PENGLIHATAN WARNA BERKURANG

o Definisi
Penglihatan warna berkurang adalah berkurangnya kemampuan untuk membedakan warna-warna tertentu. Meskipun banyak orang menggunakan istilah “buta warna” untuk merujuk pada berkurangnya kemampuan untuk membedakan beberapa warna, buta warna yang benar adalah kurangnya penglihatan secara total untuk membedakan warna, dimana hal ini jarang terjadi.

Penglihatan warna berkurang biasanya diwariskan. Pria lebih berisiko terhadap lahir dengan penglihatan warna yang buruk. Kebanyakan orang dengan penglihatan warna yang buruk tidak bisa membedakan antara nuansa tertentu warna merah dan hijau. Kasus yang lebih jarang lagi yaitu, orang-orang dengan penglihatan warna yang buruk tidak bisa membedakan antara nuansa biru dan kuning.

Penyakit mata tertentu dan beberapa obat juga dapat menyebabkan penglihatan warna berkurang.

o Gejala
Anda bisa mengalami penglihatan yang berkurang terhadap warna dan tidak menyadarinya. Beberapa orang mengetahui bahwa mereka atau anak mereka memiliki kondisi ini disaat hal ini menyebabkan kebingungan – seperti ketika ada masalah membedakan warna dalam lampu lalu lintas atau menafsirkan materi pembelajaran kode warna.

Orang yang mengalami penglihatan warna berkurang ini mungkin tidak dapat membedakan:

  • Nuansa yang berbeda dari merah dan hijau
  • Nuansa yang berbeda dari biru dan kuning
  • Setiap warna

Penglihatan warna berkurang yang paling umum adalah ketidakmampuan untuk melihat beberapa nuansa merah dan hijau. Seringkali, orang yang tidak bisa membedakan merah-hijau atau biru-kuning tidak sepenuhnya tak dapat membedakan kedua warna tersebut. Cacat tersebut dapat digolongkan kepada cacat ringan, sedang atau berat.

Kapan Anda Harus ke Dokter?
Jika Anda mencurigai Anda memiliki masalah dalam membedakan warna-warna tertentu, temuilah dokter mata untuk melakukan pemeriksaan. Sangat penting untuk memastikan anak-anak Anda mendapatkan pemeriksaan mata yang komprehensif, termasuk uji penglihatan warna, sebelum memulai sekolah.

Tidak ada obat untuk penglihatan warna berkurang yang diwarisi, tetapi jika penyebabnya adalah karena sakit atau cedera mata, maka pengobatan dapat meningkatkan kemampuan untuk melihat warna.

o Penyebab
Melihat warna di seluruh spektrum cahaya dimulai dengan kemampuan mata untuk membedakan warna primer yaitu merah, biru dan hijau.

Cahaya masuk ke mata melalui kornea dan melewati lensa dan jaringan transparan seperti jelly di mata (tubuh vitreous) ke sel yang sensitif terhadap warna (kerucut) di bagian belakang mata yaitu pada retina. Bahan kimia dalam kerucut (cones) membedakan warna dan mengirim informasi melalui saraf optik ke otak.

Jika mata Anda normal, Anda dapat membedakan setiap warna yang berbeda, tetapi jika kerucut (cones) Anda kekurangan satu atau lebih zat kimia yang sensitif terhadap cahaya, Anda mungkin hanya dapat melihat dua warna primer.

Penglihatan warna berkurang memiliki beberapa penyebab:

  • Kelainan yang diwarisi. Mewarisi penglihatan yang buruk terhadap warna, jauh lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan. Ketidakmampuan melihat warna yang paling umum adalah merah-hijau, dan yang jarang dialami adalah ketidakmampuan membedakan warna biru-kuning.
    Anda dapat mewarisi kondisi ini dari kelainan yang ringan, sedang atau berat. Mewarisi penglihatan warna berkurang biasanya mempengaruhi kedua mata, dan tingkat keparahannya tidak berubah sepanjang hidup Anda.
  • Penyakit. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ketidakmampuan membedakan warna yaitu diabetes, glaukoma, degenerasi makula, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, alkoholisme kronis, leukemia dan anemia sel sabit. Satu mata mungkin lebih terpengaruh daripada yang lain, dan ketidakmampuan membedakan warna ini mungkin akan lebih baik jika penyakit yang mendasarinya bisa diobati.
  • Obat-obat tertentu. Beberapa obat dapat mengubah penglihatan terhadap warna, seperti beberapa obat yang mengobati kondisi jantung, tekanan darah tinggi, disfungsi ereksi, infeksi, gangguan saraf dan masalah psikologis.
  • Penuaan. Kemampuan Anda untuk melihat warna akan memburuk secara perlahan saat Anda menua.
  • Bahan kimia. Paparan beberapa bahan kimia di tempat kerja, seperti karbon disulfida dan pupuk, dapat menyebabkan hilangnya kemampuan mata untuk melihat warna.

o Persiapan Sebelum ke Dokter
Anda dapat menemui dokter keluarga Anda atau dokter umum, atau membuat janji dengan dokter spesialis gangguan mata (oftalmologis or optometris).

Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda menghemat waktu dan membuat konsultasi Anda berjalan lebih efektif. Untuk penglihatan warna berkurang, berikut beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan kepada dokter Anda:

  • Apakah memiliki penglihatan warna berkurang akan mempengaruhi hidup saya?
  • Apakah ada pengobatan untuk kondisi saya?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya miliki? Website apa yang anda rekomendasikan untuk saya kunjungi?
  • Apakah ada kacamata khusus atau lensa kontak yang bisa saya pakai untuk membantu masalah yang saya alami ini?

Apa yang dapat Anda harapkan dari dokter?
Dokter mungkin akan menanyai Anda sejumlah pertanyaan, seperti:

  • Kapan pertama kali Anda menyadari bahwa Anda kesulitan untuk melihat warna-warna tertentu?
  • Apakah ada anggota keluarga Anda (termasuk orang tua dan kakek-nenek) yang memiliki penglihatan warna berkurang?
  • Apakah Anda memiliki kondisi medis tertentu?
  • Apakah Anda mengkonsumsi obat atau suplemen?

o Perawatan dan Obat-obatan

  • Tidak ada pengobatan untuk sebagian besar jenis penglihatan warna berkurang, kecuali masalah penglihatan warna yang terkait dengan penggunaan obat atau kondisi tertentu yang dapat dibantu dengan terapi lain.
  • Jika Anda memiliki masalah untuk melihat nuansa warna, dan ada sebuah penyakit mata terkait atau cedera, pengobatan penyakit tersebut dapat membantu memulihkan penglihatan Anda terhadap warna.
  • Memakai kacamata dengan filter warna yang berlebihan atau lensa kontak yang berwarna dapat meningkatkan penglihatan Anda tentang kontras. Tetapi lensa tersebut tidak akan meningkatkan kemampuan Anda untuk membedakan warna.
  • Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa gangguan retina jarang dikaitkan dengan defisiensi warna dapat dimodifikasi dengan teknik penggantian gen. Perawatan ini sedang diteliti, tetapi beberapanya mungkin akan tersedia di masa depan.

o Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Meskipun tidak ada pengobatan klinis untuk memperbaiki masalah penglihatan warna yang diwarisi, kebanyakan orang menemukan cara untuk menangani masalah ini. Misalnya, Anda dapat:

  • Hafalkan urutan objek berwarna. Jika itu penting untuk mengetahui warna suatu objek, seperti lampu lalu lintas, menghafal urutan warna.
  • Label barang yang berwarna yang ingin Anda cocokkan dengan barang-barang lainnya. Ajaklah seseorang yang penglihatan terhadap warnanya bagus untuk membantu Anda memilah dan menandakan pakaian Anda. Aturlah pakaian di lemari atau laci-laci sehingga warna yang ingin dipakai terletak dekat satu sama lain.