Penyakit Deteriorasi Tulang

SehatFresh.com – Tubuh manusia dewasa terdiri dari 206 tulang. Tulang-tulang tersebut menyediakan struktur dukungan yang bekerja sama dengan otot guna memungkinkan tubuh untuk bergerak dan berfungsi setiap hari. Untuk membangun tulang yang kuat dan menangkal keropos tulang, penting bagi seseorang untuk mendapatkan kalsium dan vitamin D yang mencukupi serta melakukan olahraga. Gizi buruk, faktor genetik dan penyakit kronis merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan tulang, yang pada gilirannya menyebabkan penyakit deteriorasi (kemerosotan) dan degenerasi (kemunduran) tulang, seperti :

  • Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan penurunan kepadatan mineral tulang dan deteriorasi tulang, yang menyebabkan tulang menjadi rapuh, yang pada gilirannya meningkatkan risiko patah tulang. Osteoprosis paling sering memengaruhi tulang di pinggul, tulang belakang dan pergelangan tangan. Meskipun osteoporosis terlihat lebih sering terjadi pada wanita, baik wanita maupun pria sama-sama berisiko terhadap penyakit ini.

Sejatinya, tubuh akan memecah tulang tua dan menggantinya dengan tulang baru. Jika Anda memiliki osteoporosis, tulang akan dipecah lebih cepat daripada penggantiannya. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya aktivitas fisik, asupan kalsium yang tidak memadai, genetika, merokok atau obat-obatan tertentu. Jika osteoporosis tidak diobati, patah tulang dapat terjadi ketika Anda terjatuh, mengangkat sesuatu, bersin, batuk atau membungkuk dan memutar tubuh selama kegiatan sehari-hari. Akibatnya, tubuh bisa mengalami kecacatan.

  • Osteogenesis imperfecta

Osteogenesis imperfecta adalah gangguan tulang genetik yang membuat tulang menjadi mudah patah secara tidak normal. Menurut Osteogenesis Imperfecta Foundation, sebagian besar kasus osteogenesis imperfecta disebabkan oleh mutasi dominan pada gen kolagen tipe 1. Batang kolagen abnormal pada tulang adalah yang menyebabkan perubahan dalam struktur ketahanan tulang normal. Mutasi dalam DNA dari gen yang bertanggung jawab untuk menciptakan serat kolagen dan kolagen, menghambat mekanisme penguatan kapasitas tulang secara normal.

  • Multiple Myeloma

Multiple myeloma adalah penyakit yang menyebabkan kerusakan tulang. Menurut International Myeloma Foundation, multiple myeloma adalah kanker sumsum tulang yang memengaruhi plasma atau sel yang memproduksi antibodi (sejenis sel darah putih). Situs Mayo Clinic menyatakan bahwa multiple myeloma tidak menular dan faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terserang penyakit ini, termasuk menjadi seorang laki-laki Afrika-Amerika, berusia lebih dari 50 tahun dan obesitas.

Penyakit ini disebut multiple myeloma karena berkembang di beberapa lokasi di seluruh tulang. Gejala awal umum dari penyakit ini meliputi nyeri tulang di belakang, panggul, tulang rusuk atau tengkorak, patah tulang, kelemahan atau kelelahan, penurunan berat badan dan sering infeksi.

Sumber gambar : obatpenyempitantulangbelakang.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY