Penyakit Akibat Gaya Hidup

SehatFresh.com – Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap degenerasi kesehatan di kehidupan masa kini. Bumi sudah sangat tercemar. Sadar atau tidak, kita terkena ribuan racun dan bahan kimia setiap hari di tempat kerja, rumah, di udara, dan dalam makanan yang kita makan dan air yang kita minum. Selain itu, makanan olahan sekarang ini menjadi pilihan karena alasan kepraktisan. Sebagian besar anak-anak remaja menghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi atau layar gadget. Sebagai akibat dari semua ini, obesitas dan penyakit yang dulunya dialami orang tua telah banyak dialami orang-orang muda terkait gaya hidupnya.

Kehidupan modern juga sulit dihindarkan dari stres. Stres memang tidak selalu buruk. Sedikit stres dapat membantu dan memotivasi menyelesaikan pekerjaan dengan potensi terbaik yang dimiliki. Tapi, terlalu banyak stres bisa berakibat serius bagi kesehatan. Stres kronis yang tidak terkendali mengacaukan hampir setiap sistem dalam tubuh, seperti meningkatkan tekanan darah, menekan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, berkontribusi untuk infertilitas, mempercepat proses penuaan, serta membuat Anda lebih rentan terhadap kecemasan dan depresi.

Tubuh kita setiap hari menyerap bahan kimia berbahaya. Deterjen, sabun, shampoo, pasta gigi, kosmetik dan parfum mengandung banyak bahan kimia yang beracun untuk tubuh, beberapa bahkan bersifat karsinogenik. Meskipun tidak langsung menelannya, bahan kimia tersebut diserap oleh kulit. Racun yang terserap semakin lama semakin terakumulasi dan akhirnya memicu penyakit, salah satunya kanker.

Pola hidup tidak sehat seperti merokok, terlalu sering menggunakan alkohol, pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik dan manajemen stres yang buruk merupakan kontributor utama dalam pengembangan dan perkembangan penyakit kronis akibat gaya hidup, seperti obesitas, diabetes tipe 2, hipertensi, penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker. Risiko semakin meningkat dengan semakin seringnya tubuh kita terpapar polusi dan toksin dari lingkungan.

Kabar baiknya, penyakit gaya hidup sangat mungkin dicegah dengan mengadopsi gaya hidup sehat. Jika Anda telah menderita penyakit akibat gaya hidup, berarti Anda sudah harus mulai mengkonsumsi makanan lebih sehat, berolahraga secara teratur, serta berhenti merokok, berhenti minum alkohol, dan berhenti mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Belum terlambat untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Setiap perubahan positif gaya hidup yang dilakukan akan sangat bermanfaat dalam mencegah dan menyembuhkan penyakit akibat gaya hidup yang tidak sehat. Penelitian medis menunjukkan bahwa orang dewasa dengan kondisi kronis yang melakukan modifikasi gaya hidup komprehensif menunjukkan perbaikan klinis yang signifikan dan berkelanjutan dalam hasil pemeriksaan biometrik, laboratorium dan psikososial.

Sumber gambar : csdnews.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY