Pengobatan Testis Retraktil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Testis yang retraktil, atau disebut juga testis yang hypermobile, adalah testis yang telah turun ke skrotum tetapi dapat berbalik lagi ke atas dengan mudah, yaitu ke arah selangkangan di dalam kanalis inguinalis, sebagai respon refleks terhadap rangsangan.

Testis retraktil dapat dengan mudah naik dan turun antara skrotum dengan bagian perut (abdomen). Testis yang naik dari posisi sebenarnya di skrotum dapat diturunkan kembali ke posisi seharusnya saat dilakukan pemeriksaan fisik.

Testis yang retraktil kemungkinan besar akan turun dengan sendirinya sebelum atau saat pubertas. Untuk itu, testis yang retraktil harus dievaluasi secara berkala untuk menentukan apakah testis bisa tetap berada di dalam skrotum, tetap retraktil, atau menjadi testis ascending.

Jika testis yang retraktil menjadi testis ascending, dimana testis tidak dapat turun kembali ke dalam skrotum dan tidak dapat digerakkan dengan tangan, atau testis tetap retraktil saat anak berusia 14 tahun, maka dianjurkan untuk diberi penanganan supaya testis bisa diposisikan ke dalam skrotum secara permanen. Penanganan yang diberikan bisa berupa:

  • Pembedahan. Prosedur operasi orchiopex ahli bedah memandu testis ke posisi yang tepat di dalam skrotum dan menjahit testis pada tempatnya.
  • Terapi hormon. Proses turunnya testis juga diatur oleh hormon, maka terkadang turunnya testis bisa diinduksi oleh terapi hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin).
  • Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah. Anda dapat membantu anak Anda dengan mengawasi dan memperhatikan perkembangan tubuhnya dan berbicara kepadanya tentang kondisi yang sedang dialaminya. Periksa posisi testis anak secara teratur mengganti popoknya atau pada saat mandi. Catat setiap perubahan yang Anda lihat. Ketika anak akan mencapai masa pubertas beri tahu ia tentang perubahan fisik yang akan terjadi, dan jelaskan kepadanya bagaimana cara memeriksa testis sendiri.
  • Penanganan dan Dukungan. Anak yang memiliki testis yang tertarik, dia akan sedikit sensitif dengan penampilannya. Dia mungkin akan merasa cemas akibat perbedaan yang ia miliki dengan teman-teman bermain atau teman sekelasnya, terutama jika dia harus menanggalkan pakaian di depan orang lain di kelas olahraga. Beberapa cara berikut dapat membantu anak Anda mengatasi rasa cemasnya, seperti: jelaskan secara sederhana apa itu testis yang tertarik, ingatkan anak Anda bahwa tidak salah dengan keadaan seperti itu, jelaskan padanya posisi testis bisa diperbaiki dan bisa berubah dengan berbagai cara, bantu anak berlatih respon jika atau ditanyai tentang kondisi tersebut, dan Anda bisa belikan celana yang longgar dan batang renang yang dapat membuat kondisi kurang terlihat ketika ia mengganti pakaian dan bermain olahraga di sekolah.

Remaja pria dan pria dewasa yang mendapatkan penanganan untuk memperbaiki posisi testis perlu dimonitor secara berkala untuk memastikan testis tetap berada pada tempatnya dan tidak mengalami perubahan posisi kembali.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY