Pentingnya Asam Folat Pada Masa Kehamilan

SehatFresh.com – Kita sering mendengar bahwa asam folat adalah elemen nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Asam folat berfungsi untuk mencegah kecacatan pada bayi, terutama kecacatan otak. Beberapa pakar kesehatan menyebut asam folat sebagai pahlawan bagi ibu hamil karena fungsinya yang benar-benar luar biasa. Asam folat adalah bagian dari vitamin B dan fungsinya jelas sekali untuk membantu pembentukan tabung syaraf menjadi otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat bisa mudah didapatkan dari makanan sereal dan tentu saja vitamin yang bisa anda minum menjelang dan pada saat kehamilan. Kecacatan yang terjadi saat kelahiran terjadi pada minggu ke 3 – 4 masa kehamilan anda. Jada pada masa itu, anda benar-benar harus memberikan asupan asam folat yang benar-benar cukup.

Sebelum kehamilan, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan program kehamilan. Pada masa itu, dokter akan menganjurkan anda untuk mengkonsumsi vitamin sebelum kehamilan, salah satunya adalah asam folat. CDC (Center of Desease Control) merekomendasikan setiap wanita yang akan melakukan program hamil untuk mengkonsumsi asam folat setidaknya setiap hari selama sebulan penuh sebelum kehamilan dan tentunya dilanjutkan pada saat anda sedang hamil. CDC juga merekomendasikan untuk wanita yang sedang pada masa subur untuk mengkonsumsi asam folat setiap hari, semakin awal semakin baik untuk kehamilan anda.

Jika anda membeli vitamin prenatal pada masa kehamilan langsung dari apotek, sebaiknya anda membawanya pada dokter kandungan saat anda melakukan pemeriksaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa vitamin yang anda konsumsi dapat memenuhi kebutuhan harian nutrisi, termasuk asam folat. Anda harus mengkonsumsi setiap jenis nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh, jika anda mengkonsumsi dalam jumlah kurang, bisa jadi terdapat resiko yang menanti anda, salah satunya kelahiran cacat pada bayi anda. Semua wanita subur direkomendasikan untuk mengkonsumsi 400 mcg (mikrogram)/setiap hari. Jika anda mengkonsumsi multivitamin sebelum kehamilan, anda harus memeriksa apakah multivitamin tersebt mengandung asam folat sesuai jumlah yang direkomendasikan. Jika anda tidak ingin mengkonsumsi multivitamin, anda bisa mengkonsumsi suplemen asam folat secara terpisah.

Dosis asam kebutuhan asam folat sebelum kehamilan, semasa kehamilan dan setelah melahirkan :

  • Sebelum hamil dan sedang mengambil program untuk hamil : 400 mcg
  • Selama tiga bulan pertama kehamilan : 400 mcg
  • Umur 4 – 9 bulan kehamilan : 600 mcg
  • Selama masa menyusui : 500 mcg

Tanpa asam folat yang cukup dalam tubuh anda, maka perkembangan tabung syaraf bayi anda tidak akan sempurna dan rentan terhadap berbagai resiko lanjutan dari cacat tabung syaraf yang mungkin terjadi, antara lain :

  • Spina Bifida : Gangguan perkembangan dari sumsum tulang belakang
  • Anencephaly : Gangguan dari perkembangan utama otak

Sumber gambar : snei.or.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here