Pentingnya Memahami Seksualitas Pasangan

SehatFresh.com – Seks merupakan sebuah hubungan ikatan yang kuat terjadi antara pasangan, pria dan wanita yang saling mencintai. Sebagian besar pasangan yang telah terikat pernikahan tentu akan merasakan nikmatnya berhubungan intim tanpa adanya beban. Namun, percaya atau tidak, hubungan seksual bisa menjadi sumber tekanan. Hal ini dapat terjadi jika setiap kali hendak berhubungan seksual, timbul berbagai kecemasan seperti perasaan-perasaan negatif seperti tidak dapat memuaskan pasangan, takut hamil lagi, tidak juga hamil, dan lain sebagainya. Pandangan keliru berbicara soal seks termasuk hal yang tabu adalah salah satu penyebab menurunnya kualitas hubungan seksual.

Ketidaktersediaan informasi yang memadai tentang seks pun turut berperan menimbulkan berbagai stigma di masyarakat, terutama antarpasangan. Seks akan memuaskan tanpa adanya unsur paksaan. Hubungan seksual akan berhasil dengan baik dan memuaskan, apabila dilakukan dengan kesiapan kedua belah pihak. Dalam mengatasi ketidakharmonisan dalam berhubungan seksual, yang perlu diperhatikan adalah mengenali pasangan. Setiap pasangan tentunya harus bisa memahami diri dan pasangannya. Baik itu mengenai alat-alat seksual, fungsi seksual, sampai kebiasaan seksual dan titik-titik rangsangan pada masing-masing pasangan itu sendiri.

Kondisi kesehatan termasuk hal yang sangat perlu utnuk diperhatikan. Usahakan untuk tidak melakukan hubungan seksual dalam kondisi sakit dan tidak fit. Hubungan seksual merupakan aktifitas yang menguras energi tinggi. Jika tidak dalam kondisi prima, maka dapat mengakibatkan timbulnya masalah kesehatan lainnya. Selain itu, banyak pasangan muda yang tidak sabar dalam melakukan hubungan seksual. Memilih waktu, teknik, dan variasi hubungan seksual yang sesuai dengan keadaan dan kondisi, juga perlu diperhatikan. Dalam hal ini, pengetahuan seks dan komunikasi yang baik dengan pasangan sangat penting, agar terwujudnya hubungan seksual yang baik, benar, dan memuaskan kedua belah pihak.

Variasi teknik, posisi, atau cara berhubungan seksual juga perlu diperhatikan jangan sampai ada dominasi dari satu pihak yang akhirnya membuat pihak yang lainnya tidak terpuaskan. Variasi gaya atau posisi dalam berhubungan seks memangan penting untuk menghilangkan rasa jenuh agar seks menjadi tidak monoton. Namun, sebaiknya tidak melakukan teknik atau variasi yang justru menimbulkan rasa sakit atau ketegangan yang tidak diinginkan pada pasangan. Penerapan gaya atau variasi baru sebaiknya disesuaikan kemampuan diri dan pasangan Anda.

Memahami seksualitas pasangan sebenarnya tidak sulit. Yang Anda perlukan adalah kemauan dan kesabaran untuk memberi perhatian lebih sehingga membuat pasangan tergerak dan memberi respon seperti yang Anda harapkan. Seiring Anda mempelajari dan menggunakan ide-ide baru untuk meningkatkan aspek seksual dalam hubungan Anda, maka hal tersebut secara otomatis akan turut mempererat ikatan, kecintaan, membuat komunikasi menjadi lebih terbuka serta menambah rasa saling pengertian.

Sumber gambar : www.slideshare.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY