Pentingnya Merawat Gigi Bagi Ibu Hamil

SehatFresh.com – Kebanyakan ibu hamil seringkali hanya berfokus pada asupan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Perawatan gigi tidak jarang menjadi prioritas nomor sekian. Padahal, menjaga dan merawat kesehatan gigi juga sama pentingnya guna menjaga kesehatan janin. Masalah kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan bisa menimbulkan komplikasi serius yang mungkin tidak terpikir sebelumnya. Kesehatan gigi yang kurang terawat selama kehamilan meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah bahkan keguguran.

Dampak perubahan hormon selama kehamilan besar pengaruhnya pada kondisi fisik wanita, termasuk pada kondisi gigi dan mulutnya. Di trimester awal kehamilan misalnya, mual dan muntah terkait morning-sickness membuat gigi menjadi sensitif dan tidak nyaman terutama saat mengunyah makanan.

Mereka yang terganggu dengan masalah gigi sensitif cenderung menghindari hal-hal yang membuat gigi terasa ngilu termasuk makanan, minuman, bahkan menggosok gigi. Ketika ibu tidak dapat mengunyah makanan dengan baik, kecukupan nutrisi janin juga tidak terpenuhi secara optimal. Jarang menggosok gigi membuat banyak bakteri bersarang di mulut, pada akhirnya memicu infeksi.

Perubahan hormon juga membawa dampak pada pelebaran dan pelunakan pembuluh darah. Efek ini juga memengaruhi pembuluh darah di sekitar gigi dan gusi sehingga gusi menjadi rentan berdarah saat menggosok gigi. Sekilas memang tampak sepele, tapi pendarahan dari gusi yang terus-menerus bisa menyebabkan penurunan kadar hemoglobin yang akan berdampak pada kehamilan. Pendarahan juga berpotensi menimbulkan infeksi yang menjadi pintu masuk bakteri dan bisa berujung pada keguguran.

Bila kesehatan mulut tidak terawat, gigi, gusi dan struktur pendukungnya menjadi rentan terhadap serangan bakteri. Bakteri di mulut menghasilkan bahan kimia yang merusak jaringan di mulut. Pada gilirannya, infeksi muncul sebagai respon dari sistem kekebalan tubuh. Infeksi bakteri tidak hanya menjadi penyebab sakit gigi. Efeknya lebih serius. Bakteri bisa masuk ke aliran darah dan melintasi plasenta. Bakteri bisa menginfeksi rahim sehingga membahayakan kesehatan janin dalam kandungan.

Sebelum hamil, pastikan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Bahkan, akan lebih baik bila diperiksakan sebelum menikah. Dengan menjaga dan merawat kesehatan gigi, ibu tidak hanya menjaga kesehatan diri sendiri, tetapi juga membantu menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi ibu hamil:

  • Setelah muntah, berkumurlah dengan air guna menetralisir asam di mulut yang dapat merusak kesehatan gigi.
  • Sikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi dan sikat gigi yang lembut guna meminimalisir pendarahan gusi.
  • Membersihkan sela-sela gigi yang sulit di jangkau dengan benang gigi (flossing).
  • Membersihkan lidah dengan sikat gigi atau alat khusus pembersih lidah untuk meminimalisir bakteri di mulut.
  • Bila ingin menggunakan obat kumur, gunakan obat kumur bebas alkohol.
  • Kurangi konsumsi makanan tinggi gula yang berpotensi menyebabkan gigi berlubang.
  • Konsumsi makanan bergizi terutama buah dan sayur yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi janin.
  • Lakukan pemeriksaan dan pembersihan gigi secara rutin ke dokter gigi. Beritahu dokter gigi bahwa Anda sedang hamil. Ini akan menjadi bahan pertimbangan dokter gigi sebelum melakukan tindakan untuk perawatan gigi.

Sumber gambar : www.SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY