Pentingnya Gosok Gigi Sebelum Tidur

SehatFresh.com – Menggosok gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini penting dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan agar tidak membusuk dan menyebabkan kerusakan gigi. Waktu sikat gigi yang paling baik adalah pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Banyak orang tidak merasa malas ketika melakukan kebiasaan menyikat gigi di pagi hari. Namun, berbeda saat malam hari, orang cenderung malas untuk menggosok gigi sebelum pergi tidur. Saat tidur, semua aktivitas tubuh akan menurun, termasuk produksi air liur. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa menyikat gigi sebelum tidur lebih penting dari dibanding waktu sikat gigi lainnya.

Melewatkan sikat gigi sebelum tidur dapat meningkatkan risiko infeksi dan gigi berlubang. Berdasarkan penelitian, penyebab infeksi pada gigi adalah bakteri yang menjadi penyebab infeksi katup jantung. Gigi yang infeksi akan mengeluarkan gas, dan apabila terus didiamkan bakteri yang menginfeksi gigi yaitu, bakteri Streptococcus, akan bergerak mengikuti aliran darah dan berhenti di organ tubuh seperti jantung, ginjal atau paru-paru.

Kebiasaan ngemil sebelum tidur mungkin meninggalkan sisa–sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi sehingga dapat memicu perkembangbiakan kuman. Sisa makanan yang bersatu dengan kuman yang menempel pada gigi mengakibatkan terjadinya proses demineralisasi, yaitu meningkatnya produksi asam di dalam mulut yang pada akhirnya bisa membuat gigi berlubang.

Selama tidur, kondisi mulut dalam keadaan diam, tidak bicara dan tidak mengunyah makanan, sehingga produksi air liur menjadi berkurang. Gigi lebih rentan berlubang ketika jumlah air liur di dalam mulut menjadi sedikit. Kondisi rongga mulut akan menjadi asam beberapa saat setelah kita makan. Asam di dalam mulut bisa dengan cepat melarutkan email gigi sehingga menyebabkan timbulnya karies.. Karena lidah dan semua yang ada di mulut juga tidak bergerak, maka otomatis kuman-kuman dari sisa makanan yang tidak bersihkan karena tidak menggosok gigi akan berkembangbiak. Bakteri perusak gigi tidak pernah beristirahat dan akan semakin aktif dalam keadaan mulut yang kekurangan air liur seperti pada saat tidur malam hari. Bakteri ini lebih cepat berkembangbiak di malam hari. Berkumur pada malam hari tidak cukup untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi,

Dengan menyikat gigi  sebelum tidur, maka semua kotoran dari sisa makanan yang menempel pada gigi akan hilang sehingga terjadi proses remineralisasi, proses kembalinya mineral gigi. Sikat gigi malam hari sangat penting untuk menghambat perkembangbiakan kuman. Orang yang sering melewatkan  sikat gigi sebelum tidur memiliki tingkat risiko kerusakan gigi dua kali lebih tinggi daripada orang yang rajin membersihkan giginya sebelum tidur. Hal ini dikarenakan melewatkan sikat gigi sebelum tidur bisa mempercepat terjadinya karies gigi.

Manfaat lain dari sikat gigi sebelum tidur adalah untuk mengurangi bau mulut di pagi hari. Saat bangun tidur, mulut pasti akan berbau kurang sedap. Hal ini dikarenakan penurunan produksi air liur saat tidur. Kondisi mulut yang bersih setelah sikat gigi malam dapat mengurangi napas bau di pagi hari. Jika Anda memiliki kebiasaan menyikat gigi setiap mandi pagi dan sore hari, maka Anda juga perlu menerapkan kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur. Menyikat gigi tiga kali sehari adalah kebiasaan yang sangat baik untuk kesehatan gigi Anda.

Sumber gambar : blogspot.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here