Pentingnya Buah Kurma saat Berbuka

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berbicara mengenai buah kurma, mungkin sudah bukan hal asing lagi bagi umat islam. Buah asal timur tengah ini banyak dicari oleh umat muslim saat bulan ramadhan untuk santapan berbuka puasa. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membatalkan puasa dengan yang manis, salah satu contohnya berbuka menggunakan tiga buah kurma sebelum makanan berat.

Anjuran ini bukan tanpa alasan, nyatanya banyak dokter menganjurkan buah ini masuk dalam menu buka puasa karena manfaatnya. Lalu seberapa pentingkah buah kurma saat berbuka?. Mari kita simak bersama-sama:

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seringkali kebiasaan buruk orang yang berpuasa adalah langsung menyantap semua hidangan yang ada saat waktu berbuka tiba. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan Anda karena lambung kaget setelah lama tidak terisi selama 12 jam lebih. Maka konsumsi beberapa butir kurma baik untuk mengawali berbuka Anda sebelum konsumsi makanan berat.

  • Berserat Tinggi

Kaya akan kandungan serat buah ini mudah dicerna oleh organ pencernaan. Selain ramah diperut, kandungan serat didalamnya juga mampu mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar saat berpuasa.

  • Pengganti Hilangnya Energi Saat Berpuasa

Kandungan glukosanya yang tinggi menjadikan kurma mampu memasok energi ke dalam tubuh. Gula alami yang dimilikinya baik untuk menstabilkan gula darah setelah berpuasa. Tidak hanya itu, kurma juga baik untuk jaringan-jaringan penting dalam tubuh seperti: sel-sel otak, sel-sel saraf, sel-sel darah merah dan sel-sel tulang belakang.

  • Mencegah Kanker

Rutin mengkonsumsi kurma ternyata mampu mengurangi resiko kanker. Kandungan kalium didalamnya juga mampu mengontrol denyut jantung dan tekanan darah sehingga mampu mencegah Anda dari serangan jantung dan stroke.

  • Mencegah Anemia

Sel darah merah dan hemoglobin mampu diproduksi karena kandungan zat besi pada buah kurma. Selain itu, kurma juga mampu menyeimbangkan ringkat keasaman pada darah Anda.

  • Sumber Vitamin A

Tidak hanya mencegah kanker, kandungan vitamin A pada kurma mampu menjaga mata dan kulit Anda tetap sehat. Vitamin A juga mampu mencegah tubuh terhindar dari bahaya kanker paru-paru dan rongga mulut.

Informasi diatas semoga bermanfaat bagi Anda dan keluarga, masih banyak lagi manfaat kurma yang bisa Anda dapatkan jika Anda rutin mengkonsumsinya. Disarankan bagi penderita diabetes untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah ini karena kandungan glukosa didalamnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY