Pentingnya Mengambangkan Keterampilan Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Remaja selain bertumbuh secara fisik, mereka juga akan berkembang. Beberapa ranah perkembangan remaja dapat dilihat melalui perkembangan intelektual, perkembangan psikososial dan juga perkembangan moral.

Hal ini juga dapat dilihat dari tugas perkembangan yang harus dilalui oleh semua orang, sesuai dengan kelompok usianya. Menurut Havighurst (1976), tugas yang perlu dipenuhi pada masa remaja (12-21 tahun) adalah ;

  1. Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya.
  2. Mencapai peran sosial sebagai pria dan wanita.
  3. Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secaramempersiapkah pernikahan dan hidup berkeluarga efektif.
  4. Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
  5. Mencapai jaminan kemandirian ekonomi.
  6. Memilih dan mempersiapkan karier.
  7. Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga.
  8. Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara.
  9. Mencapai perilaku yang bertanggung jawab secara sosial.
  10. Memperoleh seperangkat nilai sistem etika sebagai petunjuk dalam berperilaku.

Banyak dampak negatif yang akan muncul apabila remaja melewatkan tugas-tugas perkembangannya. Beberapa tugas perkemmbangan anak menjadi terhambat sebelum tugas perkembangan sebelumnya terpenuhi. Sehingga akan menyebabkan mereka menjadi kurang dewasa karena melewati hal yang membuat mereka mempersiapkan sesuatu.

Remaja memerlukan perhatian khusus untuk mengembangkan keterampilannya. Dengan mengembangkan keterampilannya bisa menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan mereka. Dengan mengembangkan keterampilan yang terarah, remaja dapat menciptakan penemuan penting ketika mereka dewasa. Selain itu partisipasi mereka juga sangat berperan penting dalam menghindari tantangan dan perubahan dunia.

Disamping itu perkembangan psikososial remaja akan berkembang melalui proses interaksinya dengan lingkungan juga beberapa mata pelajaran yang membantu anak memiliki pengetahuan mengenai kehidupan bermasyarakat dan bagaimana bersikap menjadi makhluk sosial. Secara moral pihak sekolah memiliki tanggung jawab untuk bisa membantu remaja berkembang dan memiliki moral yang baik.

Keterampilan sosial remaja juga harus dikembangkan secara optimal. Keterampilan ini sangat diperlukan remaja ketika dewasa nanti untuk bergaul, mencari relasi, membangun hubungan, menjalin kerja sama, memiliki kemampuan berdiplomasi serta bernegoisasi.

Ketrampilan ini penting bagi remaja untuk mengidentifikasi dan mengelola konflik dan perasaan internal. Meningkatkan keterampilan sosial membutuhkan beberapa usaha dan kepercayaan diri. Pendekatan yang dapat dilakukan pun harus dibarengi dengan sikap yang ramah dan perilaku yang baik.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan sosial remaja adalah dengan bersikap ramah, menghilangkan rasa malu, memulai dengn menjadi pendengan yang baik, jika melakukan kesalahan mau mengakui kesalahan dan memperbaikinya, memksimalkan sifat-sifat positif, memperhatikan bahasa tubuh, memulai dengan bersosialisasi, termasuk sosialisasi dalam situs sosial.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here