Pentingkah Konsumsi Multivitamin (Suplemen) saat Berpuasa?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika aktivitas puasa dilakukan umat Islam sejak terbit hingga tenggelamnya matahari. Pada saat itulah tubuh akan mengalami kekurangan air, zat gizi, vitamin atau mineral. Alhasil bagi siapa pun yang berpuasa dianjurkan untuk lebih memperhatikan asupan makanan ketika sahur dan berbuka. Lantas perlukah seseorang mengonsumsi multivitamin (suplemen) saat berpuasa?

Siapakah yang membutuhkan suplemen ketika berpuasa?

Pada umumnya setiap orang hanya mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, karbohidrat, atau protein saat sahur dan berbuka puasa. Tidak banyak orang yang memilih untuk memenuhi kebutuhan mineral atau vitamin dengan mengonsumsi suplemen. Sebenarnya suplemen juga dibutuhkan bagi orang-orang dalam menjalani ibadah puasa, dengan kriteria:

  1. Wanita usia subur yang membutuhkan tambahan zat besi dan kalsium.
  2. Wanita yang sedang hamil atau yang sedang menyusui.
  3. Anak atau remaja yang memiliki kebiasaan makan tidak teratur.
  4. Orang-orang yang masuk dalam kelompok vegetarian.
  5. Orang-orang yang memiliki pantangan pada makanan-makanan tertentu
  6. Orang-orang yang memiliki gangguan medis tertentu atau gangguan makan.
  7. Orang-orang yang gemar menyantap makanan olahan dan cepat saji.

Penting atau tidaknya suplemen, tergantung kondisi masing-masing

Ketika berpuasa apakah seseorang membutuhkan suplemen atau tidak? Hal tersebut tergantung kondisi tubuh masing-masing. Seseorang apabila merasa makanan yang dikonsumsi telah cukup memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin, maka tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen. Sebaliknya jika asupan makanan minim mineral atau vitamin, maka mengonsumsi suplemen bisa menjadi alternatif pilihan.

Seseorang jika harus mengonsumsi suplemen, maka pilihlah produk-produk yang terpercaya. Alangkah baiknya jika berkonsultasi dengan dokter pribadi sebelum membeli suplemen. Pasalnya tidak semua suplemen cocok dengan kondisi tubuh seseorang. Pemilihan suplemen yang tidak tepat, akan menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang.

Tips cara memilih suplemen

Suplemen mineral dan vitamin memiliki manfaat untuk membantu tubuh dalam menjalankan fungsinya, sekaligus meningkatkan kesehatan mental seseorang. Seseorang yang merasa harus mengonsumsi suplemen dalam menjalani aktivitas puasa, bisa mengikuti tips memilihnya di bawah ini.

  1. Lihatlah bahan-bahan yang tertera pada label kemasan. Seseorang perlu melihat apa saja bahan-bahan yang terkandung di dalam suplemen. Lihat juga jumlah bahan per sajian dan bahan-bahan tambahan lainnya. Jumlah sajian yang dikonsumsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh atau petunjuk dokter.
  2. Efektivitas dari penggunaan suplemen. Seseorang perlu memiikirkan kembali dengan baik, apakah benar-benar membutuhkan suplemen. Mengonsumsi suplemen akan lebih efektif apabila seseorang memang memiliki keterbatasan untuk mengonsumsi makanan. Namun perlu diketahui jika suplemen tidak bisa menggantikan zat gizi yang terdapat pada sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan
  3. Perhatikan keamanan dan risikonya. Seseorang perlu mewaspadai efek samping yang muncul dari mengkonsumsi suplemen tersebut. Bacalah aturan pakai yang biasanya tertera di kemasan, khususnya bagi seseorang yang menderita suatu penyakit tertentu.

Perhatikan kualitas suplemen tersebut. Seseorang perlu memeriksa apakah produk suplemen itu mempunyai kualitas yang baik atau tidak. Hal tersebut guna menjamin bahwa produk itu benar-benar diakui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM). (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here