Pentingkah Orang Tua Mengikuti Kelas Parenting?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjadi orangtua yang mengasuh anak memang tidak mudah. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama dalam merawat anak. Sebagai orang tua pastinya sering merasa ragu apakah tindakan mengasuhnya ini baik atau tidak bagi anak untuk masa depannya.

Anda pastinya membutuhkan informaasi dan bantuan seputar mengasuh anak dengan baik dan benar. Anda mungkin akan mencari berbagai informasi dari internet, buku, pengalaman orang lain atau mengikuti kelas parenting. Namun, sebenarnya kelas parenting itu penting atau tidak?

Kelas parenting merupakan sebuah pembelajaran yang diikuti oleh orang tua untuk mempelajari berbagai jenis pola asuh yang baik, cara membangun komunikasi yang efektif dengan buah hati serta cara menghadapi setiap perubahan dan perkembangan anak. Dalam kelas parenting, orang tua dapat mengetahui tindakan tepat untuk mengasuh bayi ketika baru lahir maupun ketika bayi sedang sakit.

Apa manfaat kelas parenting?

  1. Mengetahui dasar dari parenting

Dengan mengikuti kelas parenting, orang tua dapat mengetahui lebih banyak tentang apa yang akan terjadi atau tantangan yang sedang terjadi dan cara mempersiapkan diri untuk setiap perkembangan anak. Orang tua bisa lebih mempersiapkan anak dengan baik untuk masuk dan berkembang dalam masyarakat maupun lingkungan.

  1. Mempelajari cara efektif untuk mengasuh anak sesuai perkembangan dan kepribadiannya

Keterlibatan orang tua merupakan salah satu faktor penting dalam membentuk kepribadian anak. Dengan mengikuti kelas parenting anda akan mengetahui cara efektif mana untuk mnegasuh anak sesuai dengan perkembangan ataupun kepribadian anak. Sehingga hal ini akan membentuk karakter anak di masa dewasanya.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri orang tua

Untuk menjadi orang tua tentunya membutuhkan persiapan dan keberanian untuk menghadapi masalah-masalah yang akan datang. Selain itu, keberanian dan kepercayaan diri juga diperlukan untuk mengasuh anak dengan baik. Dengan begitu anak akan merasa percaya terhadap apa yang dilakukan orang tuanya dan mereka juga akan merasa aman dan percaya terhadap apa yang orang tua perintahkan.

  1. Bertemu orang tua lain dengan pengalaman yang sama

Mengasuh anak memang tidak mudah dilakukan. Ada saja perilaku anak yang membuat orang tua menjadi kesal dan membuat tak tahu harus melakukan apa untuk meredakannya. Dengan bertemu sesama orang tua lain yang menghadapi tantangan sama, membuat anda dapat bertukar pikiran ataupun belajar strategi mengasuh anak yang baik. Anda juga dapat menemukani seseorang yang bisa mendengarkan dan memahami apa yang anda alami.

  1. Anda dapat menjelaskan secara logis baik dan buruknya suatu hal

Manfaat lain yang dapat anda peroleh dari mengikuti kelas parenting adalah anda akan mengetahui apa yang baik dan buruk bagi anak dengan alasan yang logis dan ilmiah sehingga dapat diterima berdasarkan nalar.

Meski sangat membantu, bukan berarti orang tua diharuskan untuk mengikuti kelas parenting. Anda harus meluangkan waktu untuk menghadiri setiap kelasnya. Selain itu anda juga haarus membicarakan terlebih dahulu dengan pasangan tentang biaya yang dikeluarkan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here