PENYAKIT PAGET TULANG

DEFINISI
Penyakit Paget tulang mengganggu proses daur ulang normal tubuh Anda, di mana jaringan tulang yang tua secara bertahap diganti dengan jaringan tulang baru. Seiring waktu, tulang yang terpengaruh mungkin menjadi rapuh dan Cacat. Penyakit Paget tulang paling sering terjadi di panggul, tengkorak, tulang belakang dan kaki.

Risiko penyakit Paget tulang meningkat seiring usia. Risiko Anda juga meningkat jika salah satu anggota keluarga Anda memiliki gangguan. Komplikasi penyakit Paget tulang dapat mencakup patah tulang, hilang pendengaran dan terjepitnya saraf di tulang belakang Anda.

Obat Bifosfonat yang digunakan untuk memperkuat tulang akan melemah karena osteoporosis adalah pengobatan andalan. Dalam kasus yang parah, pembedahan mungkin diperlukan.

GEJALA
Kebanyakan orang yang memiliki penyakit Paget tulang tidak mengalami gejala. Ketika gejala muncul, keluhan paling umum adalah nyeri tulang. Penyakit hanya dapat mempengaruhi satu atau dua daerah tubuh Anda atau mungkin menyebar luas. Jika ada tanda dan gejala tergantung pada bagian tubuh yang terpengaruh, termasuk:

  • Panggul. Penyakit Paget tulang di panggul dapat menyebabkan nyeri panggul.
  • Tengkorak. Pertumbuhan berlebih dari tulang di tengkorak dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau sakit kepala.
  • Tulang. Jika tulang belakang Anda terpengaruh, akar saraf menjadi dikompresi. Ini dapat menyebabkan rasa sakit, kesemutan dan mati rasa di lengan atau kaki.
  • Kaki. Seperti yang melemahkan tulang, menekuk menyebabkan Anda menjadi kaki bengkok. Perbesaran dan Cacat tulang di kaki dapat menempatkan tekanan yang berat pada sendi terdekat, yang dapat menyebabkan keausan dan arthritis di pinggul atau lutut Anda.

Kapan Anda Harus menemui dokter
Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda memiliki:

  • Nyeri pada tulang dan sendi
  • Sengatan dan rasa lemas
  • Kelainan tulang

PENYEBAB
Bahkan setelah Anda telah mencapai ketinggian penuh, tulang Anda tidak berhenti tumbuh. Jaringan Tulang hidup dalam proses pembaharuan terus-menerus. Selama proses terus-menerus ini disebut renovasi, tulang lama dihilangkan dan digantikan oleh tulang baru. Penyakit Paget tulang mengganggu proses ini.

Awal masa penyakit, tulang lama mulai mendobrak lebih cepat daripada tulang baru dibangun. Seiring waktu, tubuh Anda merespon dengan menghasilkan tulang baru lebih cepat dari tingkat normal. Renovasi ini cepat menghasilkan tulang yang lebih lunak dan lebih lemah dari tulang normal, yang dapat menyebabkan nyeri tulang, deformitas dan patah tulang.

Ilmuwan belum mengidentifikasi penyebab penyakit Paget tulang, meskipun mereka telah menemukan beberapa gen yang muncul untuk dihubungkan dengan gangguan ini.

Beberapa ilmuwan yakin Paget terkait dengan infeksi virus pada sel-sel tulang Anda yang mungkin ada selama bertahun-tahun sebelum masalah muncul. Faktor keturunan tampaknya mempengaruhi apakah Anda rentan terhadap penyakit.

FAKTOR RISIKO
Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit Paget tulang meliputi:

  • Usia. Orang tua dari 40 tahun adalah yang paling mungkin untuk mengalami penyakit Paget tulang.
  • Jenis kelamin. Laki-laki lebih sering dipengaruhi daripada wanita.
  • Asal-usul kebangsaan. Penyakit Paget tulang lebih umum di Skotlandia, Eropa Tengah dan Yunani, serta negara-negara yang ditinggali oleh para imigran Eropa. Hal ini biasa di Skandinavia dan Asia.
  • Sejarah keluarga. Jika Anda memiliki kerabat dekat yang memiliki penyakit Paget tulang, Anda jauh lebih mungkin untuk mengalami kondisi ini.

KOMPLIKASI
Dalam kebanyakan kasus, penyakit Paget tulang berkembang perlahan-lahan. Penyakit dapat ditangani secara efektif hampir pada semua orang. Kemungkinan komplikasi termasuk:

  • Patah tulang. Tulang-tulang yang terkena penyakit Paget patah lebih mudah. Tambahan pembuluh darah yang diciptakan dalam tulang-tulang ini Cacat, sehingga mereka lebih berdarah selama operasi perbaikan.
  • Osteoartritis. Cacat tulang dapat meningkatkan jumlah tekanan pada sendi terdekat, yang dapat menyebabkan Osteoartritis.
  • Gagal jantung. Penyakit Paget yang luar biasa luas mungkin memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah ke daerah yang terkena penyakit pada tubuh Anda. Pada orang yang pernah mengalami penyakit jantung sebelumnya, ini meningkatkan beban kerja yang dapat menyebabkan gagal jantung.
  • Kanker tulang. Kanker tulang terjadi di kurang dari 1 persen dari orang-orang dengan penyakit Paget.

PERSIAPAN SEBELUM WAWANCARA
Kebanyakan orang dengan penyakit Paget tulang tidak mengalami gejala-gejala dan didiagnosis ketika X-ray atau tes darah yang dilakukan untuk alasan lain mengungkapkan tanda-tanda penyakit Paget. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin disarankan segera ke dokter yang mengkhususkan diri dalam gangguan metabolik dan hormon (endokrinologi) atau gangguan sendi dan otot (rheumatologist).

Apa yang dapat Anda lakukan
Sebelum berkonsultasi, Anda mungkin ingin menulis jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa gejala yang Anda rasakan? Kapan Anda mulai mengalami gejala tersebut?
  • Apakah Salah satu kerabat Anda memiliki penyakit Paget tulang?
  • Apa obat atau suplemen yang Anda konsumsi?

Apa yang bisa diharapkan dari dokter
Dokter dapat menanyakan beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah Anda mengalami mati rasa atau kesemutan?
  • Bagaimana dengan kelemahan otot?
  • Adakah Sakit kepala yang baru?
  • Apakah pendengaran Anda memburuk?
  • Apakah Anda memiliki riwayat keluarga penyakit jantung?

TES DAN DIAGNOSIS
Selama tes fisik, dokter Anda akan berhati-hati memeriksa setiap bagian tubuh Anda yang menyebabkan Anda sakit. Dia juga dapat melakukan X-ray dan tes darah yang dapat membantu mengkonfirmasikan diagnosis penyakit Paget tulang.

Tes pencitraan
Umumnya untuk penyakit Paget tulang perubahan dapat diungkapkan oleh:

  • X-ray. Petunjuk pertama penyakit Paget ini seringkali adanya satu atau beberapa kelainan yang ditemukan pada X-ray yang dilakukan untuk alasan lain. Gambar X-Ray tulang Anda dapat menunjukkan daerah reabsorpsi tulang, pelebaran dan kelainan yang merupakan tanda dari penyakit Paget, seperti pembungkukan tulang panjang.
  • Scan tulang. Di scan tulang, bahan radioaktif disuntikkan ke dalam tubuh Anda. Bahan ini berjalan ke titik-titik pada tulang Anda yang paling terpengaruh oleh penyakit Paget, sehingga mereka menerangi pada gambar scan.

Tes laboratorium
Orang-orang yang memiliki penyakit Paget tulang biasanya mengalami peningkatan kadar alkali fosfatase dalam darah mereka.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Jika Anda tidak memiliki gejala, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan. Namun, jika penyakit bergerak aktif ditunjukkan oleh alkali fosfatase tingkat tinggi dan mempengaruhi bagian yang berisiko tinggi dalam tubuh Anda, seperti tengkorak atau tulang belakang, dokter Anda dapat merekomendasikan pengobatan untuk mencegah komplikasi, ada atau tidak ada gejala.

Obat
Obat osteoporosis (Bifosfonat) adalah pengobatan yang paling umum untuk penyakit Paget tulang. Beberapa Bifosfonat diberikan sebagai obat-obatan oral, sementara yang lain mungkin diberikan melalui suntikan. Bifosfonat oral yang umum dapat diterima dengan baik, tetapi mungkin mengganggu saluran pencernaan Anda. Contohnya termasuk:

  • Alendronate (Fosamax)
  • Ibandronate (Boniva)
  • Pamidronate (Aredia)
  • Risedronate (Actonel)
  • Zoledronic asam (Zometa, Reclast)

Bifosfonat terapi jangka panjang telah dikaitkan dengan masalah langka di mana tulang paha atas retak, tetapi biasanya tidak pecah sepenuhnya. Bifosfonat juga dapat meningkatkan risiko osteonecrosis rahang, suatu kondisi yang langka di mana bagian dari tulang rahang mati dan memburuk setelah ekstraksi gigi.

Jika Anda tidak bisa menggunakan Bifosfonat, dokter mungkin meresepkan kalsitonin (Miacalcin), hormon alami digunakan dalam aturan metabolisme kalsium dan tulang. Kalsitonin adalah obat yang digunakan sendiri dengan suntikan atau semprot hidung. Efek samping termasuk mual, kemerahan pada wajah dan iritasi di tempat suntikan.

Operasi
Dalam kasus yang jarang, Anda mungkin perlu operasi untuk:

  • Membantu menyembuhkan patah tulang
  • Menggantikan sendi akibat artritis yang parah
  • Menyetel kembali deformasi tulang
  • Mengurangi tekanan pada saraf

Penyakit Paget sering menyebabkan tubuh untuk menghasilkan jumlah pembuluh darah di tulang yang terpengaruh secara berlebihan. Perubahan ini meningkatkan risiko kehilangan darah yang serius selama operasi. Jika Anda sedang dijadwalkan untuk operasi yang melibatkan tulang yang terpengaruh oleh penyakit Paget, dokter mungkin meresepkan obat-obatan untuk mengurangi pergerakan penyakit, langkah yang cenderung digunakan untuk mengurangi kehilangan darah selama operasi.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Untuk mengurangi risiko komplikasi yang berhubungan dengan penyakit Paget tulang, lakukan beberapa langkah berikut:

  • Hindari diri dari jatuh. Penyakit Paget menempatkan Anda pada risiko tinggi patah tulang. Tanyakan pada dokter bagaimana cara agar Anda terhindar dari jatuh. Ia dapat merekomendasikan bahwa Anda menggunakan tongkat atau alat bantu. Mengambil langkah-langkah agar Anda tidak jauh di lantai Anda. Tidak menggunakan penutup lantai yang licin, menggunakan tikar anti slip di bak mandi atau pancuran, Selipkan tali dan letakan pegangan tangan pada tangga dan letakan palang di kamar mandi Anda.
  • Makan dengan baik. Pastikan diet Anda mencakup tingkat kalsium dan vitamin D, yang memfasilitasi penyerapan kalsium yang memadai. Hal ini penting terutama jika Anda sedang dirawat dengan Bifosfonat. Bicarakan diet Anda dengan dokter dan tanyakan jika Anda harus mulai mengkonsumsi suplemen vitamin dan kalsium.
  • Berolahraga secara teratur. Berolahraga secara teratur penting untuk menjaga mobilitas sendi dan kekuatan tulang. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan untuk menentukan jenis yang tepat, durasi dan intensitas latihan Anda. Beberapa kegiatan dapat mengakibatkan terlalu banyak tekanan pada tulang yang sakit.