Pentingnya Asupan Vitamin C dan Zinc Selama Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi umat muslim, menjalani puasa ramadhan merupakan hal yang wajib dilakukan. Di negara Indonesia, biasanya umat muslim harus menahan rasa lapar dan haus serta berbagai pantangan lain dalam puasa sekira kurang lebih 13-14 jam dalam sehari.

Selama waktu tersebut, secara otomatis tidak ada makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh dan membuat beberapa fungsi tubuh mengalami perubahan karena hal tersebut. Salah satu akibatnya adalah penurunan sistem  imunitas atau kekebalan tubuh. Oleh karena itu, Anda butuh minum vitamin C dan zinc supaya tubuh tetap kuat dalam menjalani puasa.

Mengapa harus vitamin C dan zinc? Sebenarnya apa manfaat dari kedua jenis nutrisi tersebut bagi tubuh orang berpuasa?

Banyak orang mudah terkena virus atau sekadar mengalami batuk dan pilek ketika mulai menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Apabila Anda mengalaminya, maka kondisi ini merupakan tanda jika sistem imunitas atau kekebalan tubuh Anda mulai menurun. Perubahan pola makan serta tubuh yang cenderung tak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan adalah penyebabnya.

Pada bulan puasa Anda hanya bisa mengkonsumsi makanan ketika sahur atau saat buka puasa. Sedangkan pada malam harinya Anda gunakan waktu anda untuk istirahat. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan nutrisi, dan gizi yang berakibat pada penurunan sistem kekebalan tubuh.

Namun, Anda tak perlu merasa khawatir, Anda dapat mencegah kondisi tersebut dengan cara mengkonsumsi sumber vitamin C dan zinc yang berguna untuk meningkatkan pertahanan tubuh atau sistem kekebalan tubuh Anda kembali.

Pentingnya Vitamin C dan Zinc saat Menjalani Ibadah Puasa

Mengapa seorang yang berpuasa harus banyak minum vitamin C? Karena vitamin C merupakan vitamin yang dapat larut dalam air dan memiliki utama untuk:

  • Membuat kekebalan tubuh anda menjadi lebih kuat dengan cara meningkatkan sel darah putih untuk menyerang bakteri dan zat asing yang jahat.
  • Membantu tubuh memperbaiki jaringan sel yang rusak di dalam tubuh.
  • Mencegah penuaan dini.
  • Sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah terkena radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Sedangkan zinc merupakan jenis mineral yang tidak hanya dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan saja, namun keberadaan zinc sangat berperan penting untuk:

  • Membantu metabolisme karbohidrat
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Meningkatkan pertahanan tubuh

Setelah mengetahui fungsi dari vitamin C dan zinc, maka dapat disimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi sumber vitamin C dan zinc adalah cara yang tepat agar tubuh Anda tidak mudah tumbang ketika menjalani puasa di bulan ramadhan.

Pada awal puasa, biasanya tubuh seseorang akan merasa kaget dan harus beradaptasi kembali terhadap perubahan pola makan, waktu tidur serta waktu untuk beraktivitas yang bisa saja menjadi berubah. Maka sebab itu, tidak jarang orang mudah terserang penyakit pada saat awal menjalani ibadah puasa, akibat perubahan yang terjadi.

Nah, untuk itu Anda sangat dianjurkan untuk perbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan zinc, bahkan kedua nutrisi tersebut dapat anda konsumsi sebelum memasuki puasa. Hal ini  untuk menjaga tubuh Anda siap akan perubahan yang terjadi. Apalagi vitamin C memiliki sifat larut air sehingga sangat mudah hilang dan dikeluarkan dari tubuh melalui keringat atau urin.

Tidak jauh beda dengan pentingnya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C saat berpuasa, mineral zinc juga perlu Anda siapkan sebelum Anda melakukan ibadah puasa, agar Anda dapat menjalani ibadah ini dengan lancar tanpa adanya gangguan. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here