Penyakit Katup Trikuspid

Definisi
Penyakit katup trikuspid adalah suatu kondisi di mana katup antara dua bilik jantung kanan (ventrikel kanan dan atrium kanan) tidak berfungsi dengan baik. Penyakit katup trikuspid seringkali terjadi bersamaan dengan masalah katup jantung lainnya.

Beberapa jenis penyakit katup tricuspid, antara lain:

  • Regurgitasi katup trikuspid. Dalam kondisi ini, katup trikuspid tidak menutup dengan benar dan darah mengalir kembali ke ruang kanan atas jantung (atrium kanan).
  • Stenosis katup trikuspid. Katup trikuspid menyempit dan menyebabkan penurunan aliran jumlah darah melalui katup dari atrium kanan ke ventrikel kanan.
  • Atresia trikuspid. Kondisi ini merupakan gangguan katup jantung yang sudah diderita sejak lahir (penyakit jantung bawaan), di mana dinding jaringan yang kuat menghambat aliran darah antara bilik jantung kanan.
  • Anomali Abstein. Anomali Ebstein adalah suatu kondisi cacat di mana katup trikuspid terletak pada posisi yang lebih rendah dari posisi normal dalam ventrikel kanan, menyebabkan darah mengalir kembali ke atrium kanan (regurgitasi trikuspid).