Pentingnya Sarapan Pagi

SehatFresh.com – Sarapan sangat penting bagi semua orang baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Menurut American Dietetic Association, anak-anak yang makan pagi memiliki konsentrasi yang lebih baik saat di kelas maupun di tempat bermain yang berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah, dan koordinasi mata serta tangan. Sarapan seringkali diabaikan oleh sebagian orang karena kesibukannya. Banyak orang yang merasa mulas setelah sarapan karena tidak terbiasa. Alasan terburu-buru dan ingin menurunkan berat badan kadang membuat orang mengabaikan pentingnya sarapan. Padahal, sarapan merupakan waktu makan yang sangat penting. Tidak hanya memberikan energi untuk memulai hari baru, tapi sarapan juga terkait dengan banyak manfaat kesehatan. Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus membiasakan diri untuk sarapan.

  • Sarapan sebagai sumber energi

Sarapan merupakan dasar untuk menyiapkan energi yang akan kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Sarapan pagi menjadi penting karena sarapan menjadi sumber asupan energi awal untuk menunjang aktivitas, khususnya sebelum waktu makan siang. Tubuh juga menjadi lebih fit dan tidak cepat lelah.

  • Sarapan meningkatkan konsentrasi kerja

Apakah Anda sulit berkonsentrasi saat melakukan beberapa pekerjaan di kantor?. Bisa jadi Anda belum sarapan tadi pagi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa sarapan pagi mampu meningkatkan memori dan konsentrasi ketika beraktivitas. Selama tidur otak manusia tetap bekerja, dan membutuhkan asupan energi yang cukup. Maka dari itu, sarapan sangatlah penting karena energi tersebut telah berkurang setelah bangun tidur. Sarapan member nutirisi untuk otak sehingga otak dapat berpikir lebih baik dan cepat.

  • Sarapan dapat mengontrol berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa makan sarapan yang sehat dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari, dan membantu orang membuat pilihan makanan yang lebih baik pada waktu makan lainnya. Rasa lapar berlebih karena mengabaikan sarapan dapat membuat porsi makan berlebih dan tidak terkontrol di siang harinya. Orang yang tidak sarapan juga cenderung memilih mengkonsumsi cemilan-cemilan yang dapat menyebabkan kegemukan.

  • Sarapan dapat mencegah sakit maag

Sarapan dapat mencegah maag dan mencegah kambuhnya maag bagi yang sudah memilikinya. Sarapan membuat perut terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Mengabaikan sarapan pagi berarti membuat lambung kosong terlalu lama yang mengarah ke rasa perih di lambung dan berpotensi menjadi sakit maag.

  • Sarapan dapat meningkatkan metabolism tubuh

Ketika sarapan, otak akan memberikan sinyal agar tubuh melakukan fungsi pencernaan. Mengabaikan sarapan dapat membuat tubuh bekerja dalam keaadan kosong dan hal tersebut mengganggu metabolisme tubuh. Tubuh akan mengisyaratkan untuk menghemat energi sehingga efeknya adalah metabolisme tubuh menjadi turun dan pada akhirnya menurunkan jumlah kalori yang dibakar setiap harinya.

  • Sarapan dapat menurunkan risiko penyakit kronis

Sarapan dapat membantu menstabilkan gula darah karena sebelumnya Anda tidak makan selama kurang lebih 12 jam. Seseorang yang tidak sarapan, membuat asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh diambil dari glukosa darah. Ini menyebabkan kadar gula darah berkurang dan mengakibatkan kesehatan serta keseimbangan tubuh menjadi terganggu. Hal tersebut dapat mengarah ke resistensi insulin yang kemudian berpotensi menjadi penyakit kronis seperti diabetes.

Mengatur pola dan jenis asupan makanan juga perlu diperhatikan. Menu saat sarapan harus tetap diperhatikan adalah menu yang tepat dan cukup gizi. Sarapan sehat adalah sarapan yang menyediakan proporsi nutrisi yang signifikan untuk kebutuhan sepanjang hari. Kandungan gula di dalam makanan yang Anda makan saat sarapan seringkali bertolak belakang dengan pola makan sehat. Pilihlah menu seperti telur, susu, buah-buahan dan biji-bijian. Menu tersebut dapat memberi Anda energi hingga waktu makan siang. Nutrisi yang kita peroleh melalui sarapan juga dapat meningkatkan daya tahan terhadap stress.

 Sumber gambar : www.myindischool.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here