Penyakit yang Dapat Menular Dari Ibu ke Kandungannya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat hamil, kesehatan janin pasti menjadi prioritas anda. Anda ingin janin selalu sehat agar nanti proses melahirkannya juga akan lancar. Untuk mendapatkan itu anda selalu hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan tentunya menjaga kesehatan anda agar tidak mudah sakit.

Sakit saat hamil mungkin bisa dikendalikan, tetapi bagaimana jika ibu sudah sakit sebelum hamil atau memiliki penyakit kronis dan berbahaya yang sudah dibawa sebelum hamil, maka itu dapat berbahaya bagi janin anda. Berbahaya karena penyakit tersebut dapat ditularkan dari ibu ke janin atau kandungannya.

Memang ada beberapa penyakit yang jika diderita ibunya maka dapat menular ke janin. Berikut beberapa penyakit yang diderita ibu hamil dan dapat menular ke janin:

  1. HIV AIDS

HIV AIDS adalah penyakit yang disebabkan karena tubuh khususnya sistem kekebalan tubuh anda terinfeksi virus Human Immune Deficiency. Salah satu tanda atau gejala ibu hamil yang terkena HIV AIDS yaitu ibu akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. HIV AIDS ini merupakan salah satu penyakit menular yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dan HIV AIDS juga termasuk penyakit yang jika diderita ibu hamil dapat menular ke janin. Penularan HIV AIDS dari ibu ke janin bisa melalui aliran darah dari ibu ke janin dan kontak janin dengan darah ibu selama proses persalinan.

  1. Hepatitis

Hepatitis atau dikenal juga dengan penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi virus yang menyerang organ hati. Dikenal sebagai penyakit kuning karena penderitanya akan mengalami perubahan kulit menjadi berwarna kekuningan. Hepatitis juga termasuk penyakit berbahaya yang diderita ibu hamil dan dapat menular ke janin.

  1. Herpes simplex

Janin yang tertular herpes simplex dari ibunya akan mendapat dampak yang cukup berbahaya yaitu janin dapat mengalami kelumpuhan otak dan juga kebutaan. Penularannya sendiri ketika proses persalinan. Herpes simplex akan menyerang alat kelamin, kulit dan mulut bayi.

  1. Syphilis

Penyakit kelamin lainnya yang dapat menular dari ibu ke janin yaitu syphilis. Syphilis menular ke janin melalui aliran darah ibu ke janin. Dampak janin yang tertular syphilis dari ibunya yaitu akan terganggu perkembangannya di dalam kandungan, lahir dengan berat badan rendah dan yang terburuk adalah kematian saat masih di kandungan.

  1. Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC merupakan salah satu penyakit menular yang terjadi karena saluran pernapasan terinfeksi oleh bakteri. Selain menular kepada orang dewasa, TBC juga bisa menular dari ibu ke janin. Penularan tersebut melalui plasenta ketika di dalam rahim. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here