PENYAKIT BUERGER

DEFINISI

Penyakit Buerger (thromboangiitis obliterans) adalah penyakit langka yang terjadi pada arteri dan vena di lengan dan kaki. Pada penyakit Buerger, pembuluh darah menjadi meradang, membengkak dan bisa terhambat akibat darah yang membeku (trombus). Hal ini pada akhirnya merusak atau menghancurkan jaringan kulit dan dapat menyebabkan infeksi dan gangren. Penyakit Buerger biasanya muncul pertama kali di tangan dan kaki dan akhirnya dapat mempengaruhi area yang lebih besar dari lengan dan kaki.

Penyakit Buerger jarang terjadi di Amerika Serikat, tapi lebih sering terjadi di Timur Tengah dan Timur Jauh. Penyakit Buerger biasanya mempengaruhi laki-laki yang berusia dibawah 40 tahun, penyakit ini juga mulai umum terjadi pada wanita.

Hampir semua orang yang didiagnosis mengidap penyakit Buerger merokok atau menggunakan bentuk lain dari tembakau, seperti mengunyah tembakau. Berhenti mengonsumsi segala bentuk tembakau adalah satu-satunya cara untuk menghentikan penyakit Buerger. Bagi mereka yang tidak berhenti, amputasi seluruh atau sebagian anggota tubuh mungkin diperlukan.

GEJALA

Gejala penyakit Buerger meliputi :

  • Nyeri yang mungkin datang dan pergi pada kaki atau lengan dan tangan. Nyeri ini biasanya terjadi ketika Anda menggunakan tangan atau kaki dan nyeri ini mulai meringan ketika Anda berhenti melakukan aktivitas itu (klaudikasio).
  • Peradangan sepanjang vena di bawah permukaan kulit (karena gumpalan darah di pembuluh darah).
  • Jari tangan dan kaki yang berubah pucat saat ada paparan dengan sesuatu yang dingin (fenomena Raynaud).
  • Luka terbuka yang menyakitkan pada jari-jari tangan dan jari kaki.

Kapan Anda Harus ke Dokter?

Temui dokter Anda jika Anda merasa memiliki tanda-tanda atau gejala penyakit Buerger.

PENYEBAB

Tidak jelas apa yang menjadi pemicu penyakit Buerger. Ada kemungkinan bahwa beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik terhadap penyakit ini. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan di arteri dan vena pada lengan dan kaki. Sel-sel yang menyebabkan terjadinya peradangan dan pembengkakan – dan akhirnya pembekuan darah – pada tangan dan kaki Anda dan dapat menghambat aliran darah ke bagian-bagian tubuh Anda.

Berkurangnya aliran darah mengakibatkan jaringan kulit di tangan dan kaki tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup. Hal ini menyebabkan berkembangnya tanda-tanda dan gejala penyakit Buerger, dimulai dengan rasa nyeri dan rasa lemah pada  jari tangan dan jari kaki dan menyebar ke bagian lain dari lengan dan kaki.

FAKTOR RISIKO

Merokok sangat meningkatkan risiko seseorang terhadap penyakit Buerger. Perokok berat (orang-orang yang merokok satu setengah bungkus sehari atau lebih) adalah yang paling mungkin untuk mengidap penyakit Buerger ini, meskipun dapat terjadi pada orang yang menggunakan tembakau dalam bentuk lainnya, termasuk cerutu dan mengunyah tembakau. Orang yang merokok dengan tangan yang menggunakan tembakau mentah mungkin memiliki risiko terbesar untuk mengidap penyakit Buerger.

Tidak jelas bagaimana penggunaan tembakau dapat meningkatkan risiko penyakit Buerger, tapi hampir semua orang yang didiagnosis mengidap penyakit Buerger menggunakan tembakau. Diperkirakan bahwa bahan kimia dalam tembakau dapat mengiritasi lapisan pembuluh darah, menyebabkannya membengkak. Tingkat penyakit Buerger tertinggi ada di wilayah Timur Jauh dan Timur Tengah dimana populasinya ummnya perokok berat.

Meskipun asap rokok tidak dianggap sebagai faktor risiko utama untuk penyakit Buerger, jika Anda didiagnosis mengidap ini, Anda harus tinggal jauh dari orang-orang yang merokok. Asap rokok dapat memperburuk kondisi Anda.

Penyakit gusi kronis

Infeksi jangka panjang pada gusi juga dikaitkan dengan perkembangan penyakit Buerger.

Komplikasi

Jika penyakit Buerger memburuk, aliran darah ke tangan dan kaki akan menurun. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan yang membuat darah sulit untuk mencapai ujung jari tangan dan jari kaki Anda. Jaringan yang tidak menerima suplai darah tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Hal ini dapat menyebabkan kulit dan jaringan pada ujung jari tangan dan jari kaki mengalami kelumpuhan (gangren). Tanda dan gejala ganggren meliputi kulit hitam atau biru, mati rasa pada jari tangan atau jari kaki yang terkena, dan bau busuk dari daerah yang terkena. Gangren adalah kondisi serius yang biasanya membutuhkan amputasi jari tangan atau jari kaki yang terkena.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Anda dapat menemui dokter keluarga Anda terlebih dahulu atau penyedia perawatan primer, yang pada akhirnya Anda mungkin akan direkomendasikan untuk menemui dokter spesialis penyakit pembuluh darah (jantung).

Apa yang dapat Anda lakukan?

Agar konsultasi Anda dengan dokter berlangsung efektif, persiapkanlah diri Anda sebelumnya dengan informasi dan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter.

  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan penyakit Buerger.
  • Tuliskan informasi penting tentang pribadi Anda, termasuk apakah Anda pernah merokok, dan berapa bungkus rokok yang Anda habiskan dalam sehari, atau jika Anda sudah pernah mengalami kecelakaan berulang yang merusak tangan atau kaki, seperti menggunakan bor atau alat getar lainnya.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, serta setiap vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi.
  • Ajaklah anggota keluarga atau teman bersama Anda, jika memungkinkan. Kadang-kadang Anda bisa kesulitan untuk menyerap semua informasi yang diberikan selama konsultasi. Seseorang yang menyertai Anda mungkin ingat sesuatu yang Anda keliru atau lupa.
  • Tuliskan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter.

Beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan meliputi :

  • Apa yang kemungkinan penyebab dari gejala atau kondisi saya?
  • Selain penyebab yang paling mungkin, apa kemungkinan penyebab lain dari gejala atau kondisi yang saya alami?
  • Apa jenis tes yang saya butuhkan?
  • Apakah kondisi saya kemungkinan hanya sementara atau kronis?
  • Apa pengobatan terbaik untuk gejala saya?
  • Apa saja alternatif untuk pendekatan utama yang Anda sarankan?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana caranya agar saya dapat mengatasi kondisi-kondisi tersebut dengan baik?
  • Apakah ada pembatasan yang perlu saya ikuti?
  • Haruskah saya menemui seorang dokter spesialis? Berapa biaya yang diperlukan untuk itu, dan akankah asuransi saya dapat mengatasi biaya untuk menemui seorang spesialis itu? (Anda mungkin perlu untuk memeriksa langsung kepada penyedia asuransi Anda untuk informasi ini)
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang bisa saya bawa pulang? Website apa yang Anda sarankan untuk saya kunjungi?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda siapkan, jangan ragu untuk bertanya hal lain yang ingin Anda ketahui selama konsultasi berlangsung.

Apa yang dapat Anda harapkan dari dokter?

Dokter Anda mungkin akan bertanya :

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Apakah gejala Anda terjadi terus-menerus atau sesekali?
  • Seberapa parah gejala yang Anda alami?
  • Apakah ada sesuatu yang tampaknya dapat meringankan gejala Anda?
  • Apakah ada yang tampaknya memperburuk gejala Anda?
  • Apakah Anda menggunakan tembakau dalam bentuk apapun sekarang atau apakah Anda pernah menggunakannya?
  • Apakah jari Anda berubah warna saat merespon dingin?
  • Apakah Anda pernah mengalami kecelakaan berulang akibat alat tertentu pada daerah yang terkena?

TES DAN DIAGNOSIS

Meskipun tidak ada tes yang dapat mengkonfirmasi apakah Anda mengidap penyakit Buerger, dokter mungkin akan menyarankan tes untuk menyingkirkan kondisi yang lebih umum lainnya atau mengkonfirmasi dugaan penyakit Buerger yang disebabkan oleh tanda-tanda dan gejala. Tes tersebut mungkin meliputi :

Tes darah

Tes darah untuk mencari zat tertentu agar dapat mengesampingkan kondisi lain yang dapat menyebabkan tanda-tanda dan gejala yang sama. Misalnya, tes darah dapat membantu menyingkirkan kondisi skleroderma, lupus, gangguan pembekuan darah dan diabetes, serta penyakit dan kondisi lainnya.

Tes Allen

Dokter dapat melakukan tes sederhana yang disebut tes Allen untuk memeriksa aliran darah melalui arteri yang membawa darah ke tangan. Dalam tes Allen, Anda membuat kepalan yang kuat, yang dapat memaksa darah keluar dari tangan Anda. Dokter akan menekan arteri di setiap sisi pergelangan tangan Anda untuk memperlambat aliran darah kembali ke tangan, membuat tangan Anda kehilangan warna normalnya. Selanjutnya, Anda membuka tangan Anda dan dokter akan melepaskan tekanan pada satu arteri, kemudian yang lain. Seberapa cepat warna normal tangan Anda kembali dapat memberikan indikasi umum tentang kesehatan arteri Anda. Aliran darah yang lambat ke tangan Anda mungkin mengindikasikan masalah, seperti penyakit Buerger.

Angiogram

Angiogram, juga disebut arteriogram, dapat membantu untuk melihat kondisi arteri Anda. Sebuah cairan khusus disuntikkan ke dalam arteri, setelah itu Anda menjalani tes sinar-X atau tes pencitraan lainnya. Pewarna dapat membantu untuk menggambarkan setiap penyumbatan arteri yang muncul pada gambar. Dokter Anda mungkin akan melakukan tes angiogram pada kedua lengan dan kaki Anda – bahkan jika Anda tidak memiliki tanda-tanda dan gejala penyakit Buerger di semua anggota badan Anda. Penyakit Buerger hampir selalu mempengaruhi lebih dari satu anggota badan, jadi meskipun Anda mungkin tidak memiliki tanda-tanda dan gejala pada anggota badan yang lain, tes ini dapat mendeteksi tanda-tanda awal kerusakan pada pembuluh.

Perawatan dan Obat-obatan

Meskipun tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit Buerger, cara yang paling efektif untuk menghentikan perkembangan penyakit ini adalah dengan berhenti menggunakan semua produk tembakau. Bahkan menghisap beberapa batang rokok sehari saja dapat memperburuk penyakit Anda.

Dokter dapat memberi saran kepada Anda dan merekomendasikan obat untuk membantu Anda agar dapat berhenti merokok dan menghentikan pembengkakan di pembuluh darah Anda. Anda harus menghindari produk pengganti nikotin karena produk tersebut mengandung nikotin, yang menimbulkan penyakit Buerger; ada produk non-nikotin yang dapat Anda gunakan. Jika penyakit ini masih muncul, dokter dapat memeriksa urin Anda untuk mengidentifikasi nikotin untuk melihat apakah Anda masih merokok.

Pilihan lain adalah program berhenti merokok. Dalam program ini, Anda tinggal di sebuah fasilitas perawatan, kadang-kadang rumah sakit, untuk beberapa hari atau minggu. Selama waktu itu Anda berpartisipasi dalam sesi konseling sehari-hari dan kegiatan lain untuk membantu mengatasi keinginan Anda untuk merokok dan membantu Anda belajar untuk hidup bebas tembakau.

Pengobatan lain

Ada beberapa pendekatan pengobatan lain tetapi kurang efektif. Pilihan tersebut meliputi :

  • Obat untuk melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah atau melarutkan darah yang membeku
  • Kompresi intermiten pada lengan dan kaki untuk meningkatkan aliran darah ke anggota tubuh (ekstremitas) Anda
  • Stimulasi medula spinalis
  • Pembedahan untuk memotong saraf ke daerah yang terkena (bedah simpatektomi) untuk membantu mengatasi rasa sakit dan meningkatkan aliran darah, meskipun prosedur ini kontroversial
  • Obat untuk merangsang pertumbuhan pembuluh darah baru (terapi angiogenesis), pendekatan yang dianggap eksperimental oleh kebanyakan ahli
  • Amputasi, jika infeksi atau gangren terjadi

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Jaga jari tangan dan jari-jari kaki, jika Anda mengidap penyakit Buerger. Periksa kulit pada lengan dan kaki setiap hari terhadap luka dan goresan, waspada jika Anda telah mengalami mati rasa pada jari tangan atau jari kaki, misalnya, ketika Anda tidak sengaja melukai jari Anda. Jauhkan jari tangan dan jari kaki Anda yang sedang mengalami proses penyembuhan dan hindarkan dari paparan dingin.

Aliran darah yang rendah ke ekstremitas berarti tubuh Anda tidak dapat melawan infeksi dengan mudah. Luka kecil dan goresan dapat dengan mudah berubah menjadi infeksi serius. Bersihkan setiap luka dengan sabun dan air, oleskan salep antibiotik, dan tutupi dengan perban yang bersih. Jagalah setiap luka atau goresan untuk memastikannya mengalami penyembuhan dengan baik. Jika luka atau goresan memburuk atau mengalami peyembuhan yang lambat, segeralah pergi ke dokter.

Kunjungi dokter gigi secara teratur untuk memastikan gusi dan gigi tetap sehat dan terhindar dari penyakit gusi, yang dalam bentuk kronis memiliki kaitan dengan penyakit Buerger.