Pengobatan dan Penanganan Gizi Buruk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gizi buruk memang tidak mudah dihindari. Jika sudah terlanjur mengalami gizi buruk maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan yaitu dengan menanganinya dan juga melakukan pengobatan agar masalah gizi buruk teratasi, anda pun akan kembali sehat.

Penanganan Gizi Buruk

Setelah anda mengalami gejala gizi buruk, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit agar penaganan juga lebih cepat. Secara umum anda akan ditangani dengan beberapa langkah.

Langkah pertama dokter anda akan mengamati 3 fase yang terjadi pada tubuh anda yang mengalami gizi buruk. 3 fase tersebut yaitu stabilisasi, transisi dan rehabilitasi. Dari pengamatan ini akan menjadi patokan selanjutnya dalam tahap pengobatan gizi buruk.

Pengobatan Gizi Buruk

Setelah dokter selesai memeriksa anda dan ditemukan jenis gizi buruk yang anda alami, maka tahap selanjutnya adalah memberikan pengobatan. Pengobatan pada gizi buruk meliputi:

  1. Pemberian antibiotik

Sudah kita ketahui bahwa gizi buruk dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Oleh karena itu tubuh beresiko terkena penyakit infeksi. Antibiotik yang diberikan pada pasien gizi buruk hanya pada mereka yang juga disertai dengan infeksi penyakit.

  1. Suplemen

Selain dengan pemberian antibiotik, anda juga akan diberi suplemen. Suplemen tersebut antara lain vitamin A, mineral seperti asam folat dengan 5 kali pemberian untuk membantu memenuhi kecukupan nutrisi tubuh anda.

  1. Menjaga keseimbangan asupan makanan

Selain pengobatan dari dokter, anda juga harus melakukan pengobatan mandiri seperti menjaga keseimbangan asupan makanan harian anda. Makan makan yang mengandung kalori dan protein yang cukup itu diperlukan. Makanan dengan gizi seimbang juga dibutuhkan. Tetapi anda harus melakukan ini dengan bertahap.

  1. Pengobatan lain di rumah sakit

Secara umum rumah sakit akan melakukan tatalaksana kepada pasien yang mengalami gizi buruk berupa mengatasi dan mencegah hipoglikemia, mencegah hipotermi, mengatasi dehidrasi kronis, perbaikan pada keseimbangan cairan elektrolit tubuh, pegobatan terhadap infeksi, mengatasi kekurangan gizi mikronutrien, memberikan makanan stab dan trans, pemberian makanan untuk tumbuh kejar, pemberian stimulus untuk tumbuh kembang anak, dan mempersiapkan tindakan lanjutan di rumah.

Penanganan dan pengobatan terhadap gizi buruk telah dijelaskan di atas, semoga bisa diterapkan terhadap anda dan semoga anda cepat sembuh. Prinsip dari pengobatan gizi buruk adalah melakukan pengobatan secara dini sehingga kemungkinan sembuh juga lebih tinggi. Selain itu anda juga perlu menjaga keseimbangan nutrisi yang baik untuk tubuh. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here