko ini dipengaruhi oleh sudah adanya infeksi virus HPV didalam serviks sebelum menggunakan IUD. Sehingga penggunaan IUD akan semakin menambah resiko kanker serviks.

Kesimpulannya bahwa penggunaan IUD sebenarnya tidak meningkatkan resiko terkena kanker serviks namun sebaliknya dapat menurunkan resiko kanker serviks. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here