Pentingnya Kebugaran Fisik Di Masa Remaja

SehatFresh.com – Tahun-tahun remaja adalah masa yang penting baik dari segi perkembangan mental mau pun fisik. Tetap sehat selama masa remaja dapat memberi manfaat baik secara fisik maupun psikologis. Remaja, baik laki-laki dan perempuan, harus menyadari pentingnya kebugaran fisik guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang optimal. Penelitian telah menunjukkan bahwa menjaga kebugaran fisik dengan berolahraga dapat bermanfaat bagi kesehatan remaja secara keseluruhan serta mendorong citra tubuh yang positif.

Studi terbaru menunjukkan beberapa fakta yang mengkhawatirkan tentang kebugaran fisik di kalangan remaja saat ini. Sebagian besar dari mereka diketahui menghabiskan setidaknya 30 jam dalam seminggu, hanya untuk menonton TV dan mengonsumsi camilan tinggi kandungan lemak dan gula. Hampir lima puluh persen dari remaja dan dewasa muda yang diteliti, mereka tidak melakukan aktifitas fisik apa pun secara teratur. Tentunya hal ini sangat memprihatinkan karena dapat memicu obesitas yang pada akhirnya berkembang menjadi penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke.

The American College of Sports Medicine and the U.S. Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan para remaja melakukan setidaknya 30 menit aktifitas fisik setiap hari. Ada berbagai manfaat fisik yang terkait dengan aktif secara fisik selama masa remaja. Kebugaran fisik harus menjadi komponen kunci dalam kehidupan remaja, karena olahraga dapat membantu membangun tulang yang kuat, otot dan sendi, intinya tubuh menjadi sehat. Selain itu, olahraga juga akan membantu remaja mengontrol berat badan dengan membangun otot sambil membakar lemak serta mengurangi tekanan darah pada remaja yang mengalami hipertensi.

Bahkan, sebuah dari studi Eropa pada Desember 2009 dari “Proceedings of National Academy of Sciences” menemukan korelasi langsung antara tingkat remaja kebugaran fisik dan tingkat IQ. Dengan menggunakan data pemerintah, peneliti memeriksa data pada 1,2 juta laki-laki muda yang lahir di Swedia antara tahun 1950 dan 1976 yang menerima penilaian fisik dan kecerdasan ketika mereka mendaftarkan diri di militer. Studi ini menyimpulkan bahwa menjadi sehat secara fisik pada usia 18 dikaitkan tingkat IQ yang lebih tinggi, sehingga meningkatkan kemungkinan pencapaian pendidikan dan profesional yang lebih tinggi dari rata-rata di masa dewasa.

Mempertahankan kebugaran fisik di masa remaja sangatlah penting, yang mana secara fisik memungkinkan organ-organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, dan otot, berfungsi secara efisien. Selain itu, itu membuat tubuh lebih berenergi, yang pada gilirannya membantu dalam melaksanakan tugas-tugas sehari-hari tanpa rasa lelah yang berarti. Terciptanya citra tubuh yang positif dengan menjaga kebugaran fisik akan berpengaruh pada peningkatan harga diri yang akan meningkatkan aspek-aspek lain dari kehidupan remaja.

Sumber gambar : febrianhadi.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY