Pentingnya Ajarkan Anak untuk Menjaga Kebersihan Organ Intim Sejak Dini

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pendidikan seks diperlukan sejak usia dini. Pendidikan seks ini tak hanya mencakup pengenalan terhadap organ-organ vital manusia, namun juga kebersihannya. Pendidikan seks yang tertanam sejak dini akan membekas hingga seorang anak tumbuh dewasa kelak.

Pendiri dan ketua pertama Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) Seto Mulyadi mengatakan, pendidikan seks bisa dimulai dari bagaimana menjaga kesehatan organ intim anak-anak, mulai dari harus dibersihkan setiap saat hingga tidak boleh memegang organ intim saat tangan kotor.

“Anak perlu tahu bahwa organ intim mereka perlu dijaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan,” katanya beberapa waktu lalu.

Selain itu, menurut dia, orangtua juga perlu mengajarkan anak untuk menjaga keamanan organ intim mereka, misalnya menolak apabila orang lain ingin memegang, tidak boleh sembarangan disalahgunakan dan harus melindunginya dari orang lain dan saudara terdekat.

“Anak harus jadi garda terdepan untuk melindungi dirinya sendiri. Anak juga perlu diajarkan berteriak dan melapor kepada orangtua apabila ada yang ingin meraba organ intimnya. Hal ini akan dilakukan anak hingga mereka dewasa,” ujar pria yang akrab disapa Kak Seto ini.

Ia mengemukakan pula, orangtua juga perlu mengajarkan agar anak tidak meraba atau mengganggu organ intim orang lain.

Menurut Kak Seto, pendidikan seks sebaiknya tidak boleh dilakukan terlalu massal karena tingkat interpretasi setiap anak berbeda-beda. Di sini, orangtua sangat berperan untuk memberikan pendidikan seks kepada anak-anak.

Di tempat terpisah, Pendiri Aliansi Remaja Independen (ARI) Loveria Sekarrini menuturkan, “Sampai saat ini, sebagian masyarakat kita masih menganggap tabu membicarakan topik yang berhubungan dengan urusan kelamin”.

Padahal, pendidikan mengenai kesehatan organ reproduksi penting untuk pertumbuhan anak itu sendiri. Tak hanya baik bagi diri sendiri, pendidikan mengenai kesehatan organ vital juga bisa berdampak kepada orang lain atau lingkungan sekitar. Minimnya pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi, misalnya, dapat menyebabkan peningkatan angka penyakit menular seksual (PMS) dan tingginya angka perkawinan dini.

Mendidik anak untuk menjaga kebersihan alat kelamin selain agar bersih dan sehat, sekaligus juga mengajari anak tentang najis. Anak juga harus dibiasakan untuk buang air pada tempatnya. Dengan cara ini akan terbentuk pada diri anak sikap hati-hati, mandiri, mencintai kebersihan, mampu menguasai diri, disiplin, dan sikap moral yang memperhatikan tentang etika sopan santun dalam melakukan hajat.

Langkah-langkah sederhana untuk memulai mendidik anak tentang kebersihan organ intim meliputi:

  • Biasakan mencuci kemaluan dari arah depan ke belakang.
  • Gunakan air yang mengalir untuk membersihkan.
  • Pastikan vagina atau penis dalam keadaan bersih dan tidak lembab.
  • Tidak menggunakan pakaian dalam yang ketat.
  • Jongkoklah saat buang air kecil karena terbukti bisa meminimalisir air seni yang masih terdapat di saluran kencing dan juga baik untuk kesehatan. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY