Pentingnya Menjaga Kebersihan Brewok

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dewasa ini, menumbuhkan kumis dan janggut (brewok) menjadi tren di kalangan pria modern. Ini dianggap sebagai salah satu cara menunjukkan sisi maskulinitas dan daya tarik seksual pria. Terlebih dengan adanya anggapan bahwa wanita mengganggap pria dengan brewok akan terlihat lebih menarik. Namun, terlepas dari alasan penampilan, ternyata brewok memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yang luar biasa adalah menurunkan risiko kanker kulit. Pasalnya, brewok menghindarkan kulit terpapar sinar matahari secara langsung sehingga memberikan perlindungan dari kerusakan akibat efek negatif radiasi sinar UV. Namun, meski bermanfaat, bukan berarti kumis dan janggut tak perlu dirawat.

Brewok yang tidak terawat dapat menjadi sarang bakteri. Bahkan, disebut-sebut kalau bakteri yang bersarang di dalamnya setara dengan bakteri di toilet. Kebiasaan memegang brewok dengan tangan kotor, juga dapat menyebabkan perpindahan bakteri yang pada gilirannya dapat menyebabkan infeksi kulit. Oleh karenanya, kumis dan janggut perlu dirawat dan dijaga kebersihannya. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat brewok diantaranya:

  • Merapikan secara rutin. Tampil gagah dengan brewok bukan berarti membiarkannya tumbuh seadanya. Layaknya rambut yang menjadi mahkota kepala, brewok juga sebaiknya dibentuk sesuai tipe wajah dan tidak terlalu tebal agar terlihat rapi dan fitur-fitur terbaik wajah pun dapat tetap menonjol. Rapikanlah ujung janggut yang kusut dan tampak melengkung serta rapikan pula bila sudah terasa tebal dan lebat. Rapikan brewok dalam keadaan kering agar hasilnya lebih sempurna dan gunakan gunting atau alat cukur khusus miliki sendiri.
  • Hindari sampo. Tidak disarankan menggunakan sampo kepala untuk mencuci brewok. Pasalnya, sampo cenderung membuat kulit wajah menjadi kering. Lebih baik gunakan sabun cuci muka yang ringan yang juga tak hanya membersihkan tapi juga melembabkan. Saat cuci muka, beri perhatian ekstra pada area kumis dan janggut agar kotoran, debu, atau partikel makanan kecil yang menempel dapat terangkat secara maksimal. Atau Anda dapat memilih beard shampoo yang kini banyak dijual di supermarket ataupun barber shop.
  • Beri pelembab. Jenggot dan kumis kalian juga memerlukan pelembab agar tidak kering dan gatal. Maka dari itu, oleskan pelembab wajah dengan menggunakan ujung jari ke area kumis dan janggut setiap hari.
  • Gunakan scrub. Melakukan perawatan scrub pada wajah dapat membantu mengangkat sel kulit mati di sekitar kumis dan janggut. Cukup lakukan seminggu sekali.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY