PENYAKIT LEG CALVE PERTHES

DEFINISI
Penyakit Legg-calve-Perthes adalah suatu kondisi masa kanak-kanak yang mempengaruhi pinggul, dimana tulang paha dan panggul bertemu pada bagian yang berbentuk bola dan sendi socket.

Penyakit Legg-calve-Perthes terjadi ketika pasokan darah sementara terganggu pada bola bagian (kepala femoralis) dari sendi panggul. Tanpa aliran darah yang cukup, tulang mulai mati, sehingga tulang lebih mudah patah dan sulit untuk disembuhkan.

Untuk menjaga bagian bola sendi berputar sebanyak mungkin, dokter dapat menggunakan berbagai perawatan untuk menjaganya agar tetap nyaman di bagian soket sendi. Soket bertindak sebagai cetakan untuk kepala femoralis yang retak seperti penyembuhan.

GEJALA
Tanda-tanda dan gejala penyakit Legg-calve-Perthes meliputi:

  • Pincang
  • Nyeri atau pegal di pinggul, selangkangan, paha atau lutut
  • Jangkauan gerak sendi pinggul yangTerbatas

Penyakit Legg-calve-Perthes ini biasanya terjadi hanya pada satu pinggul. Pada sebgaian anak,pinggul kedua biasanya terkena pada waktu yang berbeda.

Kapan Anda harus menemui Dokter Anda
Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika anak Anda mulai pincang atau mengeluh sakit pinggul, selangkangan atau lutut. Jika anak Anda demam atau tidak bisa menahan berat badan pada kakinya, segeralah untuk mendapatkan perawatan medis darurat.

PENYEBAB
Penyakit Legg-calve-Perthes terjadi ketika terlalu sedikit darah yang dipasok ke bagian bola sendi pinggul (kepala femoralis). Tanpa pasokan darah yang memadai, tulang ini menjadi tidak stabil, dan mungkin mudah patah dan sulit disembuhkan. Penyebab penurunan aliran darah ke kepala femoralis sementara ini masih belum diketahui.

FAKTOR RISIKO
Faktor risiko untuk penyakit Legg-saksikan-Perthes meliputi:

  • Usia. Meskipun Legg-saksikan-Perthes penyakit dapat mempengaruhi hampir semua usia anak-anak , paling sering terjadi antara usia 4 dan 8.
  • Seks anak Anda. anak laki-laki beresiko lima kali lebih besar terkena penyakit ini dibandingkan perempuan.
  • Ras. Anak-anak kulit putih lebih beresiko untuk mengidap gangguan penyakit ini daripada anak-anak kulit hitam.
  • Riwayat kesehatan keluarga. Dalam beberapa kasus, Penyakit Legg-calve-Perthes muncul diwariskan dalam keluarga.

KOMPLIKASI
Anak-anak yang memiliki Penyakit Legg-calve-Perthes berisiko tinggi terkena radang sendi pinggul saat dewasa, terutama jika sendi pinggul disembuhkan dalam bentuk tidak normal. Jika tulang pinggul tidak cocok setelah penyembuhan, ini dapat menyebabkan sendi aus lebih awal. Dan, bedah penggantian pinggul mungkin harus dilakukan untuk mengobatinya.

Secara umum, anak-anak yang didiagnosis mengidap Penyakit Legg-calve-Perthes setelah usia 6 tahun lebih mungkin untuk terkena masalah pinggul di kemudian hari. Anak-anak yang lebih muda semakin besar kemungkinan untuk penyembuhan sendi pinggul secara normal, dengan bentuk yang bulat.

PERSIAPAN SEBELUM MENEMUI DOKTER
Anda mungkin akan menemui dokter anak terlebih dahulu. Setelah evaluasi awaldokter dakan menyarankan agar Anda segera menemui dokter spesialis masalah tulang pada anak-anak (ahli pediatric ortopedi).

Apa yang dapat Anda lakukan
Sebelum berkonsultasi, Anda dapat mempersiapkan beberapa pertanyaan berikut :

  • Kapan Anak Anda mengalami gejala ini?
  • Apakah ada posisi kaki tertentu atau aktivitas yang menimbulkan rasa sakit yang semakin memburuk?
  • Adakah anggota keluarga lainya yang pernah mengalami ini pada masa kanak-kanak?
  • Apakah anak Anda memiliki masalah kesehatanlainnya?
  • Apa obat atau suplemen yang dikonsumsi anak Anda secara teratur?

Apa yang diharapkan dari dokter Anda
Dokter dapat menyanyakan beberapa pertanyaan berikut:

  • Apa sajakah gejala yang dialami anak Anda?
  • Apakah gejalanya semakin parah?
  • Apakah gejalnya berulang?
  • Apakah anak Anda aktif?
  • Apakah anak Anda pernah mengalami kecelakaan atau cedera yang mungkin menyebabkan kerusakan pinggul?
  • Bagian mana yang terasa sakit?
  • Apakah aktivitas membuat gejala anak Anda semakin memburuk?
  • Apakah istirahat membuat Anak anda merasa tidak nyaman?

TES DAN DIAGNOSIS
Selama Ttes fisik, dokter dapat mengubah posisi kaki anak Anda untuk memeriksa jangkauan gerak dan melihat jika ada salah satu posisi yang menyebabkan rasa sakit.

Tes pencitraan
Jenis tes ini penting untuk mendiagnosis penyakit Legg-calve-Perthes dan termasuk:

  • X-ray . X-ray awal mungkin terlihat normal karena itu dapat dilakukan satu atau dua bulan setelah gejala kerusakan muncul yang berhubungan dengan penyakit Legg-calve-Perthes yang akan lebih jelas pada X-ray. Dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa X-ray dari waktu ke waktu, untuk memriksa perkembangan penyakit.
  • Magnetic resonance imaging (MRI). Teknologi ini menggunakan gelombang radio dan Medan magnet yang kuat untuk menghasilkan gambar tulang yang sangat rinci dan jaringan lunak di dalam tubuh. MRI seringkali dapat memvisualisasikan kerusakan tulang yang disebabkan oleh penyakit Legg-calve-Perthes yang lebih jelas dibandingkan X-ray.
  • Scan tulang. Dalam tes ini, sejumlah kecil bahan radioaktif disuntikkan ke vena. Hal ini akan menyebar pada bagian dimana tulang cepat patah atau rusak dan tumbuh dengan sendirinya, sehingga daerah ini muncul pada gambar yang dihasilkan scan.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Jika penyakit Legg-calve-Perthes semakin parah, Bagian bola sendi (kepala femoralis) akan melemah dan tukang akan patah , sehingga bentuknya tidak akan bulat sebagaimana mestinya. Tujuan terapi adalah untuk menjaga kepala femoralis berputar sebanyak mungkin.

Operasi biasanya tidak diperlukan untuk anak-anak yang lebih muda dari usia 6 tahun. Mereka masih banyak memiliki waktu pertumbuhan yang lebih banyak bagi kepala femoralis untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh penyakit Legg-calve-Perthes. Sebagian besar kelompok usia yang lebih muda ini disembuhkan dengan perawatan konservatif.

Terapi
Jika anak Anda berusia kurang dari 6 atau 7 tahun, dokter mungkin hanya merekomendasikan pengamatan dan pengobatan simptomatik dengan peregangan, tidak berlari dan melompat, dan mengkonsumsi obat-obatan yang diperlukan. Perawatan non-bedah lainnya termasuk:

  • Terapi fisik. Seperti peregangan pinggul, otot-otot dan ligamen di sekitarnya dapat memendek. Latihan peregangan dapat membantu menjaga pinggul lebih fleksibel dan menjaga soket pinggul.
  • Tongkat ketiak. Dalam beberapa kasus, anak Anda mungkin perlu untuk menghindari bantalan berat pada pinggul. Menggunakan tongkat ketiak dapat membantu melindungi sendi.
  • Traksi. Jika anak Anda sakit parah, periode istirahat dan traksi dapat membantu. Traksi memberikan kekuatan menarik yang kuat dan lembut di kaki anak Anda.
  • Gips. Untuk menjaga kepala femoralis dalam soket, dokter Anda dapat merekomendasikan jenis gips kaki yang membuat kedua kakinya yang terpisah untuk empat sampai enam minggu. Kemudian, di malam hari penjepit dapat digunakan untuk mempertahankan fleksibilitas pinggul.

Operasi
Sebagian besar perawatan ortopedi untuk penyakit Legg-calve-Perthes bertujuan untuk memperbaiki bentuk sendi pinggul untuk mencegah arthritis dikemudian hari.

  • Contracture rilis. Anak-anak yang telah mengidap Legg-Perthes sering lebih suka memegang kaki mereka. Ini cenderung untuk memperpendek masa otot dan tendon, yang dapat menyebabkan pinggul tertarik ke dalam (contracture). Operasi untuk memperpanjang jaringan ini dapat membantu mengembalikan fleksibilitas pinggul.
  • Mereposisi bersama. Untuk anak-anak yang lebih tua dari usia 6-8 tahun, mereposisi sendi telah ditunjukkan untuk mengembalikan bentuk sendi pinggul yang lebih normal. Ini dilakukan dengan membuat sayatan bedah tulang paha atau panggul untuk menyetel kembali sendi yang rusak. Tulang diadakan dengan pelat sementara tulang disembuhkan.
  • Penghapusan kelebihan tulang atau tubuh yang goyah. Anak-anak dengan gerakan yang menyakitkan, tebatasi, pemangkasan tambahan tulang di sekitar kepala femoralis atau memperbaiki tulang rawan yang rusak mungkin dapat mengurangi gerak dan mengurangi rasa sakit. Sedikit kelonggaran atau goyah pada tulang serta robek pada tulang rawan dapat dihilangkan.
  • Penggantian persendian. Anak-anak yang telah mengidap Legg-Perthes kadang-kadang memerlukan bedah penggantian pinggul di kemudian hari. Operasi ini cukup rumit karena risiko yang lebih tinggi akan patah tulang dan kerusakan saraf.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Langkah-langkah perawatan di rumah untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah kerusakan adalah:

  • Memodifikasi kegiatan. Anak Anda harus menghindari kegiatan yang berdampak tinggi , seperti berlari atau melompat, karena mereka dapat meningkatkan jumlah kerusakan tulang, melemah dan memperburuk gejala.
  • Obat penghilang rasa sakit. Obat pra-skripsi seperti asetaminofen (Tylenol) dapat membantu meringankan rasa sakit. Jangan memberikan aspirin kepada anak Anda seperti yang kondisi yang jarang tapi berbahaya yang disebut sindrom Reye.
  • Panas atau dingin. Kantong Panas atau es dapat membantu meringankan sakit pinggul yang berhubungan dengan penyakit Legg-calve-Perthes. Menggunakan kantong panas sebelum latihan peregangan dapat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang.