Penyakit Kulit Biduran pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Urtikaria atau yang lebih dikenal dengan sebutan biduran oleh kalangan masyarakat adalah salah satu penyakit kulit yang sering atau umum di jumpai baik pada anak-anak, orang dewasa dan juga pada remaja.

Dalam istilah kedokteran biduran atau urtikaria merupakan kelainan kulit yang biasanya ditandai dengan munculnya bentol-bentol kemerahan pada kulit, disertai rasa yang sangat gatal dan juga panas.

Biduran juga dapat muncul sebagai bentuk bilur yang berwarna putih yang gatal. Biduran dapat muncul kapan saja dan juga secara tiba-tiba. Selain itu biduran juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Dikarenakan kebiasaan dari orang yang terkena biduran menggaruk daerah biduran tersebut lalu menyentuh area yang tidak terkena menjadi tertular biduran.

Biduran dapat terjadi pada seseorang karena adanya pemicu. Pemicu atau penyebab tersebut dapat berupa perubahan cuaca yang ekstrim, obat-obatan, alergi makanan, adanya infeksi dalam tubuh dan faktor pemicu lainnya.

Jika tubuh terpapar faktor pemicu tersebut kemudian beberapa sel di dalam tubuh akan melepas histamin dan zat-zat lainnya. Hal tersebut membuat cairan dari pembuluh darah kecil mengalami kebocoran di bawah kulit. Cairan tersebut lalu membentuk bentolan- bentolan yang mengelompok di bawah kulit atau terbentuklah biduran itu sendiri.

Klasifikasi dari biduran ada empat macam, meliputi:

  • Urtikaria akut

Biduran atau urtikaria dikategorikan akut apabila penderitannya sudah mengalami biduran selama kurang dari enam minggu. Dan setelah enam minggu biduran akan menghilang dan berhasil disembuhkan.

  • Urtikaria kronis

Urtikaria kronis adalah biduran yang terjadi dalam kurun waktu lebih dari enam minggu. Urtikaria kronis ini dapat bersifat kambuhan dalam enam minggu lebih bahkan tahunan. Namun, urtikaria kronis ini kadang tidak teridentifikasi karena memiliki gejala yang mirip dengan beberapa penyakit seperti penyakit tiroid.

  • Urtikaria fisik

Urtikaria fisik terjadi apabila ada paparan fisik secara langsung pada kulit seseorang. Seperti karena suhu yang panas atau dingin, adanya tekanan, sinar matahari, getaran dan keringat.

  • Urtikaria dermatografisme

Urtikaria jenis dermatografisme merupakan biduran yang memiliki kondisi kulit yang terbentuk setelah kulit digaruk dengan geras sehingga muncul biduran.

Sebanyak 10-25% seseorang memiliki kemungkinan untuk terkena biduran paling tidak sekali dalam seumur hidupnya. Dari presentase tesebut, remaja paling banyak menderita biduran akut. Sedangkan biduran kronik lebih banyak di derita oleh wanita usia pertengahan sebanyak 60%. Orang yang memiliki riwayat atopi akan lebih tinggi memiliki risiko terkena biduran. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY