Pentingnya Tidur Siang untuk Anak saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengajari anak untuk berpuasa sejak dini perlu dilakukan oleh para orang tua untuk membiasakan sang buah hati menjalankan kewajiban ibadahnya. Tidak banyak anak yang mampu melaksanakan ibadah puasa dalam satu hari penuh, maka perlu dilatih secara perlahan. Alangkah baiknya orang tua membiasakan tidur siang bagi sang anak yang sedang berlatih berpuasa. Hal ini dilakukan agar anak mampu melaksanakan ibadah puasa satu hari penuh.

Tidur siang atau power nap berguna untuk mengganti jam tidur anak Anda yang kurang karena terpotong saat waktu sahur serta mampu meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga tubuh dari cuaca yang panas. Masih banyak lagi manfaat dari tidur siang bagi anak, yaitu:

  • Meningkatkan Daya Ingat Otak. Banyak penelitian mengungkapkan dampak positif dari tidur siang ini. Tidur diantara puasa mampu meningkatkan kinerja otak dalam mengingat suatu hal. Kemampuan otak yang baik dalam memproses informasi ini penting dalam kegiatan belajar mereka. Anak-anak akan lebih mudah untuk memahami pelajaran karena daya ingat mereka yang baik. Kemampuan otak dalam mengingat ini berlaku sampai keesokan harinya.
  • Meningkatkan Daya Konsentrasi. Saat tidur siang tubuh terbantu dalam merevitalisasi energi serta saraf tubuh  sehingga tubuh jauh lebih segar dan bugar. Waktu istirahat yang cukup membuat Anak anda lebih mampu berkonsentrasi dan waspada.
  • Menjaga Kesehatan Tubuh. Masa anak-anak merupakan masa emas pertumbuhan tubuh seseorang. Tidak perlu ragu melatih buah hati Anda rutin tidur siang. Anak yang kebutuhan tidurnya tercukupi cenderung memiliki metabolisme tubuh dan pertumbuhan tubuh lebih optimal dibanding yang kurang waktu tidurnya.
  • Menjaga Kesehatan Mental. Tidak hanya baik bagi kesehatan fisik saja, mental sang anak juga dapat terjaga dengan kebiasaan tidur siang. Kualitas tidur yang baik membuat anak menjadi tidak mudah rewel, gelisah, dan setress karena otak lebih rileks dan tekanan darah stabil.
  • Meningkatkan Daya Kreativitas. Peningkatan fungsi indra tubuh membuat daya kreatifitas anak juga lebih baik.

Durasi tidur siang ideal bagi sang anak adalah satu sampai dua jam. Usahakan waktu tidur siang anak Anda tidak terlambat sampai waktu sore hari. Hal ini akan merusak jam tidur malam anak Anda, tidur malam yang berkualitas juga jauh lebih penting. Suasana kamar yang nyaman dan suhu yang sesuai agar anak nyaman saat tidur siang. Sebaiknya jauhkan barang-barang elektronik dari kamar anak Anda yang dapat mengganggu kualitas tidur siang sang anak. Memberikan pengetahuan pentingnya tidur siang bagi sang anak juga perlu dilakukan jika anak Anda termasuk anak yang susah untuk tidur siang karena terlalu asyik bermain game atau menonton televisi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY