PENYAKIT RAYNAUD

DEFINISI
Penyakit Raynaud menyebabkan beberapa daerah pada tubuh Anda seperti jari tangan dan kaki mati rasa dan dingin dalam menanggapi suhu dingin atau stres. Dalam penyakit Raynaud, arteri kecil yang memasok darah ke kulit Anda menyempit, membatasi sirkulasi darah ke daerah yang mengalami gangguan ini(vasospasm). Wanita akan lebih beresiko daripada laki-laki, fenomena juga dikenal sebagai Raynaud atau Fenomena Raynaud atau sindrom. Tampaknya gangguan ini lebih umum pada orang yang tinggal di iklim dingin.

Pengobatan penyakit Raynaud tergantung pada keparahan dan apakah Anda memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagi kebanyakan orang, penyakit Raynaud tidak menonaktifkan, tetapi dapat mempengaruhi kualitas hidup.

GEJALA
Tanda dan gejala Raynaud tergantung pada frekuensi, durasi dan keparahan dari kejang pembuluh darah yang mendasari gangguan. Gejala dan tanda-tanda penyakit Raynaud meliputi:

  • Jari tangan atau kaki terasa dingin
  • Perubahan warna kulit karena menanggapi dingin atau stres
  • Mati rasa, perasaan sakit atau sakit menyengat saat pemanasan atau setelah Anda mengalami stres

Selama Raynaud menyerang, daerah yang terkena dampak kulit Anda biasanya pertama menjadi putih. Kemudian, daerah yang terkena sering berubah menjadi biru dan merasakan kesejukan dan bebas. Selama Anda hangat dan sirkulasi darah meningkat, daerah yang terkena mungkin berubah menjadi merah, berdenyut-denyut, menggelitik atau membengkak. Urutan perubahan warna tidak sama untuk semua orang, dan tidak semua orang mengalami semua tiga warna.

Meskipun Raynaud paling sering mempengaruhi jari tangan dan kaki, kondisi juga dapat mempengaruhi area lain dari tubuh Anda, seperti hidung, bibir, telinga, dan bahkan puting. Setelah pemanasan, mungkin butuh 15 menit untuk aliran darah agar kembali normal.

Kapan Anda harus menemui dokter
Temui dokter Anda segera jika Anda memiliki riwayat Raynaud yang parah dan mengalami sakit atau infeksi di salah satu jari tangan atau jari-jari kaki Anda.

PENYEBAB
Dokter tidak sepenuhnya memahami penyebab Raynaud, tetapi pembuluh darah di tangan dan kaki untuk bereaksi terlihat berlebihan dalam menanggapi suhu dingin atau stres.

Pembuluh darah kejang
Adanya Raynaud, pembuluh darah arteri untuk jari tangan dan kaki Andaakan mengalami vasospasm bila terkena dingin atau stres, penyempitan pembuluh Anda dan sementara membatasi pasokan darah. Seiring waktu, arteri kecil ini dapat menebal sedikit, lebih membatasi aliran darah.

Suhu dingin paling mungkin untuk memicu serangan. Paparan dingin, seperti merendam tangan Anda dengan air dingin, mengambil sesuatu dari freezer atau menghadapi udara dingin, merupakan pemicu. Bagi beberapa orang, stres emosional dapat menyebabkan sebuah episode dari Raynaud.

Raynaud Dasar vs Raynaud sekunder
Ada dua jenis utama dari kondisi.

  • Raynaud utama. Juga disebut penyakit Raynaud, bentuk paling umum ini bukan hasil dari kondisi medis terkait yang mendasari yang bisa memancing vasospasm.
  • Raynaud sekunder. Juga disebut Fenomena Raynaud, bentuk ini disebabkan oleh masalah yang mendasari. Meskipun Raynaud sekunder kurang umum daripada bentuk utama, itu cenderung menjadi lebih serius. Tanda dan gejala menengah Raynaud biasanya muncul dikemudian hari, sekitar usia 40-daripada yang mereka lakukan untuk Raynaud utama.

Penyebab Raynaud menengah meliputi:

  • Penyakit jaringan ikat. Kebanyakan orang yang memiliki penyakit langka yang menyebabkan pengerasan dan jaringan parut kulit (skleroderma) memiliki Raynaud. Penyakit lain yang meningkatkan risiko Raynaud termasuk lupus, rheumatoid arthritis dan Sjorgen sindrom.
  • Penyakit arteri. Fenomena Raynaud dapat dikaitkan dengan berbagai penyakit yang mempengaruhi pembuluh darah, seperti penumpukan plak di pembuluh darah yang memberi makan hati (atherosclerosis) atau gangguan di mana pembuluh darah tangan dan kaki menjadi meradang (Buerger di penyakit). Jenis tekanan darah tinggi yang mempengaruhi arteri paru-paru (utama paru hipertensi) dapat dihubungkan dengan Raynaud.
  • CTS. Kondisi ini melibatkan tekanan pada saraf utama ke tangan Anda (saraf median) mengakibatkan mati rasa dan rasa sakit di tangan yang terkena dampaknya. Tangan mungkin menjadi lebih rentan terhadap suhu dingin dan episode Raynaud.
  • Tindakan berulang atau getaran. Mengetik, bermain piano atau melakukan gerakan-gerakan yang sama untuk waktu yang lama dan mengoperasikan alat bergetar, seperti jackhammers, dapat meningkatkan risiko Anda terkena Raynaud.
  • Merokok. Merokok mengkonstriksi pembuluh darah dan merupakan penyebab Raynaud.
  • Cedera. Cedera tangan atau kaki, seperti patah pergelangan tangan, pembedahan atau frostbite, dapat menyebabkan fenomena Raynaud.
  • Obat tertentu. Beberapa obat termasuk beta blocker, yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi; obat migrain yang mengandung ergotamine atau sumatriptan, obat hiperaktif, agen kemoterapi tertentu dan obat-obatan yang menyebabkan pembuluh darah menyempit, seperti beberapa obat dingin apotik/toko telah dikaitkan dengan Raynaud.

FAKTOR RISIKO
Faktor risiko untuk Raynaud dasar meliputi:

  • Jenis kelamin. Raynaud Utama mempengaruhi perempuan lebih banyak dari pria.
  • Usia. Meskipun orang dapat mengembangkan kondisi, utama Raynaud sering dimulai antara usia 15 dan 30.
  • Iklim. Gangguan ini juga lebih umum pada orang yang tinggal di iklim dingin.
  • Sejarah keluarga. Riwayat Keluarga tampaknya meningkatkan risiko utama Raynaud. Sekitar sepertiga dari orang-orang dengan Raynaud utama yang telah terbukti saudara-orang tua, saudara kandung atau anak dengan gangguan.

Faktor risiko untuk Raynaud menengah meliputi:

  • Penyakit yang terkait. Ini termasuk kondisi seperti lupus dan skleroderma.
  • Pekerjaan tertentu. Orang-orang dalam pekerjaan yang menyebabkan trauma berulang, seperti operasi alat yang bergetar, mungkin lebih rentan terhadap Raynaud sekunder.
  • Paparan zat tertentu. Merokok, obat-obatan yang mempengaruhi pembuluh darah, dan paparan bahan kimia tertentu, seperti vinil klorida, dikaitkan dengan peningkatan risiko Raynaud

KOMPLIKASI
Jika Raynaud bersifat parah, sirkulasi darah ke jari tangan atau kaki bisa berkurang secara permanen, menyebabkan kelainan bentuk dari jari tangan atau kaki. Jika arteri ke daerah yang terkena tersumbat sepenuhnya, radang (tukak kulit) atau mati jaringan (gangrene) dapat terjadi. Borok dan gangren dapat sulit untuk diobati. Dalam kasus ekstrim apabila tidak diobati, dokter Anda mungkin perlu mengangkat bagian tubuh yang terkena (amputasi).

PERSIAPAN SEBELUM MENEMUI DOKTER
Dokter Keluarga atau dokter umum cenderung tidak dapat mendiagnosa Raynaud yang didasarkan pada tanda-tanda dan gejala Anda. Dalam beberapa kasus, namun, Anda dapat dirujuk ke dokter yang mengkhususkan diri dalam gangguan sendi, tulang dan otot-otot (rheumatologist). Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk wawancara.

Tuliskan hal-hal berikut:

  • Tanda dan gejala. Dokter Anda akan ingin tahu ketika pertama kali Anda mengalami gejala dan apa yang tampaknya memicu gejala tersebut
  • Kondisi medis lainnya. Dokter Anda akan ingin tahu jika Anda telah didiagnosis dengan gangguan yang umumnya terkait dengan Raynaud, seperti skleroderma, lupus atau Sjorgen sindrom.
  • Obat-obatan. Termasuk dalam daftar semua resep dan obat apotik atau obat warung, vitamin, suplemen dan herbal obat yang Anda konsumsi
  • Pertanyaan untuk Anda tanyakan kepada dokter.

Membuat daftar pertanyaan sebelumnya dapat membantu Anda menghemat waktu sebagian besar waktu Anda dengan dokter.

Beberapa pertanyaan untuk meminta dokter Anda meliputi:

  • Apa yang mungkin menyebabkan tanda-tanda dan gejala yang Saya alami?
  • Jika saya memiliki Raynaud, apakah jenis primer atau sekunder?
  • Apakah saya berisiko komplikasi dari kondisi ini?
  • Perawatan apa yang Anda rekomendasikan untuk Saya?
  • Bagaimana saya bisa mengurangi risiko gangguan Raynaud?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana cara Saya menanganinya secara bersamaan?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lainnya.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter Anda
Dokter Anda mungkin menanyakan beberapa pertanyaan, termasuk:

  • Kapan Anda mengalami gejala-gejala ini?
  • Selama serangan Raynaud, apakah jari tangan atau kaki Anda berubah warna atau merasa mati rasa atau terasa sakit?
  • Apa yang tampaknya untuk memicu serangan penyakit ini?
  • Apakah Anda telah didiagnosa dengan kondisi medis lainnya?
  • Apakah Anda mengambil resep atau obat lain diapotik?
  • Adakah Orang lain dalam keluarga Anda yang telah didiagnosa dengan Raynaud?
  • Apakah Anda Merokok?
  • Apakah Anda mengkonsumsi kafein?
  • Apa pekerja Anda sehari-hari dan kegiatan apa yang Anda lakukan untuk rekreasi?

TES DAN DIAGNOSIS
Dokter Anda akan bertanya tentang gejala-gejala dan riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter Anda juga dapat menjalankan tes untuk menyingkirkan masalah medis lainnya yang dapat menyebabkan tanda-tanda dan gejala yang sama, seperti gangguan akibat saraf yang terjepit

Memilah Raynaud dasar vs Raynaud sekunder
Untuk membedakan antara Raynaud primer dan sekunder, dokter Anda dapat melakukan tes di kantor yang disebut capillaroscopy lipatan kuku. Selama tes, dokter meneliti lipatan kuku Anda, kulit di dasar kuku jari Anda di bawah mikroskop. Pembuluh darah kecil (kapiler) dekat lipatan kuku yang diperbesar atau cacat dapat menunjukkan penyakit yang mendasari. Namun, beberapa penyakit sekunder tidak dapat dideteksi dengan tes ini.

Jika dokter mencurigai ada kondisi lainnya, seperti penyakit autoimun atau jaringan ikat, yang mendasari Raynaud, maka dokter dapat memesan tes darah, seperti:

  • Tes antibodi antinuclear. Sebuah Tes yang positif untuk memeriksa kehadiran antibodi , antibody diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh Anda, mungkin menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang dirangsang dan umum pada orang yang memiliki penyakit jaringan ikat atau gangguan autoimun lainnya.
  • Tingkat sedimentasi eritrosit. Tes ini menentukan tingkat di mana sel-sel darah merah turun ke bagian bawah tabung. Yang lebih cepat dari normal dinilai mungkin sinyal penyakit autoimun atau yang mendasari.

Tes darah saja tidak cukup untuk mendiagnosa Raynaud. Dokter Anda dapat memesan tes lainnya, seperti tes untuk menyingkirkan penyakit arteri, membantu menentukan suatu penyakit atau kondisi yang dapat dikaitkan dengan Raynaud.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Berpakaian berlapis-lapis untuk menghadapi dingin dan mengenakan sarung tangan atau kaus kaki biasanya yang efektif dalam menangani gejala-gejala. Beberapa Obat tersedia untuk mengobati bentuk-bentuk yang lebih parah dari kondisi ini. Tujuan terapi adalah untuk:

  • Mengurangi jumlah dan tingkat keparahan serangan
  • Mencegah kerusakan jaringan
  • Mengobati penyakit atau kondisi yang mendasari

Obat
Tergantung pada penyebab gejala, obat dapat membantu mengobati Raynaud. Untuk memperluas (melebarkan) pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi, dokter mungkin meresepkan:

  • Calcium channel blockers. Obat ini membuat nyaman dan membuka pembuluh darah kecil di tangan dan kaki, penurunan frekuensi dan beratnya serangan di kebanyakan orang dengan Raynaud. Obat ini juga dapat membantu menyembuhkan kulit borok pada jari tangan atau kaki. Contohnya termasuk nifedipin (Afeditab CR, Procardia), amlodipine (Norvasc) dan felodipine (Plendil).
  • Alpha blockers. Beberapa orang menemukan bantuan dengan obat-obatan yang disebut alpha blocker, yang menangkal tindakan norepinefrin, hormon yang mengkonstriksi pembuluh darah. Contohnya termasuk prazosin (Minipress) dan doxazosin (Cardura).
  • Vasodilator. Beberapa dokter meresepkan obat yang merenggangkan pembuluh darah (vasodilator), seperti krim nitrogliserin diterapkan pada pangkal jari-jari Anda untuk membantu menyembuhkan kulit borok. Beberapa vasodilator yang biasa digunakan untuk mengobati kondisi lain, termasuk losartan obat tekanan darah tinggi (Cozaar), sildenafil obat disfungsi ereksi (Viagra, Revatio), obat antidepresan fluoxetine (Prozac, Sarafem), dan obat yang disebut prostaglandin, dapat meringankan gejala Raynaud.

Berdiskusi dengan dokter Anda untuk menemukan apa yang terbaik bagi Anda. Beritahu dokter jika obat kehilangan efektivitas atau menyebabkan efek samping yang mengkhawatirkan.

Beberapa obat dapat memperburuk Raynaud dan mengakibatkan peningkatan kejang pada pembuluh darah. Dokter Anda dapat merekomendasikan bahwa Anda menghindari mengambil:

  • Obat-obat dingin tertentu dari apotik/ warung (OTC). Contohnya obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine (proses Klor-Trimeton, Sudafed).
  • Beta blocker. Jenis ini digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, termasuk metoprolol (Lopressor, Toprol-XL), nadolol (Corgard) dan propranolol (Inderal, InnoPran XL).

Operasi dan prosedur medis
Untuk beberapa kasus Raynaud yang bersifat parah, pendekatan selain obat mungkin pilihan pengobatan:

  • Bedah saraf. Saraf yang disebut adalah saraf simpatetik dalam kendali pembukaan dan penyempitan pembuluh darah di kulit pada tangan dan kaki Anda. Memotong saraf ini menyela respon kelebihan mereka. melalui sayatan kecil pada tangan atau kaki, dokter memotong saraf ini di sekitar pembuluh darah. Operasi ini (Simpatektomi) dapat mengurangi frekuensi dan durasi serangan, tetapi hal ini tidak selalu berhasil.
  • Injeksi Kimia. Dokter dapat menyuntikkan bahan kimia seperti anestesi lokal atau onabotulinumtoxin tipe A (Botox) untuk memblokir saraf simpatetik tangan atau kaki yang mengalami gangguan. Anda mungkin perlu untuk memiliki prosedur berulang jika gejala kembali atau bertahan.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Berbagai langkah-langkah dapat mengurangi serangan Raynaud dan membantu Anda merasa lebih baik.

  • Jangan merokok. Merokok menyebabkan suhu kulit untuk mengkonstriksi pembuluh darah, yang dapat menyebabkan serangan Raynaud. Menghirup asap rokok juga dapat memperburuk Raynaud.
  • Latihan. Latihan dapat meningkatkan sirkulasi, antara manfaat kesehatan lainnya. Jika Anda memiliki Raynaud sekunder, bicarakan dengan dokter Anda sebelum berolahraga di luar ruangan yang dingin.
  • Mengontrol stres. Belajar untuk mengenali dan menghindari situasi stres dapat membantu mengontrol jumlah serangan.
  • Hindari suhu yang berubah cepat. Cobalah untuk tidak memindahkan dari lingkungan panas ke kamar ber-AC. Jika mungkin, Hindari bagian makanan beku.

Selama serangan: apa yang harus Anda lakukan?
Pertama, hangatkan tangan, kaki Anda atau daerah yang terkena dampak lainnya. Hangatkan jari tangan dan kaki Anda secara Lembut :

  • Segera berada di dalam ruangan atau area hangat
  • Menggoyangkan jari tangan dan kaki
  • Letakan Tangan di bawah ketiak
  • Membuat lingkaran lebar (kincir angin) dengan lengan
  • Berjalan agar tubuh terasa hangat, rendam tangan atau kaki anda dengan air hangat
  • Pijat tangan dan kaki

Jika stres memicu serangan, keluar dari situasi stres dan bersantai. Praktekan teknik pengurangan stres, dan hangatkan tangan atau kaki Anda dalam air untuk membantu mengurangi serangan Raynaud.

PENGOBATAN ALTERNATIF
Perubahan gaya hidup dan suplemen yang mendorong sirkulasi yang lebih baik dapat membantu Anda mengelola Raynaud. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk memastikanya. Jika Anda tertarik, bicarakan dengan dokter Anda tentang:

  • Minyak ikan. Mengkonsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu meningkatkan ketahanan Anda terhadap dingin dan keterlambatan penyempitan pembuluh darah yang memicu Raynaud.
  • Ginkgo. Suplemen Ginkgo dapat membantu mengurangi jumlah serangan Raynaud yang Anda miliki.
  • Biofeedback. Gunakan pikiran Anda mengontrol suhu tubuh (biofeedback) dapat membantu mengurangi keparahan dan frekuensi serangan. Biofeedback termasuk dipandu pencitraan untuk meningkatkan suhu tangan dan kaki, pernapasan, dan latihan relaksasi lainnya. Dokter Anda mungkin dapat menyarankan seorang terapis yang dapat membantu Anda belajar teknik-teknik biofeedback. Serta Ada buku dan DVDnya.
  • Akupunktur. Praktek ini muncul untuk meningkatkan aliran darah, sehingga mungkin dapat membantu dalam menghilangkan Raynaud serangan.

Diskusikan dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen. Dokter Anda dapat memperingatkan Anda jika ada interaksi obat yang potensial atau efek samping pengobatan alternatif. Mengatasi Raynaud membutuhkan kesabaran dan usaha. Bekerjasama dengan dokter Anda untuk mengelola kondisi Anda dan mempertahankan sikap positif. Mayoritas orang dengan Raynaud menanggapi pengobatan yang dilakukan.

PENCEGAHAN
Untuk membantu mencegah serangan Raynaud Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Bersiap untuk luar ruangan. Ketika dingin, kenakan topi, syal, kaus kaki dan sepatu bot, dan dua lapisan sarung tangan atau sarung tangan sebelum Anda pergi di luar. Memakai mantel dengan manset cukup nyaman untuk pergi dan sarung tangan, untuk mencegah udara dingin dari mencapai tangan Anda. Gunakan Penghangat tangan kimia . Memakai earmuffs dan masker wajah jika ujung hidung dan telinga Anda peka terhadap dingin.
  • Hangatkan mobil Anda. Menjalankan pemanas mobil Anda untuk beberapa menit sebelum mengemudi dalam cuaca dingin.
  • Mengambil tindakan pencegahan dalam ruangan. Memakai kaus kaki. Ketika mengambil makanan dari lemari es atau freezer, memakai sarung tangan, sarung tangan atau oven Mitt. Beberapa orang merasa terbantu dengan memakai sarung tangan dan kaus kaki tidur selama musim dingin. Karena AC bisa memicu serangan, set AC Anda ke suhu hangat. Gunakan gelas minum terisolasi.
  • Pertimbangkan relokasi. Pindah ke iklim yang lebih hangat dapat membantu orang yang memiliki Raynaud yang besifat parah. Namun, Raynaud dapat terjadi bahkan di iklim hangat ketika suhu menurun.