Penyakit Jantung Bawaan pada Orang Dewasa

Definisi
Penyakit jantung bawaan (cacat jantung bawaan) adalah kelainan pada struktur jantung yang dibawa sejak lahir. Walaupun penyakit jantung bawaan sering dianggap sebagaikondisi pada masa kanak-kanak, kemajuan dalam pengobatan bedah sangat berarti bagi bayiyang sekarat karena penyakit jantung bawaan dapat bertahan hidup hingga dewasa.

Karena kemajuan medis telah membaik, banyak orang dewasa dengan penyakit jantung bawaan mungkin tidak mendapatkan perawatan tindak lanjut yang tepat. JikaAnda memiliki cacat jantung bawaan yang diobati saat bayi, Anda mungkin masihmemerlukan perawatan saat dewasa. Cari tahu apakah dan kapan Anda harusmemeriksakannya dengan dokter Anda, jika Anda cenderung memiliki komplikasi, atau jikaAnda berisiko lebih besar dari masalah jantung lainnya saat dewasa.

Gejala
Gejala atau tanda-tanda penyakit jantung bawaan mungkin tidak muncul sampai di kemudian hari. Mereka mungkin kambuh bertahun-tahun setelah Anda menjalani pengobatan untuk kelainan jantung. Beberapa gejala penyakit jantung bawaan yang umum yang mungkin Anda miliki saat dewasa meliputi:

  • Irama jantung abnormal (aritmia)
  • Warna kebiru-biruan pada kulit (sianosis)
  • Sesak napas
  • Lelah dengan cepat saat olahraga
  • Pusing atau pingsan
  • Pembengkakan jaringan tubuh atau organ (edema)

Kapan Anda harus ke dokter?
Jika Anda mengalami gejala-gejala yang mengkhawatirkan, seperti nyeri dada atau sesak napas berat, carilahperhatian medis darurat segera.

Jika Anda memiliki salah satu tanda-tanda atau gejala penyakit jantung bawaan atau dirawat karena cacat jantung bawaan saat bayi, buatlah janji untuk konsultasi dengan dokter Anda.

Penyebab
Bagaimana jantung bekerja?
Jantung dibagi menjadi empat ruang hampa, dua di kanan dan dua di sebelah kiri. Dalam melaksanakan pekerjaan dasar – memompa darah ke seluruh tubuh – jantung menggunakan sisi kiri dan kanan untuk tugas yang berbeda.

Sisi kanan jantung menyalurkan darah ke paru-paru melalui pembuluh yang disebut arteri pulmonalis. Di paru-paru, darah mengambil oksigen dan kemudian kembali ke sisi kiri jantung melalui pembuluh darah paru. Sisi kiri jantung kemudian memompa darah melalui aorta dan keluar ke seluruh tubuh.

Bagaimana cacat jantung berkembang?
Kebanyakan cacat jantung berkembang ketika bayi masih dalam kandungan. Selama bulan pertama kehamilan, jantung janin mulai berdetak. Pada titik ini, jantung ini hanya samar-samar berbentuk tabung. Segera struktur yang akan membentuk kedua sisi jantung dan pembuluh darah besar yang membawa darah masuk dan keluar dikembangkan.

Biasanya pada saat ini dalam perkembangan bayi yang cacat jantung dapat mulai berkembang. Para peneliti tidak tahu persis apa yang menyebabkan cacat itu muncul, kemungkinan akibat beberapa kondisi medis, obat-obatan dan genetika.

Mengapa penyakit jantung bawaan muncul kembali saat dewasa?
Beberapa orang dewasa mungkin menemukan bahwa masalah cacat jantung mereka muncul di kemudian hari, bahkan jika mereka telah dirawat di masa kanak-kanak. Hal ini karena cacat jantung jarang dapat disembuhkan – mereka sering diperbaiki, sehingga fungsi jantung Anda akan meningkat, tetapi tidak sepenuhnya normal.

Ada banyak alasan mengapa cacat jantung muncul kembali saat dewasa. Dalam beberapa kasus, pengobatan yang Anda terima di masa kecil mungkin telah berhasil, tapi masalahnya memburuk di kemudian hari. Ada juga kemungkinan bahwa ada masalah di dalam jantung, yang tidak cukup serius diperbaiki ketika masih kecil, telah memburuk dan sekarang memerlukan pengobatan.

Ada komplikasi lain dari operasi pada masa kanak-kanak untuk memperbaiki penyakit jantung bawaan yang dapat terjadi di kemudian hari. Banyak perawatan untuk memperbaiki cacat jantung dapat meninggalkan jaringan parut pada sisi belakang jantung yang menyebabkan peningkatan terhadap kemungkinan terjadinya irama jantung yang abnormal (aritmia).

Faktor Risiko
Penyakit jantung bawaan sering diakibatkan oleh adanya masalah di awal perkembangan Anda, sering sebelum lahir. Faktor risiko lingkungan dan genetik tertentu mungkin memainkan peran dalam pengembangan kelainan jantung. Mereka termasuk:

  • Campak Jerman (rubella). Jika ibu Anda memiliki rubella saat hamil, ini bisa mempengaruhi perkembangan jantung Anda.
  • Kencing manis. Jika ibu Anda memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2, itu mungkin mempengaruhi perkembangan jantung Anda. Diabetes gestational umumnya tidak meningkatkan risiko mengembangkan cacat jantung.
  • Obat. Mengonsumsi obat-obatan tertentu saat hamil diketahui menyebabkan cacat lahir, termasuk cacat jantung bawaan.
    Obat-obatan yang meningkatkan risiko termasuk obat isotretinoin (Amnesteem, Claravis, dan lain-lain), yang digunakan untuk mengobati jerawat, dan lithium, yang digunakan untuk mengobati gangguan bipolar, suatu kondisi yang menyebabkan perubahan suasana hati intens atau hypomania. Minum alkohol saat hamil juga dapat berkontribusi pada risiko cacat jantung.
  • Keturunan. Penyakit jantung bawaan tampaknya dapat menyebar dalam keluarga dan berhubungan dengan banyak sindrom genetik.

Sebagian anak-anak dengan sindrom Down – yang disebabkan oleh kromosom 21 ekstra (trisomi 21) – memiliki cacat jantung. Sebuah bagian yang hilang (penghapusan) dari materi genetik pada kromosom 22 juga menyebabkan cacat jantung. Pengujian genetik dapat mendeteksi gangguan tersebut selama perkembangan bayi.

Komplikasi
Komplikasi penyakit jantung bawaan mungkin tidak berkembang hingga beberapa tahun setelah pengobatan awal. Karena tingkat keparahan penyakit jantung bawaan bervariasi, berbagai kemungkinan komplikasinya juga bervariasi. Namun, beberapa masalah umum atau komplikasi yang bisa terjadi pada usia dewasa meliputi:

  • Irama jantung abnormal (aritmia). Masalah irama jantung (aritmia) terjadi ketika impuls listrik di jantung yang mengkoordinasikan detak jantung tidak berfungsi dengan baik, menyebabkan jantung berdetak terlalu cepat, terlalu lambat atau tidak teratur. Masalah irama jantung adalah masalah yang umum pada penderita penyakit jantung bawaan.
    Hal ini dikarenakan kelainan jantung mengganggu impuls listrik normal atau karena operasi korektif sebelumnya meninggalkan jaringan parut yang dapat menyebabkan aritmia.
    Pada beberapa orang, aritmia ini dapat menjadi parah, bahkan menyebabkan kematian jantung mendadak jika tidak ditangani dengan baik. Pengobatan tersedia untuk aritmia, jadi penting bagi Anda untuk mencari perawatan tindak lanjut yang sesuai.
  • Infeksi jantung (endokarditis). Di dalam jantung ada empat kamar dan empat katup, yang dilapisi oleh selaput tipis yang disebut endokardium. Endokarditis adalah infeksi lapisan dalam ini.
    Endokarditis umumnya terjadi ketika bakteri atau kuman lain dari bagian lain dari tubuh, seperti mulut, memasuki aliran darah dan tersangkut di dalam jantung. Jika tidak diobati, endokarditis dapat merusak atau menghancurkan katup jantung atau memicu stroke. Jika Anda memiliki katup jantung prostetik atau jantung Anda diperbaiki dengan bahan prostetik, atau jika cacat jantung Anda tidak benar-benar diperbaiki, dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk menurunkan risiko terkena endokarditis.
  • Stroke. Stroke terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian dari otak Anda terganggu atau berkurang secara signifikan, merampas oksigen dan nutrisi dari jaringan otak.
    Beberapa cacat jantung bawaan meningkatkan risiko stroke karena koneksi abnormal pada jantung menyebabkan bekuan darah dari vena melewati hati dan menyebar ke otak Anda. Aritmia jantung tertentu juga dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk mengalami pembentukan bekuan darah yang dapat memicu stroke.
  • Gagal jantung. Gagal jantung, juga dikenal sebagai gagal jantung kongestif, berarti jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Beberapa jenis penyakit jantung bawaan dapat menyebabkan gagal jantung.
    Seiring waktu, kondisi tertentu seperti penyakit arteri koroner atau tekanan darah tinggi secara bertahap melemahkan kekuatan jantung, membuatnya terlalu lemah atau terlalu kaku untuk mengisi dan memompa secara efisien.
    Obat dapat meningkatkan tanda-tanda dan gejala gagal jantung kronis dan dapat meningkatkan kelangsungan hidup. Perubahan gaya hidup – seperti berolahraga, makan makanan dengan sedikit garam (sodium), menangani stres dan kehilangan berat badan yang berlebih – juga dapat membantu mencegah penumpukan cairan dan meningkatkan kualitas hidup Anda.
  • Hipertensi pulmonal. Ini adalah jenis tekanan darah tinggi yang hanya mempengaruhi arteri di paru-paru.
    Beberapa cacat jantung bawaan dapat menyebabkan lebih banyak darah mengalir ke paru-paru, sehingga meningkatkan tekanan. Saat tekanan terjadi, ruang kanan bawah jantung (ventrikel kanan) harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui paru-paru, akhirnya menyebabkan otot jantung melemah dan kadang-kadang gagal. Jika masalah ini tidak ditemukan sedini mungkin, kerusakan arteri paru-paru permanen dapat terjadi.
  • Masalah katup jantung. Pada beberapa jenis penyakit jantung bawaan, katup jantung berada pada tingkat abnormal.
    Beberapa cacat jantung mungkin hanya masalah kecil saat awal kelahiran, tetapi dapat menyebabkan masalah di masa dewasa. Dalam kasus lain, katup yang sudah diperbaiki atau diganti di masa kecil mungkin memerlukan operasi lebih lanjut saat dewasa. Jenis lain dari perawatan bedah atau berbasis kateter dilakukan di masa kecil juga mungkin memerlukan prosedur berulang di kemudian hari.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Jika Anda mengetahui bahwa Anda memiliki kondisi jantung yang telah didiagnosis sebelumnya dan belum menerima perawatan lanjutan atau jika Anda berpikir Anda mungkin telah mengembangkan komplikasi dari kelainan jantung yang pernah didiagnosis sebelumnya, buatlah janji untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Anda mungkin akan dirujuk ke dokter yang terlatih dalam mendiagnosis dan mengobati kondisi jantung (kardiolog).

Karena konsultasi berlangsung singkat, dan karena sering ada banyak hal yang akan dibahas, merupakan ide yang baik untuk mempersiapkan janji pertemuan Anda. Berikut ini beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk janji pertemuan Anda, dan apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Mengetahui setiap pembatasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan di muka, seperti membatasi diet Anda. Jika Anda akan menjalani tes pencitraan, misalnya, Anda mungkin perlu untuk berpuasa sebelumnya.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan penyakit jantung bawaan.
  • Tuliskan informasi penting pribadi, termasuk riwayat cacat jantung dalam keluarga dan tekanan besar atau perubahan kehidupan yang Anda alami baru-baru ini.
  • Bawa salinan catatan medis Anda yang telah lalu, termasuk laporan dan rincian dari setiap operasi sebelumnya.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi saat ini.
  • Ajaklah anggota keluarga atau teman menemani, jika memungkinkan. Kadang-kadang bisa sulit untuk mengingat semua informasi yang diberikan kepada Anda selama konsultasi. Seseorang yang menemani Anda mungkin ingat sesuatu yang tidak terjawab atau terlupa oleh Anda.
  • Bersiaplah untuk mendiskusikan kebiasaan diet dan olahraga Anda. Jika Anda belum mengikuti diet atau latihan rutin, berbicaralah dengan dokter Anda tentang tantangan yang mungkin Anda hadapi dalam memulai.
  • Tuliskan pertanyaan untuk meminta dokter Anda.

Waktu Anda dengan dokter Anda terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda memanfaatkan waktu konsultasi dengan sebaik-baiknya. Buatlah daftar pertanyaan Anda mulai dari yang paling penting hingga paling tidak penting untuk mengantisipasi kekurangan waktu. Untuk kelainan jantung bawaan, beberapa pertanyaan dasar yang dapat ditanyakan kepada dokter Anda meliputi:

  • Apa penyebab paling mungkin dari gejala saya?
  • Apa jenis tes yang saya butuhkan?
  • Perawatan apa yang tersedia? Mana yang Anda rekomendasikan untuk saya?
  • Apakah ada diet atau kegiatan pembatasan yang perlu saya ikuti?
  • Apa lagi yang bisa saya lakukan untuk menjaga kesehatan saya?
  • Seberapa sering saya harus diskrining untuk komplikasi dari cacat jantung saya?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana saya bisa mengelola kedua kondisi ini bersama-sama dengan baik?
  • Haruskah saya menemui seorang spesialis? Dapatkah Anda merekomendasikan seseorang yang telah berpengalaman menangani masalah cacat jantung bawaan pada orang dewasa?
  • Apakah Anda memiliki brosur atau bahan cetak lainnya yang bisa saya miliki? Website apa yang Anda sarankan untuk saya kunjungi?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda siapkan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan tambahan selama konsultasi.

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?
Dokter Anda mungkin akan menanyai Anda sejumlah pertanyaan. Kesiapan Anda dalam menjawabnya memungkinkan untuk memiliki waktu cadangan yang bisa dimanfaatkan untuk menanyakan hal-hal penting lainnya. Dokter Anda mungkin bertanya:

  • Gejala apa yang Anda alami, dan berapa lama Anda telah mengalaminya?
  • Apakah gejala datang dan pergi, atau apakah Anda mengalaminya sepanjang waktu?
  • Seberapa parah gejala Anda?
  • Apakah ada sesuatu yang tampaknya dapat memperbaiki gejala Anda?
  • Apakah ada yang tampaknya memperburuk gejala Anda?
  • Apakah Anda sudah pernah diobati dengan obat atau operasi untuk kondisi ini?
  • Apa obat, vitamin dan suplemen lain yang Anda konsumsi?
  • Apa makanan khas harian Anda, yang Anda merokok, dan seberapa aktif Anda secara fisik?

Tes dan Diagnosis
Jika dokter Anda berpikir Anda memiliki cacat jantung bawaan atau cacat jantung bawaan Anda mungkin menjadi penyebab dari kebanyakan masalah kesehatan baru-baru ini, ia akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk mendengarkan jantung Anda dengan stetoskop.

Jika dokter Anda mendengar detak jantung tidak normal, itu salah satu petunjuk yang bisa berarti Anda memiliki masalah cacat jantung belum hilang atau sembuh. Setelah mendeteksi murmur, dokter Anda mungkin akan menginstruksikan tes lain untuk mendiagnosa penyebabnya atau mendapatkan ide yang lebih baik dari apa yang terjadi di dalam jantung Anda. Tes tersebut meliputi:

  • Elektrokardiogram (EKG). Tes ini mencatat aktivitas listrik jantung Anda. Beberapa cacat jantung dapat mengganggu sinyal listrik di dalam hatimu, yang suatu saat dapat menyebabkan irama jantung abnormal yang disebut aritmia.
    Pola sinyal listrik juga dapat memberikan petunjuk tentang adanya berbagai bentuk penyakit jantung bawaan.
  • Tes sinar-X dada. Gambar sinar-X membantu dokter mengevaluasi lebih lanjut jantung dan paru-paru.
  • Ekokardiogram. Ekokardiogram menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar jantung. Dokter dapat menggunakan gambar-gambar ini untuk mengidentifikasi kelainan jantung.
  • Olahraga stress test. olahraga stress test dapat dilakukan untuk memeriksa keseluruhan tingkat pengkondisian dan aktivitas listrik jantung Anda, detak jantung dan tekanan darah selama olahraga.
    Untuk tes ini, Anda biasanya latihan di treadmill atau sepeda, kadang-kadang dengan sensor khusus untuk memeriksa berapa banyak oksigen yang Anda gunakan selama olahraga. Jika Anda tidak dapat berolahraga, dokter mungkin memberikan obat yang meningkatkan denyut jantung atau aliran darah sebagai pengganti olahraga. Stress test Anda mungkin juga termasuk penggunaan ekokardiogram.
  • Tomografi jantung terkomputerisasi (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI). Tes ini dapat digunakan untuk mendiagnosa masalah jantung. Dalam CT scan jantung, Anda berbaring di atas meja di dalam mesin berbentuk donat. Tabung sinar-X di dalam mesin berputar di sekitar tubuh Anda dan mengumpulkan gambar jantung dan dada.
    MRI jantung adalah teknik pencitraan yang menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk membuat gambar jantung Anda. Dalam MRI jantung, Anda berbaring di atas meja di dalam mesin seperti tabung panjang yang menghasilkan medan magnet. Medan magnet sejajar dengan partikel atom dalam beberapa sel Anda. Ketika gelombang radio yang disiarkan ke partikel sejajar, mereka menghasilkan sinyal yang berbeda-beda sesuai dengan di jenis jaringan apa mereka. Gambar jantung diciptakan dari sinyal-sinyal ini.
  • Kateterisasi jantung. Dokter mungkin menggunakan tes ini untuk memeriksa aliran darah dan tekanan di dalam jantung Anda.
    Sebuah kateter dimasukkan ke dalam arteri, mulai di pangkal paha, leher atau lengan. Ini kemudian dengan hati-hati diulurkan ke bilik jantung Anda dengan bantuan mesin sinar-X yang menunjukkan gambar real-time dari tubuh Anda.
    Pewarna kemudian disuntikkan melalui kateter, dan mesin sinar-X menghasilkan gambar jantung dan pembuluh darah. Tekanan di bilik jantung juga dapat diukur selama prosedur yang sama.

Perawatan dan Obat-obatan
Karena penyakit jantung bawaan dapat ringan atau berat, pilihan pengobatan akan bervariasi. Dokter Anda mungkin menyarankan pengobatan untuk mencoba memperbaiki kelainan jantung itu sendiri atau mengobati komplikasi yang disebabkan oleh cacat. Dokter dapat merekomendasikan hal-hal berikut:

  • Pemeriksaan teratur. Cacat jantung yang relatif kecil mungkin hanya memerlukan pemeriksaan berkala dengan dokter Anda untuk memastikan kondisi Anda tidak memburuk. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda perlu menjalani pemeriksaan.
  • Obat. Beberapa cacat jantung bawaan ringan dapat diobati dengan obat yang membantu jantung bekerja lebih efisien. Anda juga mungkin perlu untuk memunum obat guna mencegah pembekuan darah dari pembentukan atau untuk membantu mengontrol detak jantung yang tidak teratur.
  • Perangkat implan jantung. Perangkat yang membantu mengontrol tingkat jantung (pacemaker) atau mengoreksi denyut jantung yang tidak teratur yang mengancam jiwa (implan cardioverter defibrillator, atau ICD) dapat membantu beberapa komplikasi yang terkait dengan cacat jantung bawaan.
  • Prosedur khusus menggunakan kateter. Beberapa cacat jantung bawaan dapat diperbaiki dengan menggunakan teknik kateterisasi, yang memungkinkan perbaikan yang akan dilakukan tanpa pembedahan membuka dada dan jantung.
    Dalam prosedur yang dapat dilakukan dengan menggunakan kateterisasi, dokter memasukkan tabung tipis (kateter) ke dalam vena kaki dan memandu ke jantung dengan bantuan gambar sinar-X. Setelah kateter diposisikan di lokasi cacat, alat kecil akan berulir melalui kateter ke jantung untuk memperbaiki cacat.
  • Operasi jantung terbuka. Jika prosedur kateter tidak cukup untuk memperbaiki cacat jantung Anda, dokter dapat merekomendasikan operasi jantung terbuka.
  • Transplantasi jantung. Jika cacat jantung yang serius tidak dapat diperbaiki, transplantasi jantung dapat menjadi pilihan.

Tindak lanjut perawatan sangat penting
Salah satu mitos terbesar yang dimiliki banyak orang dewasa dengan penyakit jantung bawaan adalah mereka tidak lagi perlu khawatir tentang penyakit jantung bawaan. Banyak yang berpikir mereka telah membaik saat dewasa atau bahwa perawatan yang pernah dijalani saat kecil sudah menyembuhkan mereka. Tapi ini tidaks selalu benar.

Jika Anda memiliki penyakit jantung bawaan, bahkan jika Anda sudah menjalani operasi saat kecil, Anda tidak sepenuhnya sembuh. Ini tidak berarti bahwa Anda akan menghadapi masalah seumur hidup. Namun, itu berarti Anda berada di peningkatan risiko komplikasi, seperti infeksi jantung (endokarditis) atau irama jantung abnormal yang berbahaya. Beberapa masalah mungkin akan memerlukan pengobatan bedah saat usia bertambah.

Jika Anda memiliki cacat jantung bawaan atau penyakit jantung bawaan yang telah diobati saat kanak-kanak, sangat penting untuk memiliki perawatan lanjutan seumur hidup, terutama jika Anda menjalani operasi jantung korektif.

Perawatan lanjutan ini bisa sesederhana memiliki pemeriksaan berkala dengan dokter Anda, atau mungkin melibatkan pemeriksaan rutin untuk komplikasi. Yang penting adalah untuk mendiskusikan rencana perawatan Anda dan pastikan Anda mengikuti semua rekomendasi.

Idealnya, perawatan Anda akan dilakukan oleh ahli jantung yang terlatih dalam mengobati orang dewasa dengan cacat jantung bawaan. Ini mungkin menjadi tantangan untuk beberapa orang karena saat ini kita masih kekurangan ahli jantung dengan keahlian seperti itu, serta sejumlah pusat yang mengkhususkan diri dalam melakukan pengobatan pada orang dewasa dengan penyakit jantung bawaan.

Penyakit jantung bawaan dan kehamilan
Wanita dengan penyakit jantung bawaan yang ingin hamil harus berbicara dengan dokter mereka sebelum hamil. Mereka harus mendiskusikan kemungkinan resiko, serta perawatan khusus yang mereka butuhkan selama kehamilan.

Kehamilan yang sukses akan memungkinkan jika Anda memiliki penyakit jantung bawaan, terutama jika Anda penderita cacat ringan. Namun, beberapa wanita dengan kelainan jantung bawaan yang kompleks dapat disarankan untuk tidak hamil.

Sangat penting bagi pria dan wanita untuk mengetahui bahwa jika mereka memiliki penyakit jantung bawaan, mungkin ada peningkatan risiko menurunkan beberapa bentuk penyakit jantung bawaan pada anak-anak mereka. Dokter Anda mungkin menyarankan konseling genetik untuk membantu Anda memprediksi risiko yang mungkin diturunkan oleh penyakit jantung bawaan.

Penanganandan Dukungan
Satu hal penting yang harus dilakukan jika Anda seorang dewasa dengan penyakit jantung bawaan adalah untuk menjadi terdidik dengan kondisi Anda. Topik yang harus menjadi akrab dengan Anda meliputi:

  • Nama dan rincian kondisi jantung dan pengobatan masa lalu
  • Seberapa sering Anda harus mendatangi dokter untuk perawatan tindak lanjut
  • Informasi tentang obat dan efek sampingnya
  • Bagaimana mencegah infeksi jantung (endokarditis), jika perlu
  • Pedoman latihan dan pembatasan kerja
  • Kontrol kehamilan dan informasi keluarga berencana
  • Informasi asuransi kesehatan dan cakupan pilihan
  • Informasi perawatan gigi, termasuk apakah Anda memerlukan antibiotik sebelum prosedur
  • Gejala penyakit jantung bawaan Anda dan kapan Anda harus menghubungi dokter

Setiap orang dengan penyakit jantung bawaan memiliki sejumlah risiko dan keprihatinan, sehingga sulit untuk meng-generalisasi apa yang terbaik untuk Anda. Itulah mengapa begitu penting untuk melakukan komunikasi rutin dengan dokter Anda untuk mendiskusikan pilihan perawatan diri, termasuk kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan aman atau apa yang harus Anda hindari.

Banyak orang dewasa dengan penyakit jantung bawaan tetap dapat menjalani kehidupan penuh, panjang dan produktif. Tapi tetap penting bagi Anda untuk tidak mengabaikan kondisi Anda. Carilah informasi tentang penyakit Anda; semakin Anda tahu, semakin baik hal yang dapat Anda lakukan.