Penyakit Gusi Dan Kanker Payudara Pada Wanita

SehatFresh.com – Penyakit gusi, yang juga disebut penyakit periodontal, dapat berkisar dari peradangan gusi ringan (gingivitis) hingga periodontitis, yaitu peradangan atau infeksi pada jaringan penyangga gigi. Jika periodontitis tidak diobati, gigi dapat menjadi longgar dan harus dicabut. Sebuah studi baru-baru ini mengklaim bahwa wanita yang telah mencapai tahap menopause dan menderita segala bentuk penyakit gusi berisiko lebih tinggi menderita kanker payudara. Peneliti berpendapat bahwa bakteri yang hadir dalam mulut juga dapat mulai memengaruhi jaringan payudara jika masuk ke dalam sistem peredaran darah.

Studi terbaru tersebut diterbitkan dalam jurnal “Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention”  pada Desember 2015. Penelitian ini merupakan bagian dari Women’s Health Initiative (WHI). Mereka tenganh mencari hubungan antara kesehatan, diet, gaya hidup, dan faktor genetik dan masalah kesehatan, seperti kanker.

Dalam penelitian itu, para peneliti memantau 73.737 wanita pascamenopause di WHI yang tidak pernah didiagnosis kanker payudara. Sekitar 26% dari para wanita melaporkan memiliki penyakit gusi. Setelah kurang lebih 6,5 tahun, 2.124 para wanita telah didiagnosis dengan kanker payudara. Secara keseluruhan, risiko kanker payudara adalah 14% lebih tinggi pada wanita yang memiliki penyakit gusi dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki penyakit gusi.

Karena studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa efek dari penyakit gusi bisa lebih parah jika seseorang merokok, para peneliti juga membagi para wanita tersebut ke dalam beberapa kelompok berdasarkan riwayat merokoknya :

  • Di antarawanita yang telah berhentimerokokdalam20tahun terakhir, wanita denganpenyakit gusimemiliki risiko36% lebih tinggi terkena kanker payudara daripada wanita yangtidak memilikipenyakit gusi.
  • Di antara wanitayang tidak pernah merokok, wanitadenganpenyakit gusimemiliki risiko6% lebih tinggi terkena kanker payudara daripada wanita yangtidak memilikipenyakit gusi.
  • Di antarawanita yangtelahberhenti merokoklebih dari20tahun yang lalu, wanita denganpenyakit gusimemilikirisiko8% lebih tinggiterkenakanker payudaradaripada wanitayang tidak memilikipenyakit gusi.

Ada beberapa alasan mengapa penyakit gusi ada kaitannya dengan kanker payudara. Pertama, bakteri dalam mulut dapat masuk ke aliran darah ketika menyikat gigi, flossing, dan mengunyah makanan. Meskipun tubuh dapat membersihkan bakteri dengan cepat, paparan kumulatif bisa berpengaruh pada jaringan payudara. Kedua, peradangan pada salah satu bagian tubuh (seperti gusi) mungkin berdampak pada penyakit lainnya.

Kebersihan mulut seringkali dianggap enteng oleh sebagian besar orang. Padahal, akibat tidak menjaga kebersihan mulut ini bisa serius. Tidak hanya kanker payudara, tetapi ada begitu banyak masalah kesehatan lainnya yang bisa timbul ketika kebersihan mulut diabaikan. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan untuk rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi selain menerapkan rutinitas harian kebersihan mulut yang baik.

Sumber gambar : weswaras.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY