Pengobatan Alami untuk Anak yang Menderita Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Diabetes adalah suatu penyakit yang bisa dikatakan sebagai mother of desease (ibu dari penyakit) maksud dari kalimat tersebut adalah bahwa apabila seseorang menderita penyakit diabetes maka kemungkinan penyakit lainnya dapat muncul. Diabetes merupakan jenis penyakit yang sering dialami oleh orang yang berusia 45 tahun ke atas, hal ini terjadi lantaran kebiasaan makan dan pola hidup yang tidak baik. Namun, dalam kurun waktu 20 tahun terakhir banyak penelitian yang memuat bahwa diabetes juga banyak dialami oleh anak. Ternyata selain faktor usia, ternyata diabetes juga bisa diakibatkan karena faktor keturunan dan kegemukan.

Apabila Anda mempunyai anak yang berat badannya berlebihan, jangan senang dulu. Seorang anak yang kegemukan dapat beresiko terkena penyakit diabetes. Untuk itu Anda perlu mengetahui tentang penyakit diabetes pada anak. Diabetes sendiri dibagi menjadi dua tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes yang biasanya terjadi pada anak adalah diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 memang bisa timbul pada orang dewasa, namun pada umumnya menyerang anak-anak atau di bawah usia 40 tahun. Pada keadaan ini, kelenjar pankreas sudah tidak bisa menghasilkan insulin, maka dari itu pengobatannya harus dengan suntik insulin dan nutrisi yang tepat. Selain diabetes tipe 1, anak juga bisa terkena diabetes tipe 2 yaitu karena faktor pola hidup yang tidak sehat dan mengakibatkan kegemukan.

Saat ini pengobatan penyakit diabetes pada anak memang banyak tersedia, khususnya obat-obatan kimia dan insulin. Obat kimia dipercaya memiliki efek jangka panjang yang dapat menyerang ginjal dan hati, maka dari itu kita harus hati-hati  dalam memilih obat untuk anak. Selain obat kimia, ada berbagai macam pengobatan alami yang dapat digunakan pada anak dengan diabetes. Berikut adalah pengobatan alami untuk penderita diabetes anak.

  1. Ramuan Tradisional

Ramuan tradisional yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk penyakit diabetes yakni mengkudu dan kunyit. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa buah mengkudu dan kunyit aman dikonsumsi dalam jumlh tertentu. Kita bisa menyesuaikan dengan selera, apabila anak Anda tidak suka dengan kunyit, pakailah buah mengkudu saja.

Buah mengkudu mengandung zat proxeroni yang dapat membentuk alkaloid. Alkaloid berfungsi untuk membuka pori-pori sel, sehingga nutrisi yang kita makan akan mudah terserap. Maka dari itu, buah mengkudu bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk pengobatan diabetes.

Cara membuat ramuan buah mengkudu, yaitu :

  • Siapkan 1 buah mengkudu segar
  • Cuci buah mengkudu sampai bersih
  • Hancurkan buah mengkudu menggunakan blender
  • Buang ampas buah mengkudu
  • Tuangkan air ekstrak mengkudu ke dalam gelas
  • Tambahkan madu jika anak Anda tidak terlalu suka
  1. Olahraga

Cara yang ke dua yakni olahraga. Olahraga secara alami dapat membakar kalori berlebih di dalam tubuh jika dilakukan dengan rutin. Selain itu, dengan berolahraga tubuh kita akan menjalankan metabolisme dengan baik sehingga tubuh akan tetap bugar.

Bagi anak-anak yang memiliki berat badan berlebih juga disarankan untuk mengimbangi dengan berolahraga agar terhindar dari ancaman penyakit. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here