Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin A

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vitamin A adalah vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin yang bisa didapat dari unsur hewan dan nabati ini banyak sekali berada di sekitar kita, seperti pada wortel, hati sapi, buah melon, dan masih banyak lagi makanan yang mengandung vitamin A yang melimpah. Namun, apa akibatnya jika kita kekurangan vitamin ini pada tubuh? berikut adalah beberapa gangguan dan penyakit yang dapat timbul akibat kekurangan vitamin A ini:

  • Kekurangan Vitamin A pada mata. Vitamin ini memang sudah terkenal dengan fungsinya untuk membantu kesehatan mata, kemudian apa yang akan terjadi pada kesehatan mata jika kekurangan vitamin A? Kurangnya vitamin A dapat menyebabkan mata menjadi sangat kering, menyebabkan ulkus kornea yaitu terdapatnya luka pada lapisan kornea yang paling luar, kurangnya vitamin ini pun dapat menyebabkan kerusakan pada retina yang memberikan kontribusi pada kebutaan. Selain itu penyakit yang timbul akibat mata kekurangan vitamin A adalah rabun jauh, rabun dekat, katarak, dan menurunnya daya penglihatan.
  • Kekurangan vitamin A terhadap usus. Vitamin A ternyata tidak hanya bagus untuk kesehatan mata, pada bagian usus pun vitamin ini mempunyai peran dan berpengaruh untuk menjaga dinding usus, fungsi usus adalah untuk menyerap air dan nutrisi, jika dindingnya rusak akibat kurangnya vitamin A, maka ini akan menyebabkan infeksi saluran kemih karena air yang dapat diserap usus tidak maksimal.
  • Kekurangan vitamin A terhadap rendahnya berat badan bayi saat dilahirkan. Vitamin A ternyata juga berpengaruh pada kelahiran bayi karena vitamin ini sangat penting untuk perkembangan bayi di dalam kandungan. Berat bayi yang dilahirkan karena ibu kekurangan vitamin A adalah kurang dari 2,5kg, bayi dengan berat kurang dari 2,5kg dapat menimbulkan beberapa gangguan seperti kondisi bayi akan lemah dan mudah letih, dalam perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor bayi akan berkembang lebih lambat, mengalami gangguan pada fungsi-fungsi tubuh, mengalami rabun senja dan gangguan pada mata, dan dapat mengalami gangguan kornea.
  • Kekurangan vitamin A pada kulit. Kulit adalah pelindung tubuh paling luar, pada bagian ini vitamin A juga berguna untuk membantu sel untuk menghasilkan kelenjar lendir. Kekurangan vitamin A maka akan mengurangi kemampuan sel untuk menghasilkan kelenjar lendir dan mengakibatkan kulit menjadi kering dan kasar, jika terdapat luka pada kulit maka akan sulit sembuh, dan untuk tingkat yang lebih akut adalah kulit menjadi pecah-pecah.
  • Kekurangan vitamin A terhadap sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga dapat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh meskipun masih belum diketahui secara pasti bagaimana mekanismenya. Salah satu bentuk aktif dari vitamin A adalah Retinol, ini yang diperkirakan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan diferensiasi limfosit B, yaitu leukosit yang berperan dalam proses kekebalan humoral. Kurangnya vitamin A pada sistem imun dapat menurunkan respon antibodi, ini pun bergantung pada limfosit T yaitu sel yang berperan dalam imunitas seluler. Bebrapa penyakit yang mungkin muncul akibat kekurangan vitamin A terhadap sistem kekebalan tubuh adalah pusing, batuk, flu, mudah lelah, demam, dan untuk tingkat yang lebih parah tubuh dapat terserang penyakit-penyakit kronis.

Dilihat dari berbagai gangguan dan penyakit yang dapat timbul dari kekurangan vitamin A diatas maka tidak ada alasan lagi untuk kita untuk tidak mengkonsumsi vitamin A yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dimana rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 5000 IU vitamin A dalam sehari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY