Penjelasan Ciri-ciri Sahabat atau Teman yang Baik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ada beberapa ciri atau tanda bahwa seorang teman bisa dikatakan sebagai sahabat yang baik. Apabila anda mendapati teman yang seperti ciri-ciri berikut, maka dapat dipastikan dirinya bisa menjadi sahabat terbaik buat anda. Seperti apa ciri-cirinya? Berikut penjelasannya:

  1. Sahabat yang baik akan memberi nasihat

Setiap manusia harus saling mengingatkan untuk menuju hal yang baik atau menasehati dalam hal kebenaran. Hal ini juga sekaligus menjadi contoh bagaimana anda bersikap dalam menjalani kehidupan.

Sikap yang paling baik sebagai sahabat adalah menasehati. Tentu nasehat yang diberikan merupakan nasehat yang benar dan tentu nasehat yang tidak menyinggung perasaan yang sedang dinasehati.

Kalau anda memiliki sahabat yang selalu bisa mengajak anda kepada kebenaran, mengajak anda untuk berbakti kepada tuhan, dan memberikan sikap saling menasihati setiap ada kesempatan, maka itu tandanya dia adalah sahabat yang paling baik untuk anda. Sehingga jangan pernah anda lepaskan.

  1. Sahabat itu tidak suka mengumbar

Seorang sahabat seharusnya mampu menjaga rahasia yang anda ceritakan padanya. Karena kalau teman anda ternyata tidak bisa menjaga dan justru mengumbar aib anda di depan teman-teman anda, itu berarti ia bukan sahabat yang baik buat anda. Dan bisa jadi di suatu masa ketika dia tahu kekurangan anda, kekurangan anda justru yang bakal diumbar dan diinformasikan kepada orang lain.

Lantas sudahkah anda mendapatkan sahabat yang tidak suka mengumbar aib anda? Memang tidak mudah untuk mendapatkannya akan tetapi dengan hati yang ikhlas dan tulus mungkin anda akan segera memilikinya.

  1. Sahabat yang baik adalah dia yang saling bahu membahu

Dalam menjalani kehidupan, tentu anda butuh seseorang untuk bisa membantu anda ketika mendapatkan kesulitan. Nah, ciri teman anda merupakan seorang sahabat yang baik adalah dia mau bahu membahu dan tolong menolong dalam hal kebaikan.

Kalau anda ingin mencari sahabat yang baik maka pilihlah sahabat yang selalu ada dikala anda susah ataupun senang. Jangan memilih sahabat hanya karena keuntungan materi, namun bersahabatlah karena kebaikan hatinya.

  1. Sahabat akan membantu anda memperbaiki keadaan

Tidak ada manusia yang sempurna dan sudah tempatnya jika manusia penuh dengan salah. Sesekali melakukan kesalahan tidak apa-apa dan ini merupakan hal wajar, akan tetapi yang tidak diperbolehkan adalah apabila anda melakukan salah tetapi tidak segera memperbaiki.

Dan terkadang anda tidak menyadarinya jika telah berbuat salah, sehingga butuh orang lain untuk menyadarkan akan hal itu. Apabila anda memiliki sahabat yang baik, maka sahabat anda akan selalu menyadarkan anda dan membenarkan anda ketika anda berbuat salah sehingga bisa saling berada di jalan yang benar. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here