Penyakit Komputer Vision Syndrome atau Sindrom Penglihatan Komputer

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di zaman moderen seperti sekarang ini, hampir tiap hari aktivitas kita tidak terlepas dari komputer atau gadget. Sayangnya, hal ini bisa berdampak negatif, seperti terkena Computer Vision Syndrome (CVS) atau Sindrom Penglihatan Komputer.

CVS adalah sekumpulan gejala atau gangguan kesehatan, baik yang berhubungan dengan mata maupun tidak. CVS bukanlah satu masalah mata yang spesifik, tetapi merupakan kumpulan gejala nyeri dan kelelahan pada mata yang dialami oleh pengguna komputer. Melihat komputer terus-menerus dapat menyebabkan mata lelah sehingga sulit fokus (pandangan kabur), pedih, panas, silau, dan dapat juga mengalami pusing atau sakit kepala.

Menurut riset, masalah mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer relatif banyak terjadi. Sekitar 50% sampai 90%, mereka yang bekerja di depan komputer mengalami sedikitnya satu gejala yang berhubungan dengan mata.

Terdapat tiga mekanisme yang berhubungan dengan CVS, yaitu

  • Perubahan permukaan mata
  • Perubahan mekanisme akomodatif
  • Perubahan yang tidak berkaitan dengan mata

Untuk perubahan yang terjadi pada permukaan mata merupakan dampak dari mata yang terlalu kering. Penggunaan kipas angin dan penyejuk udara pun termasuk faktor penyebabnya. Selain itu, pemakaian lensa kontak, debu, dan penyakit sistematik juga dapat mengakibatkan permukaan mata berubah.

Sedangkan untuk perubahan mekanisme  akomodatif terjadi karena adanya perbedaan antara tulisan pada kertas dengan tulisan yang berada di layar komputer. Hal ini karena tulisan yang berada di layar komputer tersusun dari titik-titik kecil atau yang disebut pixels. Akibatnya, mata akan lebih sulit untuk fokus pada tulisan yang berada di layar komputer. Kondisi ini mengakibatkan mata akan terus berakomodasi supaya tulisan menjadi lebih jelas. Namun, mata yang berakomodasi akan melelahkan otot mata dan menyebabkan mata minus jika akomodasi dilakukan pada jarak yang dekat.

Untuk perubahan yang tidak berhubungan dengan mata, terjadi akibat adanya gangguan pada penglihatan yang dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya, seperti otot. Bagi pengguna komputer yang tidak dapat melihat tulisan pada monitor dengan jelas, ia cenderung akan mencondongkan badannya ke depan. Hal tersebut dapat menimbulkan nyeri pada otot.

Umumnya, CVS rentan dialami oleh orang yang pekerjaannya tidak jauh-jauh dari penggunaan komputer, seperti operator, programmer, dan sekretaris. Atau, juga dapat dialami oleh para penggemar internet (netizen), game online, pelajar, dan mahasiswa.

CVS tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa. Kebiasaan anak-anak sekarang yang setiap harinya menggunakan gadget untuk belajar atau bermain game dapat memicu timbulnya CVS.

Gejala-gejala CVS di atas sebaiknya diperiksakan ke dokter. Jika memang hanya karena kelelahan dalam menggunakan layar komputer, maka Anda dapat melakukan tindakan-tindakan penyesuaian dan pencegahan di kemudian hari. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY