Penyakit Jantung Rematik Pada Anak

SehatFresh.com – Penyakit jantung rematik adalah salah satu bentuk penyakit yang serius dari penyakit jantung masa kanak-kanak dan remaja. Ini merupakan komplikasi serius dari demam rematik. Penyakit jantung rematik itu sendiri merujuk pada kerusakan permanen pada katup jantung. Kerusakan seperti itu umumnya terjadi sebagai akibat dari infeksi berhubungan dengan bakteri streptococcus.

Penyakit jantung rematik terjadi karena adanya penyakit demam rematik, yang rentan terjadi pada anak usia 5-15 tahun. Demam rematik bisa terjadi setelah satu atau lebih episode radang tenggorokan yang disebabkan olah bakteri streptococcus beta hemolyticus group A. Terjadinya demam rematik akibat radang tenggorokan yang tidak segera mendapatkan penanganan akan semakin meningkatkan risiko penyakit jantung rematik.

Bila pengobatan radang tenggorokan kurang tepat, bakteri penyebabnya akan menyebar melalui sirkulasi darah dan mengakibatkan peradangan katup jantung. Katup jantung yang rusak menjadi tidak bisa membuka dan menutup dengan benar. Ketika kerusakan ini bersifat permanen, kondisi ini disebut penyakit jantung rematik.

Gejala yang berhubungan dengan masalah katup jantung termasuk kelelahan yang berlebihan, nyeri dada, sesak napas, jantung berdebar-debar, serta pembengkakan pada pergelangan tangan atau pergelangan kaki. Beberapa individu yang terkena mungkin juga mengalami masalah bengkak pada perut.

Karena penyakit jantung rematik awalnya dari demam rematik, maka pencegahannya adalah bagaimana agar tidak sampai terkena demam rematik. Ketika anak mengalami radang tenggorokan, pastikan pengobatannya tepat dan menyeluruh. Ini artinya memastikan anak menuntaskan semua dosis obat yang diresepkan. Hal ini dapat meminimalisir risiko agar kondisi tidak berkembang menjadi demam rematik.

Ketika seseorang terinfeksi bakteri streptococcus dan mengalami demam rematik, maka terapi antibiotiknya harus benar-benar tuntas. Ini sangat penting guna mengurangi risiko serangan kedua kalinya, yang semakin berpotensi menjadi penyakit jantung rematik.

Setelah seorang individu telah didiagnosa menderita penyakit jantung rematik, pemantauan teratur sangat penting. Hal ini untuk memastikan bahwa otot dan katup jantung terus bekerja. Ekokardiogram dan pemeriksaan fisik dapat dilakukan dari waktu ke waktu. Pasalnya, penyakit jantung rematik dapat menjadi progresif. Ini berarti masalah dengan katup jantung bisa semakin memburuk dari waktu ke waktu. Operasi penggantian katup mungkin akan menjadi pertimbangan di kemudian hari.

Kondisi kebersihan lingkungan yang buruk menjadi faktor pendukung utama yang menyebabkan anak rentan terkena radang tenggorokan. Oleh karenanya, pencegahan paling utama adalah dengan menerapkan praktek kebersihan yang baik. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, biasakan agar anak mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

Sumber gambar : sarangsemut-aslipapua.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY