PENYAKIT JARINGAN PENGIKAT CAMPURAN

DEFINISI
Penyakit jaringan pengikat campuran adalah kombinasi tanda dan gejala dari gangguan, terutama dari lupus, skleroderma dan polymyositis. Karena alasan ini, penyakit jaringan pengikat campuran kadang-kadang dirujuk sebagai penyakit yang bersifat tumpah tindih.

Dalam penyakit jaringan pengikat campuran, gejala penyakit terpisah yang biasanya tidak muncul sekaligus. Sebaliknya, mereka cenderung terjadi dalam urutan selama beberapa tahun, yang dapat membuat diagnosis yang lebih rumit.

Gejala dan tanda-tanda awal sering terjadi pada tangan. Jari-jari membengkak seperti sosis, dan ujung jari mungkin menjadi putih dan mati rasa. Dalam tahap berikutnya, beberapa organ seperti paru-paru, jantung dan ginjal mungkin akan terpengaruh.
Penyakit jaringan pengikat campuran paling sering menyerang wanita muda. Pengobatan sering menggunakan obat-obatan seperti prednison.

GEJALA
Indikasi awal dari penyakit jaringan ikat campuran dapat mencakup:

  • Perasaan tidak sehat. Perasaan semacam ini dapat disertai dengan peningkatan kelelahan dan demam ringan.
  • Jari mati rasa dan terasa dingin. Salah satu indikator awal paling umum dikenal sebagai Fenomena Raynaud, di mana jari-jari Anda mati rasa dan dingin, terjadi disaat dingin dan stres. Jari-jari mungkin menjadi putih dan kemudian keunguan ketika pembuluh darah mengerut. Setelah hangat, pembuluh darah akan kembali rileks, aliran darah mengalir dan jari-jari berubah menjadi merah. Jari-jari kaki juga dapat dipengaruhi.
  • Jari-jari bengkak. Banyak orang yang telah mengalami penyakit jaringan pengikat campuran mengalami bengkak di tangan dan jari-jari, kadang-kadang ke titik di mana jari menyerupai sosis.
  • Nyeri otot dan sendi. Penyakit jaringan pengikat campuran juga dapat mengakibatkan sakit otot dan sendi bengkak serta rasa sakit. Dalam beberapa kasus, sendi dapat menjadi Cacat, mirip dengan apa yang terlihat di rheumatoid arthritis.

Kapan Anda harus menemui dokter
Segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala yang mengganggu atau mengganggu rutinitas sehari-hari, terutama jika Anda telah didiagnosis lupus atau penyakit jaringan pengikat yang lain.

PENYEBAB
Dokter tidak mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan penyakit jaringan pengikat campuran. Penyakit ini merupakan bagian dari kelompok yang lebih besar dari penyakit yang dikenal sebagai gangguan autoimun.
Ketika Anda memiliki gangguan autoimun, sistem kekebalan tubuh Anda yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit, kesalahan normal, dimana sel-sel sehat menyusup. Pada Penyakit jaringan pengikat campuran, sistem kekebalan tubuh secara tidak sengaja/keliru, menyerang serat yang memberikan kerangka kerja dan dukungan bagi tubuh Anda.

FAKTOR RISIKO
Meskipun penyakit jaringan pengikat campuran dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak, namun paling sering terjadi pada wanita di bawah usia 30 tahun.

KOMPLIKASI
Penyakit jaringan penikat campuran dapat mengakibatkan komplikasi serius, termasuk:

  • Masalah paru-paru. Tekanan darah tinggi mempengaruhi arteri di paru-paru (paru hipertensi) ini adalah penyebab paling umum tejadinya kematian pada orang yang mengidap penyakit jaringan ikat campuran.
  • Penyakit jantung. Penyakit jaringan penikat campuran kadang-kadang mengakibatkan pembesaran jantung dan peradangan di sekitar jantung.
  • Gagal ginjal. Kerusakan ginjal yang disebabkan oleh penyakit jaringan pengikat campuran dapat berkembang selama bertahun-tahun tanpa menghasilkan tanda-tanda atau gejala, tetapi akhirnya dapat mengakibatkan gagal ginjal.

Efek samping pengobatan
Kortikosteroid biasanya digunakan untuk menangani tanda-tanda dan gejala penyakit jaringan pengikat campuran. Obat-obat ini efektif, tetapi mereka membawa risiko. Jika Anda mengambil kortikosteroid, dokter Anda mungkin akan memantau Anda untuk efek samping, seperti osteoporosis, kelemahan otot, dan infeksi.

PERSIAPAN SEBELUM MENEMUI DOKTER
Anda mungkin akan menemui dokter keluarga Anda terlebih dahulu. Namun, dokter tersebut mungkin mengarahkan Anda untuk menemui rheumatologist, seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam penyakit sendi.

Apa yang dapat Anda lakukan
Sebelum berkonsultasi, Anda mungkin ingin menulis jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah ada anggota keluarga Anda yang juga memiliki masalah yang sama?
  • Apakah Anda mempunyai diagnosis penyakit lain?
  • Apa obat-obatan dan suplemen yang Anda konsumsi secara teratur?

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter Anda mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan, termasuk:

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Apakah gejala yang Anda alami secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Seberapa parah gejala yang Anda alami?
  • Apakah terjadi perubahan?
  • Apakah gejala Anda semakin buruk?

TES DAN DIAGNOSIS
Dokter Anda mungkin menduga berdasarkan tanda-tanda dan gejala penyakit jaringan pengikat campuran. Pemeriksaan fisik dapat mengungkapkan tanda-tanda seperti tangan bengkak dan nyeri dan bengkak sendi. Tes darah dapat menentukan apakah Anda memiliki sebuah antibodi tertentu dalam darah yang menunjukkan penyakit jaringan pengikat campuran.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Tidak ada pengobatan untuk mengobati penyakit jaringan pengikat campuran, tetapi obat dapat membantu menangani tanda-tanda dan gejala penyakit ini. Bentuk ringan dari penyakit jaringan pengikat campuran mungkin tidak memerlukan pengobatan. Anda mungkin memerlukan pengobatan hanya selama gejala meningkat atau, jika Anda memiliki bentuk yang lebih serius, Anda mungkin memerlukan obat secara terus-menerus .

Obat
Jenis obat yang diresepkan tergantung pada tingkat keparahan penyakit Anda dan gejala-gejala yang Anda miliki. Obat dapat mencakup :

  • Kortikosteroid. Obat-obatan seperti prednison membantu mengontrol fungsi kekebalan tubuh Anda, menjaga serangan terhadap sel-sel sehat, dan Menyekat inflamasi. Efek samping dapat mencakup perubahan emosional, berat badan, gula darah tinggi, peningkatan tekanan darah, tulang melemah dan katarak.
  • Imunosupresan lainnya. Perawatan lainnya mungkin didasarkan pada tanda-tanda dan gejala Anda. Misalnya, jika Anda mengalami gejala mirip dengan lupus, dokter mungkin menyarankan mencoba obat-obatan yang biasanya diresepkan untuk orang dengan lupus.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Metode lain untuk mengontrol gejala penyakit jaringan pengikat campuran meliputi:

  • Melindungi tangan dari dingin. Fenomena Raynaud, yang menyebabkan jari-jari dingin dan mati rasa, adalah gejala yang umum dari penyakit jaringan pengikat campuran. Mengenakan sarung tangan dan mengambil langkah-langkah lain untuk menjaga tangan Anda hangat dapat membantu.
  • Berhenti Merokok. Merokok menyebabkan pembuluh darah mengerut, yang dapat memperburuk efek Fenomena Raynaud.
  • Mengurangi stres. Fenomena Raynaud seringkali dipicu oleh stres. Teknik relaksasi seperti memperlambat dan berfokus pada pernapasan Anda dapat membantu mengurangi tingkat stres Anda.