Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening Secara Medis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kelenjar getah bening merupakan bagian terpenting dalam tubuh khususnya pada sistem kekebalan tubuh manusia. Kelenjar getah bening ini berguna untuk membantu mengenali dan melawan virus, bakteri, kuman dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Kelenjar getah bening terdapat di beberapa titik tubuh. Yaitu pada selangkangan, bawah dagu, ketiak dan pangkal paha.

Kelenjar getah bening pada keadaan normal tidak akan membahayakan anda atau bahkan membuat anda takut. Tetapi beberapa orang akan mulai takut jika mendengar kelenjar getah bening ini mengalami pembengkakan atau terjadi kanker kelenjar getah bening. Karena kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu kanker ganas dan mematikan.

Tetapi anda jangan takut, kanker kelenjar getah bening tersebut dapat diobati dengan beberapa cara. Khususnya secara medis atau kesehatan.

Dalam dunia medis ada beberapa jenis pengobatan yang digunakan untuk menangani kanker kelenjar getah bening. Pengobatan ini berbeda-beda tergantung kondisi penderita. Berikut beberapa cara atau metode pengobatan pada kanker kelenjar bening :

  1. Terapi radiasi

Terapi ini bertujuan untuk membantu membunuh sel kanker dan mengendalikan rasa sakit. Berdasarkan jenisnya terapi radiasi pada kanker kelenjar getah bening, ada dua yaitu:

  • Radiasi eksternal, jenis radiasi ini hanya mempengaruhi sel-sel yang diobati karena bersifat lokal.
  • Radiasi sistemik, radiasi ini dilakukan dengan cara menyuntikan zat radioaktif ke tubuh penderita sehingga zat tersebut mengalir dalam darah menuju sel-sel yang akan diobati.
  1. Terapi biologi

Dalam terapi biologi menggunakan sebuah antibodi. Antibodi yang diberikan yaitu antibodi monoklonal. Terapi dengan antibodi monoklonal ini dilakukan agar memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan sel kanker. Terapi biologi cukup aman karena molekul protein pada antibodi monoklonal dapat secara spesifik hanya berikatan dengan sel kanker dan tidak membunuh sel yang sehat.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan suatu metode pengobatan pada penyakit kanker yang dilakukan dengan memasukan berbagai macam obat ke dalam tubuh. Berbeda dengan terapi biologi, kemoterapi ini memiliki kekurangan atau efek samping dimana tidak hanya membunuh sel kanker saja tetapi tak jarang sel yang sehat juga terkena atau dibunuh.

  1. Transplantasi sel batang

Tindakan transplantasi sel batang ini dapat membantu membentuk darah sehingga memungkinkan pasien dapat melakukan terapi kemoterapi atau terapi radiasi dalam dosis yang tinggi. Dengan dosis tinggi pada prosedur kemoterapi dapat menghancurkan sel kanker hingga sel-sel darah normal pada tulang sumsum belakang. Sehingga pasien akan mendapatkan sel-sel induk yang sehat. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY