Penyakit Pada Wanita Yang Menghambat Kehamilan

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan hal yang sangat luar biasa, terutama bagi mereka yang belum dikaruniai anak dalam pernikahannya. Kesuburan erat kaitannya dengan terjadinya proses kehamilan. Pasangan usia subur yang tidak mampu melakukan konsepsi (pembuahan) setelah satu tahun melakukan hubungan seksual bisa dikatakan tidak subur. Ada berbagai penyebab yang menghambat kehamilan, salah satunya adalah penyakit yang diderita oleh wanita itu sendiri, terutama penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi.

Berikut adalah beberapa penyakit pada wanita yang dapat menghambat kesuburan seorang wanita:

Endometriosis
Endometriosis bisa mengakibatkan tidak berfungsinya beberapa organ reproduksi wanita. Proses pembuahan menjadi lebih sulit sehingga janin sulit terbentuk. Kondisi inilah yang menyebabkan penderita endometriosis kecil kemungkinannya untuk bisa hamil. Bila penderita berhasil hamil, maka kemungkinan besar akan terjadi kehamilan ektopik, yaitu kehamilan di luar rahim.

Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK)
Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK) merupakan merupakan suatu gangguan hormonal yang terjadi pada lebih kurang 10% wanita usia produktif. SOPK dapat menyebabkan infertilitas, abortus berulang (mudah keguguran), dan menstruasi tidak teratur. Hal ini dikarenakan gangguan hormonal menghambat proses pematangan sel telur. Pada sindrom ini, tubuh wanita juga memroduksi hormon laki-laki (androgen) secara berlebihan.

Radang panggul
Radang panggul merupakan salah satu penyakit yang sangat serius yang harus di waspadai wanita. Penyakit radang panggul disebut sangat berbahaya bahkan lebih berbahaya dari penyakit menular seksual. Penyakit radang panggul tidak hanya dapat menghambat Anda untuk hamil tapi juga akan menyebabkan kerusakan permanen pada ovarium, uterus, tuba dan bagian-bagian penting dalam sistem reproduksi wanita. Jika Anda sering merasakan nyeri pada perut bagian bawah atau bagian kanan, maka segeralah memeriksakan kesehatan Anda.

Kegagalan ovarium prematur
Kegagalan ovarium prematur disebut-sebut sebagai penyakit yang menyebabkan ovarium wanita tidak lagi bekerja dengan normal. Infertilitas adalah akibat yang umum dari kegagalan ovarium prematur. Kegagalan ovarium prematur merujuk pada hilangnya fungsi normal ovarium wanita sebelum berusia 40 tahun. Jika Anda mengalami siklus menstruasi tidak teratur, sebaiknya segera periksakan kesehatan Anda.

Fibroid rahim
Fibroid rahim merupakan pertumbuhan jaringan tumor dalam rahim. Menurut para pakar kehamilan, pertumbuhan fibroid rahim tidak berisiko kanker namun tetap saja pertumbuhan jaringannya yang menyebar ke otot halus rahim dapat menghambat terjadinya kehamilan bagi wanita.

Klamidia
Klamidia adalah penyakit menular seksual yang sangat umum yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis, yang dapat merusak organ reproduksi wanita. Penyakit ini sering tidak disadari oleh wanita karena gejala atau tanda-tandanya disebut sering tidak terlihat. Namun, gejala umumnya adalah keputihan abnormal dan rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil. Jika tidak segera ditangani secara serius, klamidia bisa memicu infertilitas sehingga bisa membuat perempuan yang mengidapnya sulit hamil. Kalaupun terjadi kehamilan, penyakit ini bisa membahayakan bayi dalam kandungannya.

Itulah beberapa jenis penyakit yang perlu diwaspadai agar tidak menghambat proses kehamilan. Sebelum hamil, sebaiknya Anda dan pasangan melakukan cek kesehatan, sehingga apabila ada kelainan atau masalah dapat segera ditangani sejak dini.

Sumber gambar : www.gilasport.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY