Pentingnya Imunisasi MR Bagi Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Campak atau measles merupakan virus yang ditularkan melalui batuk sehingga sangat mudah menular. Sedangkan Rubella biasa disebut dengan campak Jerman yang ditularkan melalui udara yang gejalanya tidak terdeteksi.

Manfaat Imunisasi Rubella

Gejala campak biasanya dimulai dengan demam tinggi sampai ke 40 derajat celcius dengan ciri-ciri bintik merah, batuk, pilek, tubuh melemas, dan nafsu makan berkurang secara berangsur-angsur. Sedangkan untuk Rubella biasanya akan membuat anak mengalami demam secara ringan hingga 37 derajat celcius tanpa alasan yang jelas.

Beberapa hal yang membuat seorang anak sangat penting diberikan imunisasi MR ialah sebagai berikut:

  • Campak dan Rubella Berbahaya Bagi Anak dan Ibu Hamil

Campak dapat membuat terjadinya pneumonia atau radang paru, radang otak, buta, gizi buruk, dan kematian. Komplikasi yang terjadi pada Rubella ialah kelainan jantung dan mata, perkembangan yang terlambat, dan tuli. Rubella dapat membuat seseorang mengalami keguguran, kematian, kongenital, dan masih banyak lagi.

  • Campak dan Rubella Tidak Bisa Diobati

Campak dan Rubella tidak bisa diobati sehingga membuat kasus kematian anak mengenai penyakit ini semakin meningkat. Bahkan kasus campak merupakan kasus terbesar di dunia yang membutuhkan imunisasi sehingga tidak terjadi persoalan kematian yang semakin parah. Komplikasi juga selalu menghantui penyakit campak dan Rubella yang membuat pemerintah di seluruh dunia perlu melakukan pencegahan agar tidak terjadi komplikasi.

Imunisasi MR merupakan imunisasi yang diberikan kepada anak dari usia 9 bulan sampai usia kurang dari 1 tahun. Imunisasi campak dan Rubella juga dilakukan dengan menyuntikkan dosis 0,5 ml secara gratis di bulan Agustus hingga September 2017. Anak pun juga bisa mendapatkan imunisasi MR dari sekolah, posyandu, puskesmas, dan fasilitas kesehatan yang lainnya.

Imunisasi MR juga merupakan imunisasi yang diberikan kepada pemerintah kepada anak-anak agar terhindar dari penyakit bawaan seperti gangguan penglihatan, pendengaran. Kelainan jantung, dan retardasi mental yang disebebkan adanya infeksi Rubella saat terjadi kehamilan.

Rubella merupakan penyakit ringan yang terjadi pada anak yang biasa terjadi pada kehamilan sehingga terjadi keguguran atau pun cacat pada bayi yang biasa disebut dengan sindrom Rubella Kongenital seperti berbagai kelainan jantung, mata, tulis, dan keterlambatan perkembangan fisik anak di berbagai aspek. Imunisasi MR juga biasa diberikan kepada pemerintah untuk mendapatkan berbagai pencegahan penyakit.

Campak dan Rubella juga dibuktikan sebagai penyakit berbahaya yang bisa terjangkit pada anak-anak sehingga membutuhkan imunisasi MR dengan cukup di semua Negara termasuk Indonesia. Imunisasi yang diberikan secara massal biasanya akan lebih mudah diterima oleh masyarakat luas.

Demikian informasi mengenai pentingnya imunisasi MR bagi anak. Semoga bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here