Pentingnya Memahami Bahasa Bayi untuk Membangun Kedekatan dengan Buah Hati

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat anda memiliki bayi, kesulitan yang biasanya dirasakan adalah memahami bahasa bayi. Sebab ia belum bisa berbicara lancar seperti kita. Jadi, terkadang anda bingung harus bersikap apa, karena salah sedikit mungkin akan membuat bayi menangis dan lain-lain serta sulit di atasi.

Jika anda mengalami masalah di atas, maka anda perlu belajar memahami bahasa bayi. Bahasa bayi penting dipahami oleh orang tua, selain anda jadi mengerti apa keinginan anak anda, anda juga bisa semakin dekat dengan buah hati atau bayi anda.

Bahasa bayi bermacam-macam, mulai dari bahasa tubuh hingga bahasa secara lisan atau kata-kata sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan sang bayi. Agar anda lebih paham dengan bahasa bayi. Berikut beberapa bahasa bayi yang bisa anda pahami:

  • Bahasa kening, mungkin terkadang anda bingung kenapa anak anda mengerutkan dahinya. Apa yang ia maksud? Maksud dari mengerutkan dahinya adalah ia sedang merasa ada yang dakit pada tubuhnya.
  • Bahasa mulut, tidak hanya melalui keningnya. Bayi yang sedang sakit biasanya juga mengisyaratkan lewat mulutnya yang terkatup rapat. Jika sakitnya luar biasa maka mulutnya akan terbuka secara tidak wajar.
  • Bahasa mata, bayi sering mengucek atau menutup mata maka ia sedang memberi tahu anda kalau mengantuk dan ingin cepat tidur karena merasa lelah. Jika bayi sudah mengeluarkan bahasa tersebut sebaiknya cepat gendong bayi dan coba tidurkan bayi anda.
  • Kaki menendang, kaki menendang-nendang biasanya akan muncul saat bayi merasa senang dengan suasana yang ia sukai. Saat bermain contohnya maka ia akan menendang-nendangkan kaki karena senang. Jika seperti ini anda bisa membuat kehangatan dengan sang bayi dengan ikut bermain.
  • Kata-kata, setelah dengan bahasa tubuh, sepanjang perkembangan dan pertumbuhannya, bayi akan mulai mengeluarkan kata-kata. Kata yang sering diucapkan bayi antara lain:
  1. “NEH”

Saat bayi mengucapkan “neh” artinya sedang lapar. Sebenarnya kata ini hampir mirip dengan “Heh” dan “Eh” yang tentunya memiliki arti berbeda jadi anda harus hati-hati. Saat kata ini muncul anda harus segera meresponnya karena jika tidak bayi bisa saja menangis.

  1. “HEH”

Ketika kata ini keluar dari mulut bayi anda harus segera bergegas meresponnya. Kata “heh” berarti ia sedang tidak nyaman oleh karena butuh respon cepat untuk membuat bayi lebih nyaman.

  1. “EH”

“Eh” ini lebih bukan kata-kata namun bayi sedang bersendawa. Sendawa yang dikeluarkan bayi menandakan ia selesai minum susu atau sebaliknya yang justru perutnya dalam keadaan kosong.

  1. “OWH”

Bayi yang mengantuk biasanya akan mengucapkan kata “Owh”. Jadi segera buat iya tidur sehingga bisa beristirahat dengan nyaman.

  1. “EAIRH”

Arti dari kata “Eairh” adalah bayi merasa perutnya kembung. Segera perbaiki posisi bayi jika ia merasa kembung. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here