Penyakit yang Rentan Menyerang Remaja Kekinian atau Kids Jaman Now

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Istilah kids jaman now atau sering disebut pula generasi micin sedang booming. Istilah ini merujuk pada kehidupan anak-anak muda kekinian. Kemajuan teknologi dan gaya hidup serba instan turut menyertai situasi kids jaman now. Sayangnya, mereka juga diintai oleh sejumlah penyakit serius. Nah, berikut adalah beberapa penyakit yang berpotensi menyerang mereka:

  • Kolesterol

Kolesterol bisa menjadi pemicu penyakit-penyakit berat, seperti stroke dan jantung. Sebuah penelitian dalam jurnal Annals of Internal Medicine dari Universitas California telah membuktikan bahwa anak muda di usia 20-an, cukup rentan akan kolesterol tinggi.

  • Jantung

Penyakit yang kerap menyerang umur 60 tahun ke atas ini, belakangan sering terjadi pada anak muda. Para ahli mengatakan, kebanyakan kasus kematian dini akibat penyakit jantung sebenarnya dapat dicegah. Merokok, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, kolesterol, peminum berat, dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor utama penyebab timbulnya penyakit jantung.

  • Stroke

Stroke juga biasanya terjadi pada seseorang dengan lanjut usia. Namun, kini penyakit ini banyak menyerang anak muda. Penyakit yang menduduki peringkat tiga penyebab kematian setelah jantung dan kanker ini adalah kondisi di saat pasokan darah ke otak terhenti karena adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

  • Kanker payudara

Bagi kaum hawa disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran dan buah sejak dini guna mencegah tumbunnya benjolan di sekitar payudara yang bisa mengakibatkan kanker. Seperti yang dikatakan seorang ahli kanker Caroline E. Boeke yang bekerja pada pusat studi di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston. Ia mengatakan kepada Reuters Health bahwa mengonsumsi sayuran bisa menjadi salah satu cara mencegah penyakit tersebut.

  • Gagal ginjal

Gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis semakin banyak menyerang usia muda. Gaya hidup tidak sehat serta maraknya makanan dan minuman olahan mengandung bahan kimia yang dikonsumsi kalangan muda diduga menjadi pemicunya.

  • Obesitas

Obesitas atau kegemukan merupakan masalah global yang berdampak pada meningkatnya morbiditas (angka kesakitan) serta pengaruhnya terhadap peningkatan mortalitas (angka kematian) pada orang dewasa di dunia. Generasi ‘micin’ yang umumnya lekat dengan kemajuan teknologi berpotensi terserang obesitas karena jarang beraktivitas fisik. Salah satu penyebabnya adalah karena banyak hal bisa dilakukan secara online. Jika obesitas pada anak terlambat diketahui, maka pada usia dewasa akan menumpuk berbagai penyakit.

  • Diabetes

Diabetes merupakan keadaan di mana tubuh memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Tubuh manusia membutuhkan gula  (glukosa) agar bisa berfungsi dengan normal dan ini dikendalikan oleh hormon insulin. Apabila tubuh mengalami kekurangan insulin, maka kadar glukosa darah akan meningkat drastis. Agar terhindar dari diabetes, seseorang disarankan untuk menjaga pola makan, olahraga teratur serta tidak mengonsumsi alkohol dan rokok. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here