Penyakit Penyebab Jerawat Pada Penis

SehatFresh.com – Salah satu keluhan pada penis yang umum ditemukan adalah adanya bentol atau jerawat pada penis. Jerawat pada penis dapat berarti banyak hal. Kondisi tersebut bisa menjadi mengindikasikan adanya masalah pada bagian penis atau kondisi medis tertentu. Pada kondisi yang umum, penyebab masalah kulit di daerah kelamin disebabkan karena faktor kebersihan dan kondisi letak yang lembab karena selalu tertutup pakaian. Namun, adanya jerawat penis dapat disebabkan oleh berbagai penyakit kelamin yang perlu diwaspadai. Beberapa penyakit tersebut diantaranya:

  • Sifilis

Sifilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan bakteri Treponema pallidum. Infeksi ini dapat menyebabkan berbagai keluhan pada tubuh manusia. Sifilis dapat menyebabkan berbagai keluhan, namun salah satu keluhan yang sering dialami penderita adalah adanya luka pada penis, berupa ulkus (luka kecil). Banyak dari para penderita sifilis yang tidak menyadari jika mereka terkena sifilis sehingga mereka tidak mendapatkan pengobatan yang tepat sejak awal perkembangan penyakit.

  • Moluskum kontagiosum

Moluskum kontagiosum merupakan suatu penyakit infeksi virus pada kulit yang disebabkan oleh virus golongan poxvirus genus Molluscipox. Penyakit ini menimbulkan gejala terbentuknya papul yang cukup banyak pada penis. Papul merupakan benjolan yang berbatas tegas dan sewarna dengan kulit.

  • Herpes

Infeksi Herpes Simpleks Virus tipe 2 adalah infeksi virus yang umumnya dapat terlihat pada kemaluan seseorang, dan ditularkan melalui hubungan intim atau seksual. Gejala umum yang sering muncul adalah adanya lesi kemerahan pada kulit, terutama tempat virus tersebut masuk. Salah satu tanda penyakit ini adalah adanya benjolan pada penis yang sakit atau adanya gelembung berisi cairan. Penyakit ini tidak mengancam nyawa pada orang dewasa namun sering kambuh, timbul pada tempat yang sama dan biasanya lebih ringan dari gejala infeksi pertama. Penularan penyakit ini umumnya terjadi melalui hubungan seksual.

  • Kondiloma akuminata

Kondiloma akuminata adalah nama lain dari penyakit kutil kelamin. Penyakit termasuk penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Kutil dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan kulit orang yang terinfeksi. Jika dibiarkan, kutil akan membentuk rumpun seperti kembang kol atau jengger ayam. Kutil yang tumbuh pada batang penis umumnya berukuran kecil dan lunak.

Jika Anda menemukan adanya jerawat pada penis, terutama jika menimbulkan rasa sakit, disarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dengan dokter. Diagnosis penyakit kulit akan lebih mudah didiagnosa apabila dilihat secara langsung. Selain itu, Anda juga perlu lebih menjaga kebersihan kelamin, hindari kelembaban pada area kelamin, dan jangan menggunakan pakaian dalam atau celana ketat.

Sumber gambar : sehataja.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here