Penurunan Daya Ingat Di Masa Kehamilan

SehatFresh.com – Di awal masa kehamilan, daya ingat dan konsentrasi ibu mungkin mulai menurun tidak setajam biasanya. Belum ada yang mengetahui secara pasti penyebabnya, tapi perubahan fisik yang dialami ibu saat hamil disinyalir adalah penyebab utamanya. Kelelahan selama kehamilan telah diduga turut memengaruhi daya ingat wanita yang tengah hamil terlebih ketika ibu mengalami morning sickness. Dari segi psikologis, beban pikiran tentang kehidupan baru setelah hadirnya buah hati juga ikut berpengaruh sehingga ibu cenderung menjadi pelupa akibat banyak sekali hal yang dipikirkan.

Masalah lupa saat hamil ini dikenal dengan istilah “pregnancy brain.” Para peneliti percaya perubahan hormon yang cenderung fluktuatif selama kehamilan akan berpengaruh pada area otak yang bertanggung jawab terhadap memori. Memori spasial berkaitan dengan wilayah tertentu di otak yang disebut dengan hippocampus. Perubahan hormon saat hamil akan turut berpengaruh pada kinerja wilayah tersebut. Sayangnya, para ilmuwan belum dapat mengidentifikasi mekanisme tertentu dari gangguan memori tersebut.

Sebuah studi di Inggris menyebutkan bahwa ibu hamil semakin sering mengalami kesulitan mengingat posisi suatu benda dan sebagian mengalami penurunan kemampuan mengingat akan berbagai hal di sekitarnya. Kesulitan mengingat tersebut cenderung memburuk menjelang persalinan dan tetap berlangsung setidaknya tiga bulan setelah ibu melahirkan. Penelitian tersebut dilakukan oleh tim peneliti dari Bradford Institute for Health Research di Inggris dengan melibatkan partisipan 23 wanita hamil dan 24 wanita tidak hamil. Pada penelitian tersebut, dilakukan tes dengan bantuan komputer untuk mengukur pemahaman aturan serta kemampuan mengingat pola dan lokasi para partisipannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengingat wanita hamil sangatlah buruk. Penurunan kemampuan mengingat saat hamil tersebut terkait dengan suasana hati serta tingkat ketegangan ibu menjelang waktu persalinan. Hal tersebut menyebabkan dampak hormonal yang berakibat pada penurunan kemampuan memori.

Gangguan memori dan konsentrasi saat menjalani kehamilan tidak selalu pada derajat yang sama pada setiap wanita. Selain akibat perubahan hormon, perbedaan derajat tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti faktor kesehatan mental dan kualitas tidur yang buruk. Ketika ibu sulit mengingat sesuatu, buatlah tubuh dan pikiran ibu serileks mungkin. Untuk memudahkan, ibu bisa membuat perencanaan untuk membantu dalam mengingat hal-hal yang penting. Misalnya, ibu bisa menyimpan catatan janji, acara atau hal penting lainnya di buku catatan atau handphone. Namun yang paling penting, ibu perlu menjaga asupan nutrisi selama kehamilan dan mendapat waktu istirahat yang cukup setiap harinya. Karena apa pun yang mengganggu kesehatan Anda berkaitan dengan gaya hidup Anda.

Sumber gambar : www.carasumber.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY