Pengobatan dan Pencegahan Impetigo

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Impetigo merupakan salah satu penyakit infeksi kulit yang berbahaya dan dapat menular. Impetigo menjadi bahaya karena jika tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan komplikasi berupa penyakit yang lebih bahaya dari impetigo.

Impetigo disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus atau juga oleh bakteri streptococcus pyogenes. Bakteri tersebut menginfeksi penderitannya dengan cara masuk ke dalam ulit melalui luka kecil atau bekas luka yang ada pada kulit anda.

Impetigo bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, angka kejadiannya lebih banyak terjadi pada anak-anak. Hal itu karena faktor aktifitas anak-anak yang aktif dan biasanya suka bermain pada lingkungan luar tanpa memperhatikan faktor kebersihan.

Angka kejadian yang lebih besar pada anak membuat orang tua khawatir karena tak mungkin tega anaknya kesakitan karena impetigo ini Jika anak anda termasuk yang menderita impetigo. Berikut ada dua jenis pengobatan impetigo yang bisa dilakukan:

  • Pengobatan dari dalam

Jenis treatment atau pengobatan dari dalam untuk impetigo yaitu dokter akan menyarankan penderita impetigo untuk meminum antibiotik dalam bentuk tablet dengan kandungan penisilin meliputi Eritromisin, Amoksilin dan Sefalosporin. Fungsi dari antibiotik tersebut untuk membantu melawan bakteri yang menginfeksi ke dalam tubuh. Obat tersebut biasanya dianjurkan diminum selama beberapa hari setelah anak terinfeksi atau terkena impetigo.

  • Pengobatan dari luar

Berbeda dengan treatment dalam. Pengobatan dari luar ini berbentuk salep yang dioleskanpada bagian kulit yang terkena impetigo. Salep itu mengandung antibiotik Mupirocin atau Asam Fusidat. Cara penggunaan salep impetigo ini biasanya diawali dengan deinfektan terlebih dahulu pada wilayah luka. Desinfektan area luka bertujuan untuk menghindarkan penularan pada bagian kulit sehat dan pencegahan masuknya bakteri lain.

Treatment di atas dapat digunakan untuk anak yang sudah terinfeksi impetigo. Jika anak anda tidak terkena impetigo dan ingin melakukan pencegahan. Berikut cara mencegah impetigo pada anak-anak:

  1. Selalu jaga kesehatan tubuh anak anda

Usia anak yang masih kecil dan perlu bantuan orang dewasa, maka dari itu orang tua perlu membantu dalam menjaga kesehatan tubuh anaknya. Jangan sampai membiarkan anak jatuh sakit. Jika anak tetap sehat maka bakteri penyebab impetigo dan penyakit lainnya akan enggan menyerang tubuh anak anda. Jaga pola makan dan istirahat sang anak bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatannya.

  1. Jaga suhu rumah

Suhu lingkungan rumah yang lembab dan hangat akan menyebabkan bakteri impetigo berkembang dengan mudah. Oleh karena itu kurangi kelembaban dalam rumah anda.

  1. Menjaga kebersihan

Arti dari menjaga kebersihan disini adalah menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan. Menjaga kebersihan diri anak bisa dilakukan dengan memandikan anak dengan air yang ditambahkan desinfektan dimana sudah banyak sekali sabun dengan kandungan desinfektan.

  1. Segera obati luka pada kulit

Jika anak tiba-tiba jatuh dan menimbulkan luka terbua. Segeralah bersihkan luka anak dengan cairan desinfektan dan tutup lka dengan kassa agar menghindari masuknya bakteri ke dalam kulit. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here