Pengobatan Penyakit Diabetes pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apa yang Anda ketahui tentang diabetes? Apakah itu penyakit kencing manis? Atau terdapat glukosa di dalam darah? Ya, diabetes adalah penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Mengapa kadar gula darah pada penderita diabetes sangat tinggi? Hal itu terjadi karena adanya gangguan pada sistem metabolisme di dalam tubuh. Apabila anda memiliki anak yang mengidap penyakit diabetes, anda dapat melakukan beberapa pengobatan berikut ini :

  1. Penyuntikan insulin

Pengobatan ini yaitu dengan cara memasukan insulin ke dalam tubuh anak tersebut dengan cara penyuntikan. Hal ini harus dilakukan karena penyakit diabetes pada dasarnya disebabkan oleh berkurangnya insulin yang dihasilkan oleh tubuh, bahkan mungkin tidak adanya insulin dalam tubuh anak tersebut. Sehingga diperlukan penambahan insulin dari luar tubuh anak tersebut.

  1. Pemantauan gula darah

Seorang anak yang memiliki penyakit diabetes tentunya peran dan tugas sebagai orang tua anak tersebut harus memantau kadar gula darah yang harus dilakukan setiap hari. tindakan ini dilakukan untuk mengetahui cukup atau tidaknya insulin yang diberikan dengan kebutuhan anak tersebut.

  1. Pengaturan pola makan

Setiap anak pasti memiliki pola makan yang tidak menentu, untuk itu hal ini harus perlu pengawasan dari orangtua untuk mengatur pola makan yang harus diatur dan diperhatikan sedemikian rupa. Karena masa anak merupakan sebuah proses individu yang sedang dalam tahan tumbuh kembang. Sehingga ibu harus tetap memberikan makanan yang bergizi dan seimbang agar anak tidak memiliki gangguan dalam hal pertumbuhan dan perkembangannya.

  1. Olahraga

Aktivitas olahraga tentunya sudah dikenal masyarakat dapat membuat tubuh seseorang menjadi sehat dan bugar. Pentingnya seorang anak pengidap diabetes untuk melakukan aktivitas olahraga bertujuan untuk meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Selain itu aktivitas ini bermanfaat untuk menyesuaikan berat badan dan mengontrol kadar gula darah. Olahroga juga bermanfaat agar anak terhindar dari penumpukan lemak yang menyebabkan kolesterol. Sesuaikan aktivias olahraga anak dengan asupan makanan yang dikonsumsinya.

  1. Edukasi

Edukasi memberikan pendidikan yang dapat meningkatkan pengetahuan orangtua dan anak tentang penyakit diabetes. Tindakan ini sangatlah penting untuk dilakukan agar tercapainya kontro penyakit yang sedang di alami berjalan dengan baik dan membawa pengaruh yang besar terhadap proses penyembuhan penyakit tersebut. Pada saat orangtua memberikan edukasi kepada anaknya diharapkan anak tersebut dapat mematuhi tahapan-tahapan dalam proses penyembuhan penyakit diabetes.

  1. Pengobatan medis

Selain pemberian insulin seorang anak yang menderita penyakit diabetes memerlukan pengobatan medis lainnya yaitu dengan melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi penyakit anak tersebut agar dapat selalu terawasi dan apa anak memerlukan obat tambahan atau tidak. Selain itu dengan rutin memeriksakan anak ke dokter anak dapat terhindar dari beberapa komlikasi yang disebabkan dari penyakit diabetes.

  1. Memberikan ramuan tradisional

Apabila bunda merasa khawatir dengan obat-obatan yang diberikan oleh dokte untuk di konsumsi si kecil karena takut obat tersebut memberikan efek samping bagi kesehatan si kecil, mungkin anda dapat bisa mengatasinya dengan memberikan ramuan tradisional. Ada beberapa bahan tradisional yang dapat dijadikan untuk pengobatan penyakit diabetes diantaranya yaitu tanaman brotowali, mahkota dewa, kunyit, dan mengkudu. Bahan tersebut dapat dibuat menjadi makanan atau minuman yang layak untuk dikonsumsi. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here