Pentingnya Berenang pada Masa Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berenang adalah salah satu kegiatan olahraga yang memiliki banyak manfaat diantaranya untuk melatih pernapasan dan bagi sebagian orang mungkin berenang untuk menambah tinggi badan mereka terutama pada masa pertumbuhan. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa berenang mampu meningkatkan antibodi untuk melawan serangan asma. Tidak hanya sebatas itu, seiring dengan perkembangan ilmu Anda harus mengetahui bahwa kegiatan berenang ternyata juga bermanfaat bagi para ibu hamil. Karena ibu hamil idealnya mencapai peningkatan asupan kalori, namun disarankan tidak melebihi 300 kkal, maka penting sekali kegiatan olahraga dilakukan untuk mempertahankan berat badan yang ideal. Salah satunya dilakukan dengan berenang. Namun, jika Anda ingin melakukan kegiatan berenang pada saat hamil, Anda harus memperhatikan berbagai hal.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah konsultasi dengan dokter atau bidan, mereka akan menganjurkan boleh atau tidaknya berenang sebagai kegiatan tambahan saat masa kehamilan sesuai dengan kondisi janin dan tubuh. Langkah kedua, pilihlah pakaian renang yang nyaman dan gunakan kolam renang yang bersih, serta pastikan air di dalam kolam tidak melebihi batas dada. Langkah ketiga, perhatikan kemampuan diri dalam berenang, berenang pada ibu hamil hanya boleh dilakukan maksimal 3 kali dalam seminggu. Setelah mengetahui hal-hal tersebut, ibu-ibu sebaiknya tidak perlu cemas dan khawatir jika akan menambahkan kegiatan berenang sebagai olahraga di masa kehamilan.

Bagi ibu hamil yang memiliki kondisi tubuh dan janin yang kuat, tentulah boleh berenang. Untuk menambah ketertarikan Anda dalam berenang, perhatikan hal-hal berikut yang membuat berenang memiliki beragam manfaat !

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Saat Anda berenang, semua anggota tubuh bergerak. Jika renang dilakukan secara rutin, secara otomatis sel-sel di dalam tubuh akan berkoordinasi dengan baik sehingga peredaran darah menjadi lancar.

  1. Melancarkan proses persalinan

Proses persalinan dapat dipersiapkan dengan baik, salah satunya dengan melatih otot-otot rahim dan panggul agar memiliki daya kekuatan dan kelenturan. Berenang dapat memperkuat otot-otot rahim dan panggul, hal inilah yang biasanya dilakukan untuk mempersiapkan proses persalinan.

  1. Menghindari insomnia

Bagi ibu hamil yang kesulitan mengatur jam istirahat (tidur) karena perubahantubuh yang dialami, janganlah ragu untuk melakukan olahraga renang. Karena gerakan-gerakan dalam berenang dapat menyegarkan badan dan pikiran, sehingga pada saat malam hari bisa tidur nyenyak.

  1. Mempertahankan berat badan ideal

Kebanyakan ibu hamil biasanya mengalami peningkatan nafsu makan dan tidak diimbangi dengan aktivitas fisik. Hal ini yng dapat menyebabkan berat badan menjadi naik secara signifikan. Seperti penjelasan sebelumnya, ibu hamil seharusnya hanya mengalami peningkatan kebutuhan kalori sebanyak 300kkal. Kegiatan berenang yng dilakukan secara rutin bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih cepat.

  1. Mengurangi stres

Stres dapat dipicu dari banyak hal, terlebih saat masa kehamilan karena tidak bersumber dari diri sendiri melainkan juga dari janin. Berenang dapat dijadikan sebagai media untuk melatih emosi, karena saat itu juga pusat pikiran akan tertuju pada bagaimana tubuh bergerak di dalam air. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here