Pentingnya Sarapan Sehat Sebelum Berangkat Sekolah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bangun kesiangan seringkali membawa multiplier effects yang negatif bagi kalangan remaja. Terlambat sekolah atau bad mood bisa saja terjadi. Satu lagi yang tak kalah penting, yakni sarapan ala kadarnya.

Banyak pelajar yang memulai aktivitasnya di pagi hari malas untuk sarapan. Hal ini paling sering disebabkan oleh waktu persiapan dan pada akhirnya menjadi kebiasaan. Padahal, sarapan sehat penting bagi pelajar atau anak-anak sekolah.

Menurut hasil studi yang telah dilakukan oleh para ahli, sarapan bergizi bagi pelajar ternyata sangat bermanfaat. Melewatkan sarapan sebelum pergi ke sekolah bisa berpengaruh terhadap fisik dan psikologi anak sekolah. Kondisi ini pada akhirnya akan menghambat proses dan hasil belajar anak-anak.

Dengan makan sarapan sehat, seseorang sebenarnya seperti berbuka puasa setelah beberapa waktu sejak makan malam. Pada saat seseorang bangun di pagi hari, semua energinya sudah habis sehingga perlu untuk mendapatkan energi yang baru untuk melalui rutinitas sehari-hari.

Pelajar yang tidak makan atau melewatkan sarapan rutin berisiko tinggi mengembangkan gastroenteritis dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya itu, pelajar yang harus menghadapi banyak tantangan di sekolah dengan perut yang kosong mungkin bisa menghambat kemajuan mereka. Telah diteliti bahwa anak-anak yang tidak sarapan sebelum ke sekolah memiliki sejumlah masalah fisik dan psikis, seperti sakit kepala, mengantuk, sakit perut, kelelahan, ketidaktegasan, mudah marah, kecemasan, kurang bahagia, gugup, lesu dan lain-lain.

Sarapan untuk anak-anak sekolah akan membantu proses belajar mereka secara keseluruhan. Kesibukan pelajar di sekolah tidak hanya harus mempelajari beberapa mata pelajaran yang berbeda, tetapi juga harus melakukan kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga. Untuk kegiatan seperti ini, mereka membutuhkan energi yang berasal dari sarapan.

Selain itu, makan pagi secara rutin juga akan membantu mengelola berat badan sehingga dapat mengurangi risiko obesitas anak. Hal ini karena anak yang tidak sarapan cenderung memilih jajanan di sekolah yang kebanyakan instan dan tidak menyehatkan.

Salah satu tanggung jawab utama orangtua adalah mendidik anak-anaknya hingga berhasil. Dengan demikian, menyediakan mereka dengan sarapan yang sehat bagi si buah hati adalah termasuk sebagai salah satu tugas penting orangtua. Anak-anak yang tidak mau sarapan pada umumnya adalah karena kebiasaan yang dilakukan sejak lama.

Maka, kembangkanlah kebiasaan makan sarapan setiap hari sejak dini. Wajibkan sarapan setiap hari pada anak-anak Anda sehingga mereka cenderung tidak mengemil pada waktu istirahat.

Lalu, sarapan sehat seperti apa yang sebaiknya disajikan bagi pelajar sekolah? Makanan kaya serat sangat direkomendasikan sebagai sarapan karena kandungan seratnya dapat membuat perut merasa kenyang sehingga anak tidak mencari makanan lain hingga siang hari tanpa perlu merasa lapar dan lemas. Konkretnya, pilihan sarapan yang cepat dan sehat antara lain adalah yoghurt, sereal gandum, oatmeal, dan susu rendah lemak. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here