Penyakit Dan Gangguan Pada Otak

SehatFresh.com – Otak adalah pusat kontrol tubuh, yang juga merupakan bagian dari sistem saraf, selain sumsum tulang belakang dan jaringan besar saraf dan neuron. Bersama-sama, sistem saraf mengontrol segala sesuatu terkait panca indera untuk otot-otot di seluruh tubuh. Ketika otak rusak, maka dapat memengaruhi berbagai hal termasuk memori, sensasi dan bahkan kepribadian. Gangguan otak mencakup kondisi atau cacat yang memengaruhi otak. Ini termasuk kondisi-kondisi yang disebabkan oleh penyakit, genetika atau cedera traumatis.

  • Cedera otak

Cedera otak biasanya disebabkan oleh trauma benda tumpul. Trauma dapat merusak jaringan otak, neuron, dan saraf. Kerusakan ini memengaruhi kemampuan otak untuk berkomunikasi dengan seluruh bagian tubuh. Contoh cedera otak meliputi hematoma, pembekuan darah, gegar otak, stroke, dan bengkak di dalam tengkorak (edema serebral). Tergantung pada jenis cedera, pengobatan mungkin termasuk obat-obatan, rehabilitasi atau operasi.

  • Tumor otak

Kadangkala, tumor yang terbentuk di otak bisa sangat berbahaya (tumor otak primer). Dalam kasus lain, kanker di tempat lain di tubuh menyebar ke otak (tumor otak sekunder atau metastasis). Tumor otak dapat berupa sel ganas (kanker) atau jinak (bukan kanker). Dokter mengklasifikasikan tumor otak dengan angka 1, 2, 3 atau 4. Angka yang lebih tinggi menunjukkan tumor yang lebih agresif. Penyebab tumor otak sebagian besar tidak diketahui. Pengobatan akan tergantung pada sejumlah faktor seperti ukuran tumor, usia dan kesehatan secara keseluruhan. Jenis utama dari pengobatan untuk tumor otak adalah operasi, kemoterapi (obat-obatan) dan terapi radiasi.

  • Penyakit neurodegeneratif

Penyakit neurogeneratif menyebabkan otak dan saraf memburuk dari waktu ke waktu. Penyakit ini dapat mengubah kepribadian, menyebabkan kebingungan serta merusak jaringan otak dan saraf. Salah satu contohnya adalah penyakit Alzheimer, yang perlahan-lahan dapat mengganggu memori dan proses berpikir. Penyakit neurodegeneratif lainnya termasuk penyakit Huntington, amyotrophic lateral sclerosis, penyakit Parkinson dan semua bentuk demensia. Penyakit neurodegeneratif menyebabkan kerusakan permanen, sehingga gejala cenderung memburuk seiring waktu.

  • Gangguan mental

Gangguan mental atau penyakit mental adalah kondisi yang memengaruhi pola perilaku. Beberapa gangguan mental yang umum adalah depresi, kecemasan, gangguan bipolar, gangguan stres pasca-trauma dan skizofrenia. Gejala-gejala gangguan mental bervariasi berdasarkan kondisi. Dua jenis utama dari pengobatan untuk gangguan mental adalah obat dan psikoterapi.

Keberhasilan penyembuhan kondisi yang berkaitan dengan gangguan otak akan tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa kondisi mungkin mudah diobati dengan obat dan terapi. Di sisi lain, beberapa penyakit neurodegeneratif dan cedera otak traumatis belum ada obatnya. Orang dengan kondisi ini sering menghadapi perubahan permanen dalam perilaku, kemampuan mental atau koordinasi. Dalam kasus ini, pengobatan difokuskan untuk membantu pasien belajar untuk hidup dengan penyakitnya.

Sumber gambar : www.referensisehat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY