Pentingnya Sarapan Bagi Kesehatan Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Untuk melakukan aktivitas dengan lancar, kita membutuhkan energi cukup yang didapatkan dari makanan. Makanan sebagai asupan energi bisa anda dapatkan dengan makan di pagi hari atau sarapan. Kenapa sarapan? Karena sarapan adalah waktu paling awal tubuh mendapatkan asupan makanan setelah beristirahat di malam hari.

Selain itu, energi tubuh biasanya sudah digunakan saat anda tidur, sehingga saat pagi hari anda membutuhkan sarapan untuk mengisi ulang energi yang digunakan untuk beraktivitas. Oleh karena itu sarapan penting bagi kita semua, termasuk juga bagi remaja.

Sarapan penting bagi remaja karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan remaja, bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa remaja yang rajin sarapan akan mendapatkan nutrisi yang lebih unggul dibandingkan remaja yang tidak rajin untuk sarapan. Selain itu, pentingnya sarapan bagi remaja juga memiliki alasan lain antara lain:

  1. Aktivitas di sekolah lebih baik

Remaja yang sarapan sebelum berangkat ke sekolah akan memiliki prestasi dan juga melakukan aktivitas di sekolah lebih baik dibandingkan dengan remaja yang tidak mau sarapan sebelum berangkat sekolah. Bahwa sarapan menunjukkan beberapa keistimewaan pada remaja seperti mampu meningkatkan kemampuan memori, meningkatkan hasil tes dan meningkatkan kehadiran sekolah. Sehingga pastikan anak anda untuk sarapan dahulu sebelum ke sekolah sehingga mampu meningkatkan prestasi anak.

  1. Remaja memiliki berat badan ideal

Sarapan penting bagi kesehatan remaja karena mampu menurunkan risiko untuk mengalami obesitas. Remaja yang rajin sarapan akan memiliki berat badan yang ideal oleh karena itu jauh dari obesitas. Penelitian dari Universitas Parma Italia juga mengatakan bahwa remaja yang rutin sarapan akan memiliki berat badan ideal, sedangkan remaja yang melewatkan sarapan justru akan kelebihan berat badan yang tentunya meningkatkan risiko terkena obesitas.

  1. Mendukung tumbuh kembang remaja

Selain baik untuk akademik dan juga mengontrol berat badan, sarapan penting bagi remaja karena mampu mendukung tumbuh kembangnya. Sarapan juga dapat memenuhi kebutuhan energi harian remaja yang cukup banyak yaitu sebanyak 15 sampai 35 persen.

Itulah beberapa alasan mengapa sarapan penting bagi kesehatan remaja. Oleh karena itu kita harus menyiapkan sarapan setiap harinya agar remaja mendapatkan manfaat-manfaat tersebut. Untuk memberikan sarapan yang baik, anda bisa menyediakan makanan sarapan yang mengandung atau kaya akan serat dan protein serta kurangi asupan lemak dan karbohidrat yang berlebihan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here